Berapa Modal Usaha Bengkel Motor Untuk Permulaan?

Penggunaan sepeda motor dapat dikatakan selalu meningkat bahkan setiap orang setidaknya memiliki 1 sepeda motor dengan alasan harga yang lebih terjangkau dari mobil dan juga mudah dikendarai. Hal ini menawarkan peluang bisnis yang semakin tinggi saat menjalankan bisnis bengkel namun perlu diingat bahwa modal usaha bengkel motor wajib selalu dipertimbangkan.

Jumlah sepeda motor memang sudah semakin banyak terbukti dari jalanan yang selalu ramai dipenuhi oleh sepeda motor di berbagai daerah di Indonesia. Dibutuhkan pertimbangan yang matang sebelum yakin untuk memilih kategori bisnis ini sebagai salah satunya yaitu dana yang wajib disediakan terlebih dahulu.

Terdapat tiga kategori bengkel motor antara lain bengkel umum yang memberikan layanan lengkap pada berbagai merk motor, bengkel yang menangani merk motor khusus, dan bengkel yang menawarkan jasa modifikasi motor.

Anda butuh proses perencanaan yang benar dalam memulai bisnis ini di berbagai aspek mulai dari proses pengoperasian bengkel, biaya layanan, hingga jenis layanan termasuk perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendukung layanan. Intinya anda wajib memahami dasar-dasar kebutuhan bengkel dan juga pengetahuan akan mesin sepeda motor.

Pertama-tama yang harus ada dan sangat krusial yaitu lokasi bengkel. Tidak perlu menyiapkan lahan yang terlalu luas untuk mengoperasikan bengkel motor. Anda juga pastinya akan membutuhkan perlengkapan untuk bengkel sepeda motor kategori apapun itu sehingga harus mempersiapkan modal terlebih dahulu.

3 Modal Usaha Bengkel Motor Untuk Permulaan

modal usaha bengkel motor
Photo by Andrea Piacquadio from Pexels
  1. Modal Untuk Lokasi Bengkel Motor

    Tentu saja anda membutuhkan modal tidak peduli bisnis apa yang dibuka tanpa pengecualian termasuk usaha bengkel sepeda motor dikarenakan semua bisnis pasti membutuhkan dana agar dapat beroperasi. Modal awal pertama harus dipersiapkan dengan tujuan untuk menyewa lahan kosong, ruko atau area kecil untuk mengoperasikan bengkel sepeda motor.

    Umumnya area lokasi yang semakin ramai apalagi yang terletak di jalan besar maka harga sewanya juga tentu saja memiliki harga yang semakin mahal. Biasanya biaya sewa di lokasi yang cukup strategis membutuhkan biaya sewa Rp 20 jutaan per tahun dan sekitar Rp 5 jutaan untuk mengubahnya menjadi bengkel.

    Jadi anda harus mempersiapkan modal usaha bengkel motor dengan dana sekitar Rp 25 jutaan untuk menyediakan lokasi. Anda dapat melakukan tawar menawar hingga mendapatkan biaya sewa yang sesuai budget yang harus dibayarkan baik itu per bulan atau per tahun atau bisa mencari lokasi lain hingga menemukan biaya sewa yang lebih terjangkau.

    Setiap kota, wilayah, daerah, dan lokasi alamat ruko serta jenis lahan/ruko tentu memiliki harga sewa per tahun yang bervariasi. Anda bisa mengoperasikan bengkel di rumah jika memiliki lokasi rumah yang tepat dan cocok digunakan untuk pengoperasian bengkel sehingga memungkinkan anda dapat menghemat dana sewa tempat.

    Pastikan untuk selalu memilih tempat lokasi yang strategis contohnya seperti berada di jalan besar, lokasi yang selalu ramai, dan juga lokasi yang mudah ditemukan atau dijangkau oleh pelanggan. Anda juga wajib mempertimbangkan apakah lokasi yang anda pilih untuk bisnis memiliki pesaing lainnya di mana bengkel sudah dibuka di sana duluan.

  2. Modal Peralatan Bengkel Motor

    Perlengkapan bengkel juga harus tersedia untuk menunjang operasional bisnis bengkel sepeda motor jadi bukan hanya lokasi bengkel yang wajib dipertimbangkan di mana perlengkapan dan peralatan bengkel yang dibutuhkan umumnya terdiri dari perlengkapan umum dan perlengkapan khusus.

    Dana yang dibutuhkan untuk membeli perlengkapan dan peralatan bengkel motor diperkirakan membutuhkan sekitar Rp 6 jutaan yang terdiri dari gergaji besi, kunci pas, pas ring, Y cabang 3, L, T, ring, obeng minus dan plus masing-masing membutuhkan 1 set, kunci dan tangkai shok, bor tangan, gerinda duduk, kunci Inggris 45mm, obeng ketok, kunci bintang, palu karet dan besi, ragum, pahat.

    Tang jepit, steel, potong, gerinda tangan, kunci busi motor bebek, kompresor udara. Anda bisa mengecek semua harga peralatan dan perlengkapan ini di sales atau di toko-toko penjual peralatan bengkel terpercaya.

    Bengkel umum biasanya tidak hanya menawarkan layanan jasa servis atau tambal ban saja namun juga menawarkan pelumas, oli dan suku cadang atau sparepart motor. Hal ini menunjukkan bahwa anda juga harus menyiapkan modal usaha bengkel motor yang nantinya digunakan untuk memperoleh suku cadang sparepart seperti headlight unit, ban, gasket cylinder, belt drive, cover, key set, mirror set, unit comp, protector, spark plug, bahkan hingga aksesoris sepeda motor.

    Perlu diingat bahwa beberapa produk untuk sepeda motor tidak bisa tahan lama seperti oli dan pelumas. Saat ini terdapat banyak merk dan jenis pelumas sepeda motor yang dijual di pasaran. Cari tahu merk pelumas apa saja yang paling populer dan juga memiliki daya tahan yang lama agar tidak cepat rusak dan juga bisa lebih laku dibandingkan pelumas lainnya.

    Anda juga perlu menyediakan oli garpu, pembersih injektor dan karburator, minyak rem, dll. Perkiraan harga pelumas, oli dan cairan lainnya yaitu sekitar Rp 3.200.000 dan spareparts sekitar Rp 3.400.0000 sehingga anda membutuhkan total modal sekitar Rp 6.600.000 untuk ini.

  3. Modal Operasional Bengkel Motor

    Pastikan untuk memperhitungkan biaya operasional yang meliputi gaji karyawan (jika ada), tagihan air dan listrik, serta biaya tak terduga. Gaji dua orang karyawan Rp 1.050.000/bulan (Rp 35.000/hari), biaya listrik dan air sekitar Rp 600 ribuan, dan biaya persiapan tak terduga yang harus tersedia minimal Rp 1 juta. Total yang harus dikeluarkan yaitu Rp 2.650.000.

Apabila anda telah memahami dan merencanakan berapa banyak dana awal yang dibutuhkan untuk pengoperasian bengkel motor, anda bisa mulai mempersiapkan dana yang dibutuhkan per kategori sesuai dengan yang telah disebutkan atau bisa juga dengan menambahkan modal usaha bengkel motor lainnya sesuai dengan kebutuhan dan juga budget yang tersedia.

 

Bagikan: