Mengenal 10 Daftar Saham Blue Chip Terbaik Di Indonesia

Apakah kamu suka berinvestasi? Ya, ada banyak sekali pilihan investasi yang dikenal oleh masyarakat. Semua investasi tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin. Dengan begitu masa depanmu akan lebih sejahtera, karena kebutuhan finansial akan terpenuhi.

Bagi kamu calon investor saham pemula, mungkin saham blue chip bisa menjadi pilihan. Ada banyak daftar saham blue chip terbaik di Indonesia. Nah, apa itu saham blue chip? Dari pada kamu makin penasaran, langsung saja kita simak ya infonya bersama-sama di bawah ini!

10 Daftar saham blue chip terbaik di Indonesia

Perlu kamu ketahui jika di Bursa Efek Indonesia (BEI) ada lebih dari ratusan saham yang terdaftar, salah satunya adalah saham blue chip. Saham blue chip merupakan saham-saham papan atas atau sering disebut juga sebagai saham unggulan dalam pasar modal. Berikut ada beberapa saham blue chip yang direkomendasikan untuk para investor, antara lain yaitu:

  1. Bank Central Asia (BBCA)

    Pasti anda tak asing lagi dengan bank swasta yang satu ini. BCA merupakan bank swasta terbesar di Indonesia, dan sekaligus mengantongi status sebagai bank terbaik di Indonesia. Maka tak heran jika jumlah nasabahnya mencapai angka jutaan orang. Selain itu jaringan ATM yang tersedia juga paling luas.

    Di area BEI, saham BBCA mempunyai volume 11. 378. 000 lembar saham. Bahkan pada tahun 2020, BCA memberikan total dividen Rp 555 per saham. Itu bukan nominal yang kecil kan? Dengan status fundamental yang kuat, BBCA merupakan salah satu saham blue chip yang menjadi incaran para investor. Apakah kamu tertarik juga?

  2. Bank Rakyat Indonesia (BBRI)

    Selain BCA, ternyata BRI juga banyak diincar oleh para investor. Karena BRI menjadi bank dengan keuntungan terbesar di Indonesia. Tak hanya itu BRI juga mempunyai kemampuan yang hebat dalam produk kredit mikro dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) dan hal itu tak dapat disaingi oleh bank lain.

    Pada Maret 2020 saham BRI di lantai BEI mencapai Rp 372, 25 triliun. Dan pada tahun 2019 BRI berhasil mendapatkan profit sebesar RP 34, 41 triliun.

  3. PT. Astra International Tbk (ASII)

    Dari segi manufaktur Astra merupakan salah satu saham blue chip terbaik pada tahun 2020. Saat ini Astra berhasil menjelma menjadi perusahaan multinasional yang telah mempunyai kurang lebih 58 cabang yang tersebar di seluruh tanah air.

    Bahkan perusahaan yang terkenal dengan produk sepeda motor merk Honda ini, pada tahun 2019 berhasil membagikan keuntungan bersih sebesar Rp 21, 7 triliun kepada para investor.

  4. Jasa Marga Persero Tbk (JSMR)

    Jasa Marga merupakan salah satu BUMN atau Badan Usaha Milik Negara yang banyak diminati oleh para investor. Jasa Marga merupakan market leader pengelolaan jalan tol yang lebih dari 530 km atau sekitar 75,5% di seluruh Indonesia.

    Berdasarkan laba bersih pada tahun 2017, maka di tahun 2018 silam JSMR berhasil membagikan laba bersih sebesar Rp 441 miliar.

  5. PT. Unilever Indonesia Tbk (UNVR)

    Siapa tak kenal dengan pepsodent, rexona, molto, royco atau es krim walls? Ya, hampir semua produk kebutuhan sehari-hari kita merupakan keluaran dari PT Unilever.

    Pada lantai Bursa Efek hingga saat ini Unilever mempunyai total 795. 600 lembar saham. Jika perusahaan yang mempunyai ribuan distributor yang tersebar di berbagai penjuru tanah air ini, pada tahun 2019 Unilever telah membagikan profit sebesar Rp 5,8 triliun.

  6. PT Telekomunikasi Indonesia (TLKM)

    Sebagai perusahaan informasi dan komunikasi sekaligus penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi terbesar di tanah air. Sebagian saham perusahaan ini milik BUMN dan sisanya dimiliki oleh publik.

    Performa perusahaan ini sangat solid, karena tercatat sebagai pemegang saham mayoritas terhadap 13 anak perusahaan yang salah satunya adalah Telkomsel. Pada Juni 2019 kemarin, Telkom berhasil membagikan laba lebih dari Rp 16,15 triliun bagi semua pemilik saham.

  7. PT Bukit Asam Persero Tbk (PTBA)

    Indonesia merupakan negara yang kaya akan barang tambang. Tak heran jika sektor ini memiliki pengaruh yang sangat besar untuk roda perekonomian kita.

    PTBA merupakan perusahaan BUMN yang berpusat di Tanjung Enim, Sumatera Selatan yang telah mempunyai 46 anak perusahaan. Dan pada bulan Mei 2019 lalu, perusahaan ini telah membagikan saham dividen mencapai Rp 3,8 triliun.

  8. PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI)

    Dalam sektor perkebunan AALI merupakan salah satu saham blue chip yang patut diperhitungkan. Karena perusahaan yang juga disebut sebagai leader market ini, pada Mei 2019 silam telah membagikan profit kepada para pemilik saham mencapai angka lebih dari Rp 645 miliar.

    Indonesia merupakan negara penghasil minyak kelapa sawit (CPO) terbesar di dunia. Bahkan pada tahun 2015 jumlah produksinya berhasil menyentuh angka 31 ton.

  9. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF)

    Kamu penggemar Indomie? Ya, siapa tak kenal dengan merk mie instan yang satu ini. Tak hanya di dalam negeri saja, namun produk ini juga diminati di luar negeri. Beragam produk Indofood telah banyak diekspor ke Asia bahkan hingga Eropa.

    Perusahaan yang didirikan oleh Sudoro Salim sekaligus sebagai pendiri BCA ini, pada tahun 2019 telah menggelontorkan laba sebesar Rp 1,4 triliun kepada semua investornya.

  10. PT Perusahaan Gas Negara Persero Tbk (PGAS)

    Jika mengintip dari sektor energi, perusahaan gas milik negara ini sahamnya juga sering bertengger di lantai Bursa Efek. PGAS cukup menarik perhatian para investor karena mempunyai prospek yang sangat potensial.

    Pada Mei 2019 yang lalu, anak perusahaan Pertamina ini berhasil membagikan keuntungan kepada para pemilik saham sebesar Rp 1, 25 triliun.

Setelah kamu tahu 10 daftar saham blue chip terbaik di Indonesia. Lantas bagaimana cara mengetahui ciri-ciri saham blue chip? Oke, kita simak pembahasannya di bawah ini ya!

Ciri perusahaan yang masuk kategori saham blue chip yaitu:

  • Merupakan leader di sektor industrialnya.
  • Mempunyai angka kapitalisasi yang tinggi.
  • Perusahaan mempunyai kinerja yang solid.
  • Memiliki dividen yang tetap.
  • Saham blue chip sudah lama ada di Bursa Efek.

Kenapa investasi saham blue chip sangat cocok bagi para investor pemula?

Perlu kamu ketahui jika setiap investasi saham memiliki berbagai resiko. Namun, pada umumnya saham blue chip mampu memberikan tingkat resiko lebih terkendali dengan return yang baik pula. Perusahaan yang masuk dalam kategori saham blue chip juga harus mempunyai etos kerja serta fundamental yang bagus. Apalagi dikerjakan dan dikelola oleh orang-orang yang profesional di bidangnya.

Jadi sudah bisa dipastikan jika perusahaan besar yang tergolong dalam blue chip, mempunyai profit yang tidak sedikit, serta dengan rutin dibagikan kepada para pemegang sahamnya.

Gimana, sungguh fantastis bukan keuntungan yang dikantongi berbagai perusahaan yang masuk daftar saham blue chip? Ayo jangan tunda lagi, segera tentukan saham investasimu saat ini juga ya!

Bagikan: