8 Ide Bisnis Budidaya Unik yang Dapat Dicoba

8 Ide Bisnis Budidaya Unik yang Dapat Dicoba

Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk menjalankan bisnis jarang dijalankan namun dapat memberikan keuntungan ganda? Terdapat banyak pilihan bisnis budidaya unik yang jarang dipilih namun dapat memperoleh keuntungan yang tinggi dibandingkan bisnis yang sudah populer dan dijalankan oleh banyak orang.

Menjalankan bisnis budidaya memang dapat memberikan peluang usaha yang besar. Sudah banyak bisnis unik yang dulunya disepelekan namun pada akhirnya menjadi bisnis yang menjanjikan sekarang. Ada banyak macam kategori bisnis budidaya yang sangat unik yang merupakan metode baru yang alami dan hasil dari inovasi bisnis yang telah ada.

Perkembangan pemikiran yang kreatif tentunya akan memberikan dampak positif dalam pertumbuhan perekonomian masyarakat.

Bisnis Budidaya Unik dan Jarang

  1. Budidaya Kroto

    Ternak kroto termasuk budidaya yang unik karena. Awalnya usaha tersebut dinilai memiliki peluang yang buruk, namun nyatanya kini telah dijadikan sebagai lahan usaha. Kroto termasu jenis telur diproduksi oleh semut rangrang dan memiliki banyak keunggulan.

    Mereka semakin dicari sebagai makanan pokok burung dan ikan hias. Bisnis ini sudah banyak ditekuni oleh banyak orang karena meningkatnya permintaan akan kroto. Oleh karena itu, mungkin orang yang masih belum mengenal bisnis ini menganggap bahwa bisnis ini aneh dan tidak menguntungkan padahal sebaliknya.

  2. Budidaya Jangkrik

    Jangkrik selalu berisik di malam hari yang sudah menjadi hal yang diketahui banyak orang karena memang aktif mengeluarkan suara di malam hari. Jangkrik juga termasuk hama perusak tanaman namun ternyata jangkrik juga memiliki manfaatnya sendiri sehingga banyak yang membudidayakan jangkrik.

    Jangkrik dapat dimanfaatkan untuk pengolahan makanan, misalnya bisnis pengolahan jangkrik bisa menghasilkan omzet hingga jutaan rupiah di kawasan Gunung Kidul. Harga pengolahan per kg dapat mencapai 90 ribuan.

    Jangkrik termasuk salah satu hewan yang paling banyak dicari bukan hanya untuk pengolahan makanan namun juga sebagai kebutuhan pakan ikan hias dan juga pakan burung. Memulai bisnis budidaya unik jangkrik merupakan pilihan terbaik karena memiliki peluang usaha yang besar dan menjanjikan. Apalagi modal usaha semacam ini sangat kecil.

  3. Budidaya Tikus

    Meski hewan ini secara umum dianggap mengganggu, sebagian orang tetap membutuhkan tikus. Saat ini banyak yang membiakkan tikus menjadi hal yang menguntungkan. Perlu diingat bahwa tidak semua tikus dapat dibudidayakan dan tikus yang biasa dikembangbiakan adalah mencit atau tikus putih. Banyak orang yang mengatakan jika memelihara tikus hitam akan sangat berbahaya karena akan menyebarkan berbagai macam penyakit.

    Permintaan akan tikus biasanya untuk keperluan bahan praktikum mahasiswa untuk dimanfaatkan sebagai makanan hewan reptil (seperti ular). Sebagian orang menyukai tikus putih sehingga bisa dijadikan hewan peliharaan.

    Sebenarnya terdapat banyak keuntungan yang dapat diperoleh dengan mengembangkan usaha penanaman tikus ini. Selain mudah dalam pemeliharaannya, tikus tumbuh sangat cepat sehingga lebih cepat panen.

  4. Budidaya Cacing

    Budidaya ini juga sudah membuktikan peluang usahanya yang menjanjikan dengan keuntungan yang besar. Peningkatan produksi dan penghasilan budidaya hewan ini menjadi sangat menguntungkan karena dukungan perkembangan trend pemasaran secara online.

    Budidaya cacing tidak memerlukan lahan yang terlalu luas. Yang harus diperhatikan hanyalah menjaga kelembaban tanah yang merupakan media budidaya utama cacing. Cacing bahkan sangat berguna untuk menggemburkan tanah dan merawat lingkungan hidup. Di beberapa daerah, cacing digunakan untuk membangun kembali tanah yang telah terkontaminasi.

  5. Budidaya Lintah

    Lintah adalah hewan yang tidak disukai oleh banyak orang karena menggelikan dan menjijikkan. Namun hewan ini bisa membawa banyak manfaat. Budidaya lintah jarang sekali dijalankan oleh masyarakat karena alasan yang telah disebutkan tadi. Padahal peluang bisnis budidaya unik ini dapat menghasilkan banyak manfaat tertuama sebagai terapi kesehatan dan pengobatan.

  6. Budidaya Lobster

    Lobster adalah salah satu jenis makanan laut dengan cita rasa yang nikmat. Bukan hanya lobster laut saja namun peluang bisnis budidaya lobster air tawar juga sangat menarik yang patut untuk dicoba. Karena masih banyak peminat lobster, terdapat banyak varian menu lobster yang dijual dengan harga tinggi di berbagai restoran.

    Harga lobster yang tinggi dikarenakan budidaya lobster masih jarang sedangkan permintaan akan lobster cukup tinggi, budidaya lobster juga tidak bisa dibilang mudah. Pilihan budidaya lobster air tawar bisa Anda jadikan pilihan bisnis untuk memasuki dunia wirausaha. Menariknya, lobster air tawar bisa dibudidayakan di lahan yang sempit sehingga cocok sebagai bisnis rumahan.

  7. Budidaya Tokek

    Sekilas tokek tidak jauh berbeda dan hampir mirip dengan cicak, kadal, dan bunglon. Saat ini reptil ini telah banyak digunakan sebagai hewan peliharaan oleh masyarakat. Hewan ini termasuk reptil unik yang memiliki warna dan bintik berbeda pada tubuhnya.

    Kita sering melihat hewan ini hidup di pepohonan dan tembok rumah. Saat ini, usaha budidaya tokek yang menjanjikan adalah tokek Leopard Gecko karena banyak orang yang suka memeliharanya membuat permintaan untuk jenis ini semakin meningkat.

  8. Budidaya Keong Mas

    Ide Bisnis Budidaya Unik yang Dapat Dicoba

    Image by Ulrike Leone from Pixabay

    Budidaya keong mas yang sukses sudah berhasil dibuktikan oleh beberapa orang yang telah berkecimpung di industri ini sejak lama. Keong mas atau keong sawah yang sering dianggap sebagai hama perusak tanaman ternyata saat ini banyak diminati.

    Karena rasanya yang enak saat dijadikan bahan pengolahan makanan, banyak rumah makan yang menggunakan keong mas sebagai menu utamanya. Karena tingginya permintaan, usaha budidaya keong mas jenis ini sangat menjanjikan. Apalagi bagi yang tinggal di pedesaan, tidak sulit mengembangkan bisnis budidaya unik ini.

Baca Juga  5 Bisnis yang Menjanjikan Sukses Untuk Anak Muda