Saham Blue Chip Adalah : Ini 10 Rekomendasi Saham Blue Chip

Bagi Anda yang tengah mencari channel bagus dan aman untuk menanam saham, mungkin sedikit mengalami kebingungan. Atau mungkin Anda pernah mendengar nama Blue Chip yang merupakan sebutan untuk saham kelas atas. Tak heran jika saham Blue Chip adalah saham terbaik yang cocok dipilih. Sebagai saham yang direkomendasikan tentu saja saham ini punya kelebihan yang membuat para investor tertarik untuk tanam modal. Apa saja ya? Apakah karena popularitasnya, ataukah lainnya? Simak berikut!

Pengertian Saham Blue Chip

Sebelum membahas lebih lanjut, bagi Anda yang belum mengerti apa itu saham Blue Chip tentunya ingin tahu bukan? Adalah sebuah saham perusahaan ternama, sehat dan mapan secara finansial. Secara konsisten dapat memberikan laporan keuangan maupun laba di masa ekonomi yang bagus maupun sebaliknya. Di Indonesia sendiri, saham satu ini tengah diminati oleh berbagai kalangan karena berbagai alasan baik.

Alasan Kenapa Saham Blue Chip Adalah Pilihan Terbaik

Untuk Anda yang tengah bingung mencari tempat menanam saham yang aman dan sehat, Blue Chip memang dapat diprioritaskan. Berikut adalah beberapa alasan kenapa saham satu ini layak untuk dipertimbangkan:

  1. Mempunyai kapitalisasi pasar besar sekaligus termasuk pimpinan di sektor industri masing-masing.
  2. Cenderung aman dan menyediakan pengembalian yang bagus di masa depan.
  3. Mudah diperjualbelikan dengan jumlah peminat yang banyak.
  4. Memiliki pendapatan yang relatif stabil meski kondisi ekonomi tak menentu.

Dan masih banyak lagi alasan bagus untuk memilih lahan saham Blue Chip. Hingga membuat sektor tersebut terus saja diminati. Bagaimanakah dengan Anda?

Karakteristik Yang Dimiliki Oleh Saham Blue Chip

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai saham Blue Chip dengan yang lainnya, Anda bisa memperhatikan beberapa karakteristik berikut ini:

  • Perusahaan lama dengan leader dan sektor yang telah terakui
    Salah satu ciri yang paling menonjol adalah perusahaan yang telah lama berdiri. Kemudian sudah mendapat pengakuan dari berbagai pihak akan keberadaan perusahaan tersebut.
  • Kapitalisasi pasar besar
    Perusahaan yang bagus dan bereputasi sudah pasti memiliki saham yang likuid dan selalu masuk ke pasar modal.
  • Rasio utang dan asetnya relatif stabil
    Sangat penting untuk diketahui adanya perbandingan nilai utang dan aset dari perusahaan tersebut. Sebab nantinya akan sebanding pula dengan resiko serta profit yang diperoleh.
  • Konsisten dalam membagikan keuntungan
    Jika perusahaan terkait itu dapat membagikan dividen atau laba secara konsisten, sudah pasti itu mempunyai saham Blue Chip.
  • Kinerja yang solid
    Agar tercapai kenaikan profit yang bagus, sudah pasti perusahaan harus bekerja keras dan solid. Ini biasanya dimiliki oleh saham Blue Chip yang terus mengalami kenaikan keuntungan setiap tahunnya.

Daftar Saham Blue Chip Terbaik Di Indonesia

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Sudah tercatat lebih dari 600 saham yang terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia. Berikut ini adalah beberapa daftar saham Blue Chip yang direkomendasikan untuk Anda sekaligus yang banyak diburu oleh para investor, yakni:

  1. Bank Central Asia (BCA)

    BCA merupakan salah satu Bank swasta terbesar dan terbaik di Indonesia yang menawarkan jaringan ATM paling luas. Sehingga dapat menjangkau jutaan nasabah. Perusahaan ini memiliki pengelolaan yang efisien dan terbukti pada ROA atau Return On Asset berada di posisi paling tinggi di antara bank-bank lain sekelasnya. Di samping itu tingkat kredit macet yang minim atau rendah membuat bank ini terbaik dari kompetisinya. Jadi tidak heran jika status fundamental yang kokoh itu, BCA menjadi saham Blue Chip yang banyak dilirik oleh investor.

  2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

    Di posisi kedua ada Bank Rakyat Indonesia atau BRI yang memiliki performa unggul. Sebab bank ini terbilang aktif dalam bursa efek. Selain itu juga sering kali melakukan stock split yang dimaksudkan agar bisa dijangkau oleh masyarakat dan dapat mengambil bagian dari saham mereka. Hebatnya lagi BRI telah mencatat laju pertumbuhan kredit yang stabil di atas industri. Hal ini tak terlepas dari pangsa pasar UMKM.

  3. Unilever Indonesia

    Siapa yang tidak kenal korporasi consumer goods terbesar sekaligus terbaik di Indonesia dari Unilever? Banyak produknya yang telah dikenal oleh masyarakat dan terus menjadikan pendapatan Unilever mengalami peningkatan. Karena itulah saham Blue Chip satu ini bisa dikatakan hampir tidak memiliki hutang ke Bank.

  4. Telekomunikasi Indonesia

    Perusahaan besar BUMN yang aktif bergerak di bidang jasa telekomunikasi ini terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Hingga menjadikannya mendapatkan keuntungan bersih secara konsisten dari tahun ke tahun, sekalipun kondisi ekonomi sedang tidak menentu. Pastinya bisa menjadi rekomendasi kan?

  5. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

    Merupakan perusahaan dari produsen mie instan yang sangat populer di masyarakat. Selain itu, saham Blue Chip makanan sangat aman dan tumbuh secara konsisten dari tahun ke tahun. Sehingga menjadikan saham ini menjadi incaran para investor.

  6. Bank Mandiri

    Salah satu bank terbesar di Indonesia yang memiliki kinerja stabil dengan menjaga keseimbangan antara kredit dengan laba bersih. Bank Mandiri menjadi salah satu saham Blue Chip terbaik yang mampu mempertahankan performa mereka.

  7. Perusahaan Gas Negara

    Merupakan perusahaan nasional Indonesia yang aktif dan bergerak dalam bidang transportasi serta distribusi gas bumi. Sempat turun tapi sekarang laju perkembangan dari Perusahaan Gas Negara atau PGN ini memiliki performa yang bagus dan naik lagi.

  8. PT Astra Internasional Tbk

    Perusahaan ini mempunyai 6 titik bisnis yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat, teknologi informasi, infrastruktur dan logistik. Di tambah dengan anak perusahaan, perusahaan ini mampu menambah laba bersih.

  9. Bank Negara Indonesia atau BNI

    Salah satu perbankan milik BUMN ini tercatat menjadi saham yang paling sering diincar oleh investor asing dan juga lokal. Tentunya Bank BNI patut dijadikan rekomendasi saham Blue Chip terbaik, kan?

  10. United Tractors Tbk

    Selanjutnya ada perusahaan yang berkecimpung dalam pendistribusian alat-alat berat ternama di Indonesia. Adalah PT United Tractors Tbk yang memiliki 183 titik layanan di seluruh Indonesia. Saham Blue Chip satu ini pernah menurun tapi sekarang tengah mengalami kenaikan.

Demikianlah 10 saham Blue Chip terbaik di Indonesia yang bisa Anda pilih. Selain itu tentunya masih banyak lagi saham ternama yang dapat dipertimbangkan untuk menanam modal.

Seperti yang kita ketahui bahwa saham Blue Chip memiliki tingkat keuntungan yang besar. Tentu saja ini sangat sebanding dengan nilai yang akan ditanam dan tentunya dalam jumlah yang tidak sedikit. Ini artinya perlu modal besar pula untuk bisa menanam saham di perusahaan ternama tersebut. Oleh karena itu, persiapan dana matang-matang harus diperhatikan.

Dapat disimpulkan bahwa saham Blue Chip adalah pilihan terbaik untuk menanam modal. Hal tersebut juga sebanding lurus dengan besarnya nominal modal yang akan ditanamkan. Jadi jenis saham ini lebih banyak diikuti oleh pemain besar.

Exit mobile version