Pengertian Dan Daftar Reksadana Syariah Terbaik 2020

Reksadana syariah merupakan jalur investasi secara syariah dan cukup menguntungkan. Reksa dana ini karena sudah dinilai oleh pihak terkait bahwa setiap proses investasinya sesuai ketentuan syariah. Salah satu keunggulan dari reksadana syariah terbaik adalah Investasi tersebut bisa diikuti secara online dan bahkan dengan modal 100 ribu rupiah pun. Menarik sekali ya! Calon investor pemula pun jadi menemukan kemudahan dalam berinvestasi tentunya.

Pengertian Reksadana Syariah

Secara lebih detail pengertian reksadana syariah merupakan jenis reksadana yang memberlakukan prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaan reksadana. Pada investasi ini, efek yang dijadikan sebagai portofolio ialah efek yang tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip pasar syariah di pasar modal yakni sukuk, saham syariah dan efek syariah yang lain.

Tidak sama dengan reksadana konvensional dimana reksadana syariah punya proses yang disebut pembersihan kekayaan reksadana syariah dari unsur non halal. Merupakan reksadana syariah yang mempunyai kemungkinan dari tidak lagi memenuhi kriteria syariah. Oleh sebab itu dilakukan adanya proses tersebut yang dikerjakan langsung oleh pihak Manajer Investasi atau MI.

Adapun maksud dari pembersihan kekayaan reksadana syariah dari unsur non halal ialah penyesuaian reksadana syariah saham sewaktu daftar Efek Syariah terbaru sudah berlaku efektif. Apabila dalam portofolio reksadana syariah itu ada saham yang tidak termasuk di Daftar Efek Syariah, maka saham bersangkutan harus dikeluarkan dari portofolio Reksadana Syariah Saham.

Jenis-Jenis Reksadana Syariah Terbaik

Dalam pilihannya, reksadana syariah memiliki beberapa jenis yang antara lain adalah:

  • Reksadana Syariah Pasar Uang
  • Reksadana Syariah Pendapatan Tetap
  • Reksadana Saham Syariah
  • Reksadana Syariah Campuran
  • Reksadana Syariah Terproteksi
  • Reksadana Syariah Indeks
  • Reksadana Syariah berbentuk KIK Penyertaan Terbatas
  • Reksadana Syariah yang Berbasis Efek Syariah Luar Negeri
  • Reksadana Syariah Berbasis Sukuk
  • Reksadana Syariah yang berupa Kontrak Investasi Kolektif (KIK) yang mana unit penyertaannya tersebut diperdagangkan melalui bursa efek (Exchange TradedFund/ ETF)

Saat ini sudah banyak aplikasi investasi syariah untuk reksadana yang dapat dipilih oleh siapa saja. Hanya saja, tidak menutup kemungkinan adanya investasi bodong. Tentunya hal tersebut sangat tidak diinginkan, bukan? Karena itu harus sangat hati-hati dalam berinvestasi baik itu investasi syariah maupun yang konvensional.

Cara Menghindari Investasi Bodong Untuk Mendapatkan Reksadana Syariah Terbaik

Berikut ini adalah langkah-langkah mudah untuk menghindari investasi bodong, yakni:

  1. Cek selalu di situs OJK atau Otoritas Jasa Keuangan guna memastikan investasi syariah tersebut sudah diawasi oleh pihak OJK secara resmi. Jika nama tersebut tidak Anda temukan, sebaiknya pikir lagi.
  2. Cari tahu informasi mengenai tawaran yang ada. Manfaatkan media internet atau coba untuk bertanya pada rekan. Apabila ada kasus, biasanya akan ada jejak digitalnya.
  3. Evaluasi dengan teliti setiap kali mendapati penawaran investasi. Terutama ketika mendapatkan keuntungan kembali dalam jumlah yang fantastis.

Sangat penting untuk berhati-hati ketika akan berinvestasi reksadana, baik itu dalam waktu dekat maupun nanti. Jangan sampai kecewa di akhir hanya karena terburu-buru mengejar profit tinggi hasil dari investasi. Karena kalau itu bodong, uang yang telah Anda keluarkan sama saja hilang, bukan?

Daftar Reksadana Syariah

Berikut ini ada beberapa daftar reksadana syariah yang dapat dijadikan pertimbangan untuk Anda yang tengah mencari investasi syariah terpercaya:

1. Reksadana Syariah Mandiri

Merupakan reksadana syariah yang memberikan tingkat likuiditas tinggi guna memenuhi keperluan dana tunai pada waktu yang singkat serta memberikan tingkat pendapatan investasi menarik lewat investasi pada instrumen yang sesuai dengan Prinsip Syariah di Pasar Modal. Cakupan dari reksadana syariah Mandiri antara lain:

  • Minimum pembelian 100 ribu rupiah
  • Jenis reksadana Pasar Uang
  • Kebijakan investasi pasar uang 100%
  • Denominasi Indonesia Rupiah
  • Minimum penjualan kembali 10 ribu rupiah
  • Periode investasi jangka pendek
  • Toleransi resiko rendah.
2. Reksadana Syariah BNI

Reksadana Syariah BNI atau yang dikenal dengan nama BNI-AM Saham Syariah Musahamah ini mempunyai tujuan guna mendapatkan pertambahan nilai investasi yang optimal dengan melakukan investasi di dalam Efek Syariah yang bersifat ekuitas, deposito syariah, instrumen pasar uang syariah, dan efek syariah lainnya, sesuai prinsip syariah yang ada dalam pasar modal dan juga peraturan UU di Indonesia. Untuk kategori yang termasuk dalam cakupan investasi reksadana Syariah BNI antara lain:

  • Potensi Imbal Hasil Tinggi
  • Tingkat Risiko Tinggi
  • Periode Investasi Jangka Panjang
  • Jenis Reksadana Saham
  • Minimum Pembelian Rp. 100.000,-
  • Denominasi Rupiah (Rp)
  • Komposisi dari portfolio min yakni 80% Efek Syariah. Bersifat ekuitas masuk di dalam daftar efek Syariah
  • Maksimum 20% pada Instrumen Pasar Uang Syariah dan atau deposito syariah dana tau efek syariah yang lain
3. Reksadana CIMB Syariah

Merupakan reksadana saham syariah yang punya tujuan untuk memaksimalkan keuntungan dalam jangka panjang melalui alokasi aset ke dalam saham dan instrumen jangka pendek yang sesuai dengan prinsip syariah. Dimana cakupan pada reksadana CIMB Syariah ini antara lain:

  • Investasi Awal Minimum IDR 100.000
  • Penambahan Investasi Minimum IDR 100.000
  • Penjualan kembali / pencairan Minimum IDR 75.000
  • Jangka Waktu Investasi Disarankan Jangka Panjang.

Dari ketiga reksadana syariah di atas, bisa Anda pilih secara langsung. Tapi, jika Anda menginginkan reksadana syariah lewat online tentu bisa dan tentunya dengan platform khusus. Sebenarnya, jenis investasi reksadana syariah via online lebih banyak diminati oleh pengguna. Kira-kira, apa saja nama platform tersebut?

Daftar Reksadana Syariah Online

Sekarang, sudah ada platform investasi syariah yang mulai banyak ditawarkan. Bahkan semakin bertambah lebih banyak lagi dari sebelumnya. Bagi Anda yang tertarik untuk jalur reksadana syariah online, berikut beberapa rekomendasinya:

  1. Reksadana Syariah Tokopedia

    E-commerce Tokopedia telah bekerja sama dengan Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra yang termasuk reksadana Pasar Uang berbasis Syariah dan menawarkan keuntungan per tahun kurang lebih 6 persen. Untuk berinvestasi di sini, Anda bisa mengawalinya dengan nominal 10 ribu rupiah saja. Menarik sekali, kan?

  2. Reksadana Syariah Bibit

    Bibit merupakan sebuah perusahaan Robo Advisor yang memilih reksadana terbaik sesuai dengan profil resiko Anda. Cukup terima beres, maka portofolio reksadana akan dibuatkan oleh Bibit reksadana. Jika selama ini investor pemula masih mengalami kebingungan untuk pilih yang mana, Anda bisa memilih Bibit reksadana.

  3. Ajaib Reksadana

    Ajaib Adalah platform berbasis aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan investasi syariah. Dimana Ajaib reksadana merupakan Robo Advisory yang memberikan rekomendasi pilihan portofolio reksadana sesuai profil resiko dari calon investor. Bahkan setiap rekomendasi yang dikeluarkan akan membantu Anda dalam menentukan alokasi portofolio terbaik dan sesuai dengan kondisimu saat ini.

Dari ketiga macam reksadana syariah terbaik di atas, manakah yang paling cocok untuk Anda? Mana pun itu pastinya bisa dijadikan sebagai reksadana syariah terbaik bukan? Jalur investasi berbasis syariah yang cocok untuk pemula dan juga lainnya. Dimana sebagai pemula Anda bisa mengawali investasi dengan mudah dan modal yang dikeluarkan juga tidak terlalu besar. Sehingga tidak memberatkan dan dapat disesuaikan dengan kemampuan.

Exit mobile version