Apakah Sulit Melakukan Budidaya Ikan Gurame Rumahan?

Ingin membuka usaha tetapi tidak punya toko atau lapak maka bisa coba budidaya ikan sebab tidak memerlukan toko, usaha yang satu ini bisa dilakukan di rumah dan tidak sulit juga menjalankannya.

Untuk budidaya ikan gurame rumahan memang sedang diminati sekali karena terbukti menguntungkan sekali dan tidak memerlukan lahan yang luas juga. Untuk membuat kolam ikan hanya membutuhkan lahan yang ukurannya 7×9 meter saja jadi di halaman rumah juga bisa dibuat kolam ikan tersebut.

Cara Budidaya Ikan Gurame Rumahan

Ikan kalau cepat besar pastinya akan cepat panennya, dengan panennya bisa cepat pasti pengeluarannya akan kecil dan keuntungannya besar. Jika mau mempercepat pertumbuhan gurame maka bisa coba cara berikut ini.

  1. Pemilihan Lokasi Kolam Harus Benar

    Pertama lokasi kolamnya harus tepat, kadang banyak yang berpikiran kalau lokasi kolam ini tidak ada pengaruhnya dengan proses pembesaran gurame. Memang kalau untuk jenis ikan lainnya tidak ada pengaruhnya tetapi kalau untuk ikan ini besar sekali pengaruhnya.

    Untuk lokasi kolamnya sendiri itu jangan di tempat terbuka harus ada pelindung dari sinar mataharinya, seperti di bawah pohon. Sebab kalau kolam langsung terkena sinar matahari pasti ikannya mudah mati dan akhirnya budidaya ikan gurame rumahan gagal.

    Baca : Bisnis Budidaya Gurame Berikut 3 Cara Simple Untuk Memulai

  2. Benih Harus Unggulan

    Kedua benih ikannya harus yang unggulan, benih ikan kalau bagus memang mahal tetapi lebih baik mengeluarkan banyak uang di awal dari pada menyesal karena ikannya tidak cepat besar dan mati. Untuk mengenali benih ikan itu unggulan atau tidak maka lihat saja ukuran benih tersebut, kalau ukuran ikannya itu sesuai dengan umur ikannya maka bagus benihnya.

  3. Pakan Harus Berkualitas

    Ketiga pakannya harus yang berkualitas, pakan ikan memang berpengaruh sekali pada proses pertumbuhan ikan. Kalau pakannya saja tidak bagus jangan harap ikannya cepat besar, pakan yang bagus ini bisa dicium dari baunya. Untuk pakan ikan bisa Anda cari di sini.

    Kalau pakan pelet baunya pasti amis sekali, selain harus memberikan peletnya yang rutin juga perlu memberikan pakan tambahan seperti dedaunan.

    Baca : Berapakah Jumlah Omset Budidaya Ikan Gurame Tahun 2021?

  4. Jaga Kebersihan Kolam

    Keempat kebersihan kolam harus dijaga, kalau ikan gurame hidupnya di kolam yang tidak bersih bukan saja akan lambat pertumbuhannya tetapi akan mati juga. Pastikan air kolamnya selalu jernih dan tidak ada kotorannya, kolam juga harus diganti airnya satu minggu satu kali.

Berapa Keuntungan Menjalankan Bisnis Budidaya Gurame?

Kalau bicara mengenai keuntungan yang diperoleh dari usaha atau bisnis budidaya ikan jelas yang terbanyak itu budidaya gurame. Karena ikan inilah yang punya harga tertinggi dibandingkan ikan lainnya, penyebabnya karena ikan ini dagingnya banyak dan juga rasanya enak. Kalau sekarang ini budidaya ikan gurame rumahan setiap kali panen bisa memperoleh keuntungan sampai 4 juta, makanya bisnis ini termasuk bagus prospeknya.

Bagikan: