4 Daftar Barang yang Laku Dijual di Sekolah

4 Daftar Barang yang Laku Dijual di Sekolah

Jika diperhatikan, orang-orang yang berjualan di sekolah sepertinya sangat senang entah itu warung ataupun toko yang selalu ramai pada hari libur atau sepulang sekolah. Namun bukan berarti hal tersebut mudah dijalankan, karena sebelum memulai harus memahami barang yang laku dijual di sekolah terlebih dahulu supaya tetap laris dan dapat menarik perhatian para siswa.

Sebagai penjual haruslah memahami setiap kebutuhan konsumen karena penjualan kita cenderung lebih cepat laris. Oleh karena itu anda dapat mengunjungi sekolah dan mengamati dagangan apa yang laku dijual dan selalu ramai oleh siswa sebagai persiapan sebelum berjualan.

Anda bisa melakukan survey dengan mengunjungi sekolah, memperhatikan minat para siswa dan mengamati apa saja yang dijual dan selalu ramai dan kemudian mendapatkan apa yang paling dicari. Cobalah melakukan wawancara atau survey. Cari tahu apa yang paling diminati. Namun umumnya beberapa barang yang sangat laris di sekolah yaitu;

Daftar Barang yang Laku Dijual Di Sekolah

  1. Jajanan

    Yang pertama adalah makanan atau minuman. Pasalnya anak sekolahan mulai dari SD atau SMA seringkali menghabiskan uang mereka untuk membeli makanan atau minuman. Jadi yang harus diperhatikan sekarang adalah makanan atau minuman apa yang paling diminati?

    Tentu saja pertimbangan ini juga harus dilakukan dengan memperhatikan para pesaing. Misalnya di sekolah sudah ada yang menjual telur gulung, anda tentu harus mencari ide lain daripada menjual makanan yang sama agar bisa lebih mudah bersaing.

    Menjual makanan terutama jajanan ringan biasanya tidak membutuhkan modal yang tinggi karena bahan yang mudah didapatkan dengan harga murah. mengingat anda juga tidak boleh menjual jajanan dengan harga yang terlalu mahal dan harus disesuaikan dengan budget anak sekolahan.

    Ide jajanan sekolah meliputi cilor (aci telor), leker, cilung (aci gulung),  burger mie, fried chicken seribuan, bakso telor, sosis dan nuget, gulali, telor kol, telor gulung, minuman dingin, kentang goreng, bakso bakar, es krim,mi lidi kering, siomay batagor, cilok dan cimol, es lilin, dan masih banyak lagi jajanan yang bisa dijual.

    Apabila Anda memiliki uang yang terbatas, tidak perlu membuka restoran atau tempat khusus untuk menjual jajanan ini, tetapi Anda bisa menjual jajanan tersebut selama Anda menggunakan gerobak khusus sepeda atau sepeda motor. Biasanya, setelah sekolah anak-anak sekolah dasar mulai makan jajan untuk mengisi perut, karena kesibukan sekolah, mereka mulai merasa lapar.

    Jika anda ingin membuka usaha makanan atau minuman dengan target anak SMP atau SMA, anda bisa membuka cafe atau warung makan dengan ide jualan seperti menjual bento, mie ayam, nasi ayam, spaghetti, dan ide makanan lainnya yang bisa dikonsumsi saat istirahat makan siang para siswa. Namun tentu ini membutuhkan modal yang lebih banyak daripada hanya berjualan jajanan karena membutuhkan sewa tempat.

  2. Pulsa dan Kuota

    Karena teknologi yang sudah semakin canggih, pembelajaran sangatlah terbantu dengan adanya teknologi salah satunya yaitu smartphone. Maka dari itu pulsa & kuota termasuk barang yang laku dijual di sekolah meskipun bukan barang secara fisik. Siswa bisa membeli pulsa dan kuota untuk kebutuhan mereka.

    Tentu saja anda bisa menjalankan bisnis ini bersamaan dengan bisnis lainnya seperti berjualan makanan sambil berjualan pulsa, membuka warung makan sekaligus berjualan pulsa & kuota, dan bisnis lainnya. Jadi bisnis ini bisa dijadikan sebagai bisnis sambilan sebagai tambahan.

  3. Mainan Anak

    Mainan anak juga dapat dipertimbangkan untuk dijual di sekolah khususnya sekolah dasar dan taman kanak-kanak. mereka lebih tertarik dengan mainan dibandingkan untuk makan. Seiring berjalannya waktu, bisnis mainan anak-anak akan terus berkembang, namun meskipun permainan ini merupakan permainan kuno, masih ada beberapa mainan anak yang masih menjadi tren.

    Kadang-kadang, meskipun bersifat musiman, itu bisa menjadi pilihan yang baik, selama mainan itu tidak berdampak negatif pada anak. Perlu diingat bahwa Anda wajib terlebih dahulu mengetahui mainan yang disukai dan tentunya menyesuaikan sesuai dengan budget anak sekolah. Jangan sampai menjual mainan yang terlalu mahal karena anak-anak tidak sanggup untuk membelinya.

    Jenis mainan yang dijual di tiap sekolah biasanya tidak berbeda jauh seperti kelereng, mainan kartu, gambar, dan mainan murah lainnya. Mainan anak yang beragam dapat dijadikan sebagai pilihan. Anda juga bisa datang langsung ke sekolah untuk melihat mainan yang paling banyak dijual.

  4. Peralatan Tulis

    Alat tulis adalah salah satu kebutuhan dalam menunjang aktivitas belajar. Bukan hanya siswa di sekolah namun guru juga membutuhkannya. Ini bisa menjadi ide barang yang laku dijual di sekolah bagi anda yang ingin menjalankan bisnis di sekolah. Mengenai masalah ketersediaan dana, utamakan peralatan tulis yang memang sangat penting dan juga pasti laris seperti pensil, pulpen, buku, dan penghapus.

    Jika sudah melihat hasilnya dan modal sudah perlahan-lahan kembali, Anda dapat menambahkannya bersama dengan peralatan tulis yang lain, dan tidak ada salahnya memadukannya dengan berjualan keperluan sekolah misalnya kaos kaki, karton, kotak pensil, dan lainnya yang lebih lengkap.

    Karena kebutuhan anak disekolah tidak sedikit jadi tidak disarankan untuk menjualnya secara kaki lima, kecuali memang ada event – event tertentu seperti penerimaan siswa baru, ujian nasional atau lainnya yang berhubungan dengan kebutuhan yang mendesak dengan barang-barang tersebut.

Baca Juga  Usaha Toko Bangunan, 5 Keuntungan dan Tips Agar Tetap Profit
Baca Juga  Tips Sukses Menjalankan Usaha Telur Asin Untung Besar

Itulah barang yang laku dijual di sekolah. Pilihlah ide bisnis yang sesuai dengan modal yang tersedia dan juga permintaan di sekolah tersebut. Pertimbangkan secara matang sebelum mulai menjalankan bisnis di sekolah.