Mungkinkah Membuka Warung Sembako Modal 5 Juta? Bagaimana Caranya?

Ingin membuka toko sembako namun hanya memiliki budget 5 juta? Apakah bisa? Membuka toko sembako hanya dengan budget 5 juta sebenarnya sangat memungkinkan. Sekarang ini membuka bisnis membutuhkan modal yang cukup besar termasuk toko sembako. Percayalah bahwa Anda dapat memulai bisnis warung sembako modal 5 juta. Perlu diingat bahwa dengan budget 5 juta, jangan membayangkan toko sembako modern seperti di kota besar pada umumnya.

Menjalankan usaha toko sembako memang dianggap termasuk ke dalam bisnis yang cukup menguntungkan mengingat semua orang membutuhkan sembako untuk memenuhi kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu warung sembako dijadikan sebagai pilihan bisnis yang memiliki peluang usaha yang menjanjikan apalagi dapat dijalankan oleh siapa saja.

Buka Warung Sembako Modal 5 Juta

Kadang-kadang terdapat keinginan Anda untuk menjalankan usaha akan hilang karena modal usaha yang tidak mencukupi. Salah satu hal yang harus diingat adalah semua upaya tersebut harus dimulai dari bawah dan akan berkembang secara perlahan. Jika anda langsung menggunakan modal yang terlalu tinggi pas dengan budget yang tersedia, itu bukanlah ide yang terlalu bagus.

Setidaknya sisakan sedikit budget yang tersedia untuk dana tak terduga meskipun memang budget 5 juta dapat digunakan untuk membuka warung. Dengan budget 5 juta ini bisa anda gunakan dan bisa mendapatkan keuntungan sedikit demi sedikit hingga balik modal. Setelah itu keuntungannya bisa anda gunakan kembali untuk mendukung perkembangan bisnis hingga semakin dikenal dan dipercaya oleh banyak orang.

  1. Membeli Peralatan Toko

    Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan yaitu peralatan toko. Anda bisa menggunakan meja lama yang sudah dicat ulang, tapi rasanya tidak terlalu dapat menarik perhatian konsumen. Setidaknya anda perlu menambahkan rak atau lemari kaca untuk memberi kesan rapi. Diperkirakan budget yang dibutuhkan sekitar Rp 1 jutaan.

    Harga rak dan meja berkisar antara Rp 600 ribuan hingga Rp 700 ribuan. Untuk perlengkapan lainnya yang dapat dibeli dapat menggunakan budget sisa Rp 1 juta. Perlengkapan yang dapat dibeli seperti plastik, kursi, meja, rak, lemari, wadah, keranjang, dan lainnya.

    Tidak ada salahnya seperti menggunakan barang-barang bekas yang ada di rumah untuk menghemat pengeluaran asalkan pintar dalam menyusunnya dan mengaturnya menjadi terlihat seperti baru dan menarik.

  2. Menyiapkan Barang Dagangan

    Inilah hal terpenting dalam bisnis toko sembako. Setelah menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan tentu anda harus mulai menyediakan stok bahan sembako yang dijual. Tanpa barang dagangan tentu bisnis bukanlah disebut bisnis. Penggunaan sisa Rp 4 jutaan untuk membeli barang dagangan memang sangat kecil. Namun, tidak perlu khawatir, karena jika bisa digunakan dengan benar, dana tersebut akan terus mengalir.

    Kuncinya adalah memahami barang yang paling diminati konsumen. Dengan cara ini modal dan dana akan lebih cepat kembali dan mendapatkan keuntungan darinya dengan segera. Catat barang dagang yang paling laris dan belilah dalam jumlah kecil. Mungkin Anda dapat membatasinya dengan melakukan pembelian sembako selama 1-2 hari. Hindari membeli bahan yang kurang laku untuk mengurangi resiko kerugian.

  3. Memilih Lokasi Usaha

    Memanfaatkan rumah yang memiliki lahan kosong adalah jawaban yang paling tepat jika anda ingin membuka warung sembako modal 5 juta. Konsumen akan terus datang karena masyarakat membutuhkan sembako sebagai kebutuhan pokok sehari-hari. Ini merupakan salah satu cara untuk menghemat uang agar modal tidak hilang dalam jumlah yang besar dibandingkan sewa toko karena 5 juta saja tidak cukup.

    Apalagi jika rumah terletak di tengah kawasan hunian yang ramai maka merupakan salah satu faktor yang menguntungkan. Dengan ini maka keuntungan akan datang secara perlahan tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak. Namun jika memang ingin menyewa lokasi lain, mungkin anda dapat menambahkan sedikit modal untuk biaya sea toko atau warung kecil-kecilan. Tidak perlu tempat yang terlalu luas asalkan lokasi strategis.

  4. Lakukan Promosi

    Faktanya salah satu cara yang dapat dilakukan dalam memulai usaha kecil adalah dengan belajar berbisnis yang kemudian akan membantu menghasilkan uang. Melalui promosi, penghasilan lebih mudah didapatkan karena lebih mudah menjangkau orang lain.

    Cara ini tidak sulit dan konsumen juga akan datang langsung mengharapkan pelayanan yang memuaskan dan juga harga sembako yang pas di kantong sesuai dengan promosi yang diberikan. Saat ini juga sudah banyak toko sembako yang melakukan promosi secara online di Facebook, Instagram atau media online lainnya, bahkan menawarkan layanan antar sembako hingga ke rumah yang memudahkan masyarakat.

    Namun layanan antar tentu membuat anda membutuhkan sepeda motor dan juga 1 karyawan lagi untuk layanan ini. Jika anda memiliki sepeda motor, anda dapat meminta bantuan kepada pasangan atau anak sehingga tidak perlu mempekerjakan karyawan.

  5. Mencari Supplier Murah

    Apabila anda memiliki budget terbatas, pembelian barang dagang secara grosir barang tentu akan memberikan keuntungan yang lebih. Mencari supplier terpercaya yang harganya memang lebih rendah dari harga pasaran tentunya tidak akan mengeluarkan banyak biaya sehingga dapat menghemat pengeluaran. Bahkan menjalankan warung sembako hanya dengan persiapan dana 5 juta dapat diwujudkan dengan mudah.

Sebenarnya Anda bisa mengajukan pinjaman modal untuk menambah modal usaha apalagi saat ini sudah mudah mengajukan pinjaman. Namun, ada baiknya untuk menggunakan modal sendiri tanpa mengandalkan pinjaman karena dapat terhindar dari resiko gagal bayar apalagi Anda akan terbebani oleh hutang dan bunga setiap bulannya.

Warung sembako modal 5 juta bisa terwujud dengan perencanaan yang matang dan cara yang telah dijelaskan. Lakukan persiapan dengan matang dan maksimalkan pelayanan serta harga jual yang terjangkau oleh masyarakat agar pelanggan akan dan kembali lagi ke warung anda untuk berbelanja. Harga sembako yang ditawarkan juga sebaiknya sesuai dengan harga pasar artinya tidak terlalu mahal.

Bagikan: