9 Budidaya Tanaman Menjanjikan Uang Dengan Lahan Terbatas

9 Budidaya Tanaman Menjanjikan Uang Dengan Lahan Terbatas

Dengan semakin populernya konsep urban farming di masyarakat perkotaan, peluang bisnis budidaya tanaman kini semakin luas. Akibat situasi pandemi, kegiatan pertanian yang semula dilakukan untuk menghabiskan waktu luang saat karantina mandiri ternyata memiliki peluang bisnis menjanjikan apalagi jika budidaya tanaman menjanjikan uang.

Menanam tanaman dapat dilakukan di lahan terbatas sehingga idak perlu menanam di lahan yang luas contohnya seperti di balkon, pekarangan atau atap rumah. Bagi yang gemar bercocok tanam dapat memanfaatkan ini untuk memperoleh keuntungan.

Budidaya Tanaman  Menjanjikan Uang

Penanaman tanaman saat ini tidak lagi membutuhkan area luas karena Anda bisa menanam di halaman rumah. Anda bahkan dapat menanam tanaman hidroponik yang menggunakan media air tanpa menggunakan media tanah. Opsi lainnya Anda dapat menggunakan pasir, sabut kelapa, serbuk kayu, pecahan genteng, dll sebagai media tanam. Bisa juga diatur secara bertahap, jadi tidak perlu terlalu banyak lahan.

  1. Budidaya Tanaman Cabai

    Cabai merupakan salah satu bahan makanan yang tidak terlepas dari kebiasaan makan orang Indonesia. Meski harga tanaman cabai tidak tentu bisa mahal dan juga murah, permintaan yang selalu tinggi membuat budidaya cabai menjanjikan. Cara menanam cabai juga mudah dilakukan bahkan bisa dilakukan siapa saja tanpa harus mengeluarkan biaya yang banyak.

    Di balik rasa pedasnya, tanaman cabai memiliki potensi manfaat yang sangat besar. Permintaan cabai tinggi, karena kebanyakan orang Indonesia tidak bisa jauh dari masakan yang pedas, harga cabai bisa melonjak pada waktu-waktu tertentu saat permintaan tinggi dan stok terbatas seperti saat gagal panen dan di bulan Ramadhan.

  2. Budidaya Tanaman Tomat

    Tomat juga menjadi pilihan budidaya tanaman di rumah karena juga termasuk dalam proses pembuatan sambal. Menanam tomat tidak membutuhkan area yang luas, Anda bahkan bisa menanamnya dalam pot. Namun, Anda perlu memastikan bahwa tanah tetap lembab dan subur. Agar Anda dapat memanen tomat berkualitas tinggi, pastikan memilih benih tomat berkualitas tinggi.

    Selain itu, sirami tanaman tomat setiap hari. Jika ada tanaman lain yang tumbuh dan mengganggu pertumbuhan tomat, segera cabut agar tomat tumbuh dengan baik dan tempelkan bambu di samping tanaman sebagai media rambat tomat.

  3. Budidaya Tanaman Kangkung

    Tanaman menjanjikan uang berikutnya adalah tanaman kangkung dengan kandungan yang bergizi. Kangkung bahkan dapat dipanen hanya dalam waktu sekitar 4-6 minggu. Anda dapat mempertimbangkan menggunakan pot sebagai media tanam apabila Anda memiliki lahan terbatas untuk menanam kangkung. Anda hanya membutuhkan bibit kangkung hidroponik, pot, plastik, dan Zat Pengatur Tumbuh (ZPT).

  4. Budidaya Bawang Merah

    Budidaya bawang merah bisa dibilang sangat mudah karena hanya memerlukan media tanam berupa bawang merah, kantong plastik atau polybag, tanah, dan pupuk. Penanaman bawang merah dapat dilakukan oleh pemula karena cara penanaman yang mudah. perlu diingat bahwa bawang merah harus disiram setiap pagi dan sore hari, tempatkan tanaman di bawah sinar matahari langsung, dan pastikan tidak terkena air hujan.

  5. Budidaya Tanaman Bayam

    budidaya tanaman bayam

    Gambar oleh Devanath dari Pixabay

    Bayam merupakan jenis sayuran yang populer dan mudah dimasak menjadi masakan yang beragam. Penanaman bayam dapat dilakukan di rumah dengan polybag sebagai media tanamnya. Yang dibutuhkan saat budidaya bayam yaitu bibit bayam, polybag, dan pupuk kompos baik dalam bentuk biji atau setek batang.

  6. Budidaya Tanaman Sawi

    Ada 4 jenis tanaman sawi yang dikenal masyarakat yaitu sawi berdaun lebar, sawi hijau pahit, sawi minyak, dan sawi hijau biasa. Keempat jenis tanaman sawi ini memiliki cara budidaya yang sama. Keuntungan dari menanam sawi adalah dapat ditanam di tempat panas atau dingin. Namun, perlu diingat bahwa media tanah yang digunakan haruslah yang mengandung senyawa organik yang lembab.

  7. Budidaya Tanaman Terong

    Terong sebagai tanaman menjanjikan uang mengandung banyak nutrisi, seperti kalsium dan vitamin K. Terong dapat dibudidayakan dengan menggunakan media polybag. Meski biaya awal menanam terong bisa dibilang cukup tinggi, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari hasil panen tanaman terong di masa depan.

    Kisaran suhu antara 22 dan 30 derajat Celcius untuk menanam terong. Media tanam meliputi tanah, pasir, pupuk, dan sekam. Pastikan tanaman terong terkena sinar matahari dan kisaran pH tanah adalah 6,3-7,3.

  8. Budidaya Tanaman Paprika

    Meski tidak sepopuler cabai, pasar Indonesia memiliki permintaan paprika yang tinggi. Namun karena pasokan paprika yang terbatas, harga lada seringkali lebih tinggi dan harganya stabil dibandingkan dengan komoditas cabai lainnya. Pastikan untuk memperhatikan suhu area tanaman paprika saat menanam paprika.

    Paprika berkualitas tinggi biasanya harus ditanam di dataran tinggi. Hal ini karena jika paprika ditanam di dataran rendah maka akan lebih rentan terhadap hama. Penanaman paprika membutuhkan media tanam berupa arang sekam. Keuntungan penggunaan media tanam arang sekam membuat tanaman terhindar dari hama penyakit serta mampu mengontrol penggunaan pupuk dengan lebih baik daripada saat menanam di tanah.

  9. Budidaya Tanaman Hias

    Ada berbagai tanaman hias yang berpeluang memberikan keuntungan antara lain mawar, anggrek, bunga matahari, melati, kamboja dan pohon bonsai. Selain permintaan akan tanaman hias, banyak juga yang membutuhkan tanaman hias untuk acara-acara, seperti acara pernikahan atau upacara keagamaan. Oleh karena itu, selain menjual tanaman hias, usaha persewaan tanaman hias juga sangat digemari.

Baca Juga  Perbedaan istilah affiliate, Dropship dan Reseller Dalam Bisnis Online
Baca Juga  Kekuatan Fokus Dan Konsisten

Inilah tanaman menjanjikan uang yang bisa anda coba budidayakan tanpa membutuhkan lahan yang luas. Untuk cara penanaman juga tidak begitu sulit. Pastikan untuk memahami cara penanaman masing-masing tanaman agar bisa tumbuh dan panen tepat waktu.