7 Contoh Industri Kreatif Berdasarkan Kategorinya

7 Contoh Industri Kreatif Berdasarkan Kategorinya

Salah satu jenis industri yang bisa dibilang cukup populer bagi para pebisnis maupun oleh masyarakat Indonesia yaitu industri kreatif apalagi sudah sering dibahas di forum-forum yang membahas tentang ekonomi yang memadukan informasi dan kreativitas dalam pembuatan produk. Banyak contoh industri kreatif yang dapat dicoba bahkan sudah dijalankan oleh sebagian orang yang tertarik di bidang ini.

Industri kreatif dikatakan mampu memberikan peluang usaha yang menjanjikan karena dapat dijalankan mulai dari industri berskala kecil hingga besar. Industri kreatif memiliki keunikannya tersendiri di mana proses perkembangannya didukung oleh banyak hal seperti kearifan lokal, kelestarian lingkungan, iptek, dan juga masyarakat agar pasar bisa berkembang lebih luas bahkan bisa juga mengekspor hingga ke luar negeri.

Apa Itu Industri Kreatif?

Contoh Industri Kreatif Berdasarkan Kategorinya

Image by endri yana yana from Pixabay

Industri kreatif adalah jenis industri yang mengedepankan aspek kreatifitas yang memiliki potensi untuk menghasilkan desain produk dengan nilai kreatif yang tinggi. Jadi kesimpulan yang dapat diambil yaitu industri kreatif memiliki proses yang bertumpu pada kreativititas individu berupa subjek dan juga pada informasi serta modal utama untuk mewujudkan aktivitas ekonomi.

Industri kreatif memiliki peranan penting dalam meningkatkan perkembangan ekonomi Indonesia dan juga secara global. Diprediksi bahwa ekonomi dunia sekarang dan di masa depan nantinya akan bergantung pada industri kreatif.

Sektor industri kreatif yang tumbuh secara pesat diakibatkan karena pertumbuhan masyarakat global yang bergantung pada teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari. Pertumbuhan ini meliputi berbagai kategori. Sebagai permulaan yang terlihat, bidang industri kreatif dalam perekonomian nasional telah terlihat mengalami peningkatan selama kurun waktu 3 tahun terakhir.

Beberapa Macam Contoh Industri Kreatif

  1. Arsitektur

    Arsitektur merupakan suatu aktivitas industri yang berhubungan dengan desain arsitektur secara keseluruhan. Biasanya arsitektur akan melakukan perancangan arsitektural, seperti tata kota dan pembangunan taman. Arsitektur juga merencanakan dana konstruksi, desain dan mengawasi konstruksi sesuai dengan desain yang telah ada. Arsitektur juga menyediakan jasa konsultasi sesuai dengan permintaan.

    Contoh industri kreatif ini bisa dilihat dari terwujudnya gedung-gedung khas dan mewah setiap negara,seperti gedung tertinggi di dunia Burj Khalifa dan Sydney Opera House yang termasuk sebagai industri kreatif arsitektur. Kini juga sudah banyak rumah yang menggunakan jasa arsitektur.

  2. Periklanan

    Industri kreatif di bidang periklanan yang menawarkan layanan jasa pembuatan iklan. Kegiatan industri periklanan meliputi memproduksi, penciptaan dan pendistribusian iklan yang dibuat. Bukan hanya itu saja tapi juga berupa kegiatan riset pasar, pembuatan materi iklan, iklan outdoor, pengaplikasian poster dan gambar, rencana komunikasi, promosi iklan, serta pembagian brosur, leaflet dan pamflet.

    Industri kreatif dapat juga berupa iklan yang dipasang di majalah, koran, radio dan TV. Contohnya pembuatan iklan marketplace yang menggunakan artis terkenal sebagai bentuk promosi serta pengemasan rencana promosi yang menarik serta kreatif. Bukan hanya dapat menarik minat calon konsumen namun juga untuk menghibur pelanggan dengan iklan yang ditawarkan yang ditayangkan di media sosial, TV, dan media cetak.

  3. Pasar Seni dan Barang Antik

    Industri pasar seni dan barang antik umumnya memiliki nilai yang tinggi berhubungan dengan transaksi perdagangan yang langka dan juga unik. Aktivitas perdagangan hasil seni dan barang antik dilakukan secara online atau internet, membuka toko, membuka galeri, pelelangan, atau supermarket. Contoh barang seni ini bisa dilihat di pasar yang menjual barang antik yaitu pasar Triwindu Solo dengan harga yang bernilai tinggi.

  4. Kerajinan

    Kerajinan tangan berhubungan dengan seluruh proses pembuatan sesuatu dengan tangan mulai dari persiapan bahan hingga menjadi seni yang indah. Kerajinan tangan ada yang bernilai tinggi dan juga dijual dengan harga wajar. Kerajinan tangan bernilai tinggi umumnya meliputi kaca, kain, serat alam dan buatan, marmer, kulit, porselen, kayu, tanah liat, rotan, bambu, logam, dan kapur.

    Akan tetapi, kerajinan tangan tersebut biasanya tidak diproduksi dengan jumlah banyak melainkan diproduksi sesuai pesanan atau hanya 1 saja kemudian dijual dengan harga yang sangat tinggi karena terbatas. Contoh industri kreatif kerajinan tangan meliputi patung, topi jerami, perkakas rumah tangga, ukiran kaligrafi, vas, meja dan kursi, tas daun pandan dan eceng gondok.

  5. Desain

    Desain merupakan industri kreatif yang berhubungan dengan proses kreasi antara lain grafik, produk, interior, industri, dan proses penyediaan jasa konsultasi untuk desain. Desain yang menarik dan unik biasanya lebih diminati misalnya desain boneka kayu khas masing-masing daerah seperti tokoh wayang.

  6. Fashion

    Fashion berhubungan dengan proses desain namun tentu saja ini bukan hanya berhubungan dengan desain namun juga proses pembuatan mulai dari bahan baku hingga bahan jadi siap pakai dan didistribusikan. Ada juga yang menyediakan layanan konsultasi fashion.

    Dunia fashion saat ini sudah berkembang di seluruh penjuru dunia melalui desain fashion yang beragam. Milan di Italia dan Paris di Prancis termasuk kota penggerak industri fashion terbesar di dunia. Indonesia bahkan kini sudah menerbitkan karya fashion muslim yang menawan.

  7. Video, Film dan Fotografi

    Sektor ini berhubungan fotografi dengan jasa pembuatan film dan video. Selain jasa pembuatan juga menyediakan jasa perekaman dan pendistribusian film dan video baik itu fotografi film, dubbing film, scripting, dan pameran film.

    Contoh industri kreatif pada sektor fotografi bisa ditemukan dengan mudah setiap harinya karena memang sudah berkembang. Anda bisa melihat berbagai film-film nasional maupun internasional yang ditayangkan di layar kaca bioskop maupun di televisi. Film internasional juga ada yang ditayangkan di channel TV Indonesia dengan menggunakan dubbing.

Baca Juga  Modal Membuka Toko Pertanian Di Tahun 2021