Berapakah Jumlah Omset Budidaya Ikan Gurame Tahun 2021?

Kalau bertanya berapa omset budidaya ikan gurame? Maka jawabannya tergantung dari sistem budidaya ikan apa yang dipakai. Kalau sistemnya adalah membesarkan ikan maka lumayan besar omsetnya, sebab ikan gurame sendiri merupakan ikan yang nilai jualnya itu tinggi sekali.

Ikan gurame di pasaran harganya itu sampai 65 ribu, jika masuk hari raya bisa lebih tinggi lagi makanya budidaya ikan banyak yang suka. Jika ikan yang dibudidaya jumlahnya 200 ekor dan bisa hidup semuanya sampai panen maka omsetnya bisa mencapai 4 jutaan dalam waktu 2 bulan.

4 Tips Menjalankan Bisnis Budidaya Ikan

Ingin budidaya ikannya bisa sukses dan juga omsetnya besar maka perlu mempraktekan beberapa tips yang akan dijelaskan berikut ini.

  • Kedalaman Kolam Harus Tepat

    Kedalaman kolam itu penting sekali, sebab ikan gurame tidak bisa hidup di kolam yang terlalu dalam dan juga yang terlalu dangkal.

    Kalau sampai tidak tepat kedalamannya ikan gurame bisa saja mati dan ini jelas akan mempengaruhi omset budidaya ikan gurame, makanya harus sangat diperhatikan sekali berapa kedalamannya. Kalau untuk kedalaman yang benar-benar tepat maksimalnya adalah 70 cm saja.

  • Pemilihan Benih Harus Benar

    Benih yang akan dibudidaya juga harus yang termasuk benih unggulan, sebab kalau tidak unggul benihnya pasti akan lama sekali proses pembesaran ikan tersebut. Untuk tahu benihnya itu unggul atau tidak maka perlu tahu indukan dari benih tersebut.

    Kalau indukannya itu bagus maka benihnya juga bagus dan pastikan juga apakah ukuran benih cocok dengan umur benihnya.

    Baca : Bisnis Budidaya Gurame Berikut 3 Cara Simple Untuk Memulai

  • Lindungi Dari Sinar Matahari

    Ikan gurame tidak boleh sampai terkena sinar matahari secara langsung sebab ikan gurame bisa mati kalau seperti itu. Banyak pembudidaya pemula yang tidak memperhatikan hal ini makanya budidaya ikannya gagal. Agar dapat melindungi ikan dari sinar matahari maka kolam bisa dikasih eceng gondok saja.

  • Pakan Harus Yang Bagus

    Pakan ikan gurame juga perlu dipikirkan, sebab ikan gurame bisa saja cepat besar kalau pakannya itu cocok dan bagus. Kalau memang benih ikannya masih umurnya sekitar satu sampai dua bulan maka pakannya bisa pakai pelet dulu. Jika ukurannya sudah makin besar, selain diberikan pelet juga diberikan pakan daun lumbu atau daun singkong. Untuk pakan ikan bisa Anda cari di sini.

    Baca : 6 Cara Memulai Peluang Usaha Ternak Lele

Ciri-Ciri Ikan Gurame yang Tidak Sehat

Sebagai pembudidaya ikan pastinya harus tahu kondisi ikannya apakah sehat atau tidak sehat. Kalau untuk ikan gurame dikatakan tidak sehat kalau ikan tersebut lebih sering di permukaan air dari pada di dasar kolam.

Jadi kalau ada ikan yang berenangnya di permukaan terus ada kemungkinan ikan tersebut akan mati jadi baiknya dipindah saja ikan tersebut agar tidak mempengaruhi ikan lainnya. Kalau ikannya tidak sehat semuanya saat panen pasti akan mempengaruhi omset budidaya ikan gurame per bulannya.

Bagikan: