Tips Analisa Bisnis Ikan Laut yang Menguntungkan Di Tahun 2021

Tips Analisa Bisnis Ikan Laut yang Menguntungkan Di Tahun 2021

Hampir semua orang pasti pernah mengonsumsi ikan segar namun pernahkah anda memikirkan untuk menjalankan bisnis ikan laut segar? Bisnis ini memang tidak terlalu populer di kalangan masyarakat dan juga sering diabaikan karena dianggap tidak dapat menghasilkan keuntungan yang banyak dan faktor lainnya karena bau amis dari ikan tersebut. Tentu dalam menjalankan bisnis harus melakukan analisa bisnis ikan laut dari jenis ikan hingga tips-tipsnya.

Padahal sebenarnya keuntungan yang didapatkan oleh para penjual ikan laut segar bisa dibilang cukup tinggi. Dalam sehari biasanya penjual ikan dapat menghasilkan keuntungan sekitar 200 ribuan belum lagi dia menjual berbagai jenis makanan dari laut (Seafood) lainnya yang juga dapat memberikan penghasilan yang menguntungkan. Sudah banyak jenis ikan laut yang dijual di pasar.

Tentu saja keuntungan ini membuat banyak orang tergoda dan kemudian tertarik dengan bisnis unik yang satu ini. Bahkan jika memang sudah dipercaya oleh para pelanggan, bisnis ini dapat memberikan keuntungan hingga minimal Rp 500.000 per harinya yang sangat menggiurkan.

Sistem usahanya tidak terlalu ribet, membeli ikan dengan harga grosir, kemudian menjualnya kembali di pasar. Tidak banyak peralatan yang dibutuhkan karena yang penting untuk menjual ikan segar adalah es batu, air, timbangan, baskom dan kantong plastik. Kerja juga tidak harus seharian penuh karena bisa menjual pada jam pasar saja di mana orang-orang sering mengunjungi pasar untuk belanja.

Selain berjualan di pasar, ada beberapa penjual yang berkeliaran di sekitar rumah warga dan menjual ikan laut segar hasil tangkapan nelayan. Meski harganya lebih mahal, para ibu pasti lebih memilih karena barang sudah sampai di rumah masing-masing. Tidak harus lagi repot keluar rumah untuk berbelanja. Analisa bisnis ikan laut ini juga penting sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Baca Juga  7 Contoh Usaha Kecil-kecilan dengan Keuntungan Menggiurkan

Setelah mengetahui fakta-fakta tentang keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha berjualan ikan laut segar, mungkin anda ingin mencobanya hingga merasakan manfaat dari bisnis ikan laut segar. Anda bisa mulai dari mencari lokasi yang cocok dan memahami jenis-jenis ikan laut serta karakteristik dari ikan tersebut agar bisa melakukan persaingan yang sehat.

Analisa Bisnis Ikan Laut

Makanan laut atau seafood yang terdiri dari berbagai jenis ikan, udang, lobster, cumi-cumi, kerang, dan lainnya merupakan salah satu dari makanan yang banyak disukai dan kandungan nutrisinya sangat bermanfaat bagi tubuh terutama ikan.

Maka dari itu, tidak heran jika sebagian orang mengkonsumsi ikan beberapa hari sekali untuk mendapatkan manfaatnya. Dengan meningkatnya pecinta seafood terutama jenis ikan laut, jumlah warung, rumah makan, hingga restoran yang menyajikan menu masakan dengan bahan dasar ikan laut juga ikut meningkat.

Hal ini membuktikan bahwa peluang usaha ini sangat menjanjikan karena permintaan yang tinggi. Anda bisa mempertimbangkan bisnis ini karena jarang sekali ada orang yang membeli ikan secara langsung di tempat pelelangan ikan. Mereka lebih sering belanja ke pasar.

Ikan biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal di pasaran dibandingkan jika langsung dibeli di tempat pelelangan. Dengan perencanaan yang baik, mungkin saja suatu saat nanti usaha perdagangan ikan laut akan memberikan anda penghasilan yang tidak disangka-sangka.

Perhitungan modal khusus dalam analisa bisnis ikan laut akan memudahkan Anda dalam pengelolaan keuangan dan tujuan untuk memperoleh keuntungan bisa lebih cepat tercapai. Anda perlu mencatat pengeluaran yang dihabiskan untuk usaha setiap waktu sehingga tidak ada dana yang bocor atau tidak sengaja terpakai tanpa ada catatan pengeluaran. Catatan keuangan terperinci sangatlah penting dalam bisnis apapun itu.

Penting juga untuk memilih jenis ikan yang laris di pasar untuk kemudian dijual. Mencari tahu jenis ikan favorit masyarakat yang akan dijual di pasar sangat penting untuk mendukung perkembangan bisnis Anda di masa depan.

Baca Juga  4 Rencana Pemasaran Produk yang Membantu Meningkatkan Profit

Berikut ini beberapa jenis ikan laut yang paling laris dan sering dimakan sehingga anda bisa memilih menjual ikan ini terlebih dahulu agar laris.

nelayan

Gambar oleh Quang Nguyen vinh dari Pixabay

  1. Ikan Tongkol 

    Dalam dunia internasional, terdapat beberapa jenis ikan tongkol biasanya disebut mackerel, kawakawa, false albacore, dan little tuna. Tongkol hidup berkelompok. Musim bertelur ikan tongkol di Indonesia adalah sekitar bulan Agustus hingga Oktober. Ikan ini memiliki beberapa manfaat bagi tubuh seperti menjaga kesehatan mata, rematik, anemia dan pencegah kulit kusam.

  2. Ikan Tuna 

    Ikan laut selanjutnya adalah tuna. Daging ikan tuna memiliki warna merah muda. Nilai jual tuna sangat tinggi. Adapun manfaat ikan tuna yaitu dapat mencegah stroke, tekanan darah tinggi, obesitas dan penyakit kanker. Tuna bisa dijadikan berbagai bahan masakan yang lezat dan bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan.

  3. Ikan Teri 

    Teri adalah ikan laut berukuran kecil dan merupakan produk ekspor Indonesia. Ikan teri hanya memiliki ukuran paling besar 5 cm. Populasi ikan teri sangat kaya di Indonesia, tersebar di berbagai daerah di Indonesia dan juga menjadi favorit masyarakat Indonesia.

  4. Ikan Tenggiri 

    Ikan tenggiri sangat disukai oleh banyak orang. Ikan jenis ini hidup berkelompok tidak jauh dari pantai dan merupakan salah satu produk ekspor utama Indonesia baik itu beku atau segar.

Lakukan riset atau analisa bisnis ikan laut di pasar, perhatikan jenis ikan apa saja yang menjadi favorit masyarakat. Dengan ini maka anda bisa menjual jenis ikan yang paling populer sebagai permulaan agar ikan dapat terjual habis dan mencegah kerugian.