9 Strategi Ampuh Agar Dagangan Laris yang Efektif

9 Strategi Ampuh Agar Dagangan Laris yang Efektif

Tidak peduli apapun industri bisnis yang dijalankan, setiap perusahaan pernah mengalami periode yang begitu buruk atau berada di bawah. Wajar jika setiap perusahaan memiliki kendalanya masing-masing sehingga para pelaku bisnis harus memiliki strategi ampuh agar dagangan laris dan perusahaan juga bisa terus berkembang.

Para pemula yang baru saja memasuki dunia bisnis biasanya menghadapi situasi ini. Ketika Anda tahu bahwa bisnis Anda di ambang kehancuran karena kurangnya pembeli, Anda tentu akan panik. Beberapa orang mungkin dapat mengatasi situasi ini, tetapi banyak yang akhirnya mengalami kebangkrutan karena tidak dapat bertahan hidup.

Strategi Ampuh Agar Dagangan Laris Manis

Ada banyak alasan mengapa bisnis sepi. Bisa saja kualitas barang dagang yang buruk, harga yang terlalu tinggi, sumber daya manusia tidak kuat atau pelayanan yang diberikan mungkin saja kurang maksimal. Untuk menghindari hal ini, maka solusi yang tepat adalah dengan membuat rencana seperti melakukan peninjauan produk, sumber daya, dan arus kas.

  1. Evaluasi

    Pemilik usaha selalu disarankan untuk mengevaluasi dalam berbagai bidang. Menghabiskan waktu luang dalam bisnis yang tenang dapat menghemat biaya operasional. Apabila bisnis masih dipaksa beroperasi tanpa adanya evaluasi maka bisnis akan sulit berkembang. Daripada waktu terbuang sia-sia maka ini adalah waktu yang tepat dalam menilai bisnis dalam berbagai aspek. Dari hasil evaluasi ini maka Anda bisa mengetahui kelebihan dan kelemahan bisnis.

  2. Berhitung

    Menghitung tidak hanya berkaitan dengan uang tunai, tetapi juga banyak hal. Menghitung dalam bisnis lebih mengarah pada pengelolaan aset yang dimiliki. Banyak pelaku bisnis yang lupa bahwa sebelum bisnis menjadi besar, bisnis dimulai dari bawah terlebih dahulu dimana perlu pertimbangan dan perhitungan yang matang. Sekalipun bisnis sudah besar, pengelolaan dan perhitungan segala aspek bisnis tetap harus dilakukan.

    Strategi ampuh agar dagangan laris dalam pengelolaan bisnis dapat dimulai dari menghitung biaya yang dikeluarkan dan juga yang diterima. Hal-hal seperti itu perlu mulai diperhitungkan agar bisnis tidak memburuk akibat sepi bisnis.

  3. Membangun Relasi

    Sangat penting untuk menjalin hubungan bisnis baik dengan pelanggan maupun dengan para pebisnis karena ini berguna dalam bisnis baik saat ramai ataupun sepi. Hubungan bisnis dapat membantu membandingkan masalah yang dialami dengan metode bisnis yang digunakan. Yang terpenting, hubungan bisnis dapat berdampak besar pada pemasaran.

    Bagi perusahaan, sekalipun konsumen tidak lagi melakukan pembelian, mereka tetap harus menjalin hubungan bisnis dengan konsumen. Hal ini karena konsumen merupakan faktor terpenting untuk dapat menunjang pertumbuhan perusahaan.

  4. Inovasi

    Tanpa inovasi, sebuah perusahaan mungkin akan kesepian karena tidak ada hal baru untuk ditawarkan kepada konsumen agar konsumen juga tidak bosan. Inovasi bisa termasuk banyak hal seperti merambah ke pasar online melalui penggunaan website, launching produk baru, peningkatan kualitas produk, dan lainnya sesuai dengan produk apa yang ditawarkan.

    Inovasi dapat berupa pengembangan barang dagang sesuai dengan perkembangan zaman, meskipun hanya mengubah desain kemasan produk. Metode ini sudah diadopsi terbukti mampu meningkatkan penjualan dan menarik konsumen.

  5. Company profile

    Bisnis yang sepi pelanggan bisa saja diakibatkan perusahaan yang masih belum terlalu dikenal yang umum terjadi pada perusahaan baru. Agar lebih dikenal luas, perusahaan sering mengadakan event atau promosi. Metode ini memiliki risiko yang tinggi, terutama jika menyangkut biaya operasional yang besar.

    Untuk mengenalkan pasar terdapat cara yang lebih bersahabat yaitu melalui profil perusahaan. Sekalipun untuk perusahaan yang sudah lama berdiri, profil perusahaan tetap diperlukan. Harap diperhatikan bahwa desain profil perusahaan harus unik dan valid.

  6. Mengejar piutang

    Strategi lainnya yang sering digunakan oleh perusahaan adalah menitip modal berupa barang. Faktanya, semakin terbatasnya dana operasional, maka modal yang dialokasikan juga semakin banyak dan semakin tinggi peluang bisnis yang ditinggalkan.

    Modal yang dititipkan akan menjadi piutang yang wajib dikejar saat bisnis sedang sepi. Masalahnya, banyak orang enggan menagih piutang. Padahal, jika bisa memperoleh piutang akan banyak keuntungannya seperti menghimpun dana untuk pengembangan perusahaan.

  7. Berhemat

    Tidak ada cara lain yang lebih baik dikala bisnis sedang sepi yaitu dengan melakukan penghematan. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, untuk memulai bisnis pasti membutuhkan modal kerja yang tidak sedikit. Strategi ampuh agar dagangan laris ini dapat mencegah arus kas Anda runtuh.

    Lakukan strategi pemasaran yang tepat sekaligus berhemat misalnya lakukan promosi atau memilih segmen sasaran yang lebih selektif karena pada dasarnya hal ini dapat mengurangi penggunaan biaya. Pastikan agar arus kas tetap stabil.

  8. Mengembangkan ide baru

    Produk yang sama dapat membuat konsumen cepat bosan. Satu hal yang dapat Anda coba adalah memberikan promosi kepada konsumen. Hal tersebut dapat merangsang keingintahuan konsumen dan membuat mereka tertarik kembali. Cara lain adalah dengan mengajak konsumen hadir ke acara atau event yang diadakan sebagai ucapan terima kasih dari perusahaan.

  9. Gabung Online

    Di era digital yang sudah serba canggih telah berhasil memberikan banyak perubahan termasuk di sektor pemasaran di dunia bisnis. Aktivitas pemasaran menjadi lebih mudah diterapkan dengan adanya media sosial dan website. Media digital mampu memberikan pengaruh baik dalam pencapaian tujuan baru dalam pengembangan bisnis lebih luas.

    Baik itu strategi online maupun offline memiliki keunggulannya masing-masing. Untuk pasar dengan target dekat, strategi offline masih terbukti sebagai strategi ampuh agar dagangan laris sangat efektif. Jadi pergabungan online dan offline dapat membantu pemasaran yang lebih baik.