8 Cara Melihat Harga Saham Di Idx, Berikut Penjelasannya

Bursa Efek Indonesia atau lebih populer dengan sebutan IDX (Indonesia Stock Exchange) menjadi bagian yang tak dapat dipisahkan dari aktivitas berinvestasi saham di tanah air. IDX menjadi wadah bagi perusahaan untuk menawarkan saham yang mereka punya kepada para calon investor.

Lantas bagaimana cara melihat harga saham di idx? Ya, kamu tak perlu khawatir karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas hal itu lebih lanjut. Oke langsung saja yuk kita simak infonya bersama-sama di bawah ini ya!

Bagaimana cara melihat harga saham di idx?

Sebelum kita membahas cara melihat harga saham melalui idx, kamu perlu tau apa pengertian harga saham itu sendiri. Harga saham ialah harga yang ditetapkan untuk suatu perusahaan yang ditunjukkan kepada pihak lain yang ingin mempunyai hak kepemilikan sebuah saham.

Laporan keuangan ternyata tak hanya menampilkan untung atau rugi semata. Namun, juga kemajuan perusahaan serta utang piutang. Selain itu juga sebagai informasi mengenai harga saham sebuah perusahaan. Kamu bisa melihat harga saham perusahaan melalui situs resmi idx.

Bagaimana caranya? Mari kita simak tutorial di bawah ini untuk bisa melihat harga saham di idx, langkah-langkahnya antara lain:

  1. Langkah pertama silahkan kamu masuk ke situs resmi idx yaitu www.idx.co.id
  2. Selanjutnya klik menu data pasar.
  3. Kemudian klik menu daftar saham, dan cari kode saham dari perusahaan yang ingin kamu cari.
  4. Bila kamu telah mendapat kode saham yang diinginkan, maka silahkan kamu kembali ke menu data pasar.
  5. Langkah berikutnya klik ringkasan performa perusahaan tercatat.
  6. Lalu masukkan kode perusahaan yang telah kamu cari tadi pada menu search by. Sebagai contoh kamu ingin mencari harga saham Bank Central Asia, maka kamu dapat mengetik kode BBCA pada kotak search by. Gimana sampai disini sudah paham?
  7. Nah, setelah itu hasil pencarian tersebut nanti akan muncul pada layar. Maka langkah selanjutnya kamu klik download untuk mendapat data yang lebih lengkap.
  8. Setelah proses mendownload selesai, kamu akan melihat tampilan laporan keuangan singkat dalam bentuk file PDF. Pada lembar kedua biasanya harga saham tercantum. Kamu bisa melihat pergerakan harga saham untuk setiap bulan bahkan tahun yang telah lalu melalui laporan tersebut. Jika kamu ingin berinvestasi, data harga saham ini tentunya sangatlah penting. Maka dari itu perlu kamu perhatikan dengan seksama ya!

Sebagai catatan, jika harga saham yang stabil pada setiap periode menandakan perusahaan tersebut aman untuk dijadikan rekomendasi investasi saham bagi kamu. Perlu kamu ingat, bahwa kamu harus menghindari perusahaan dengan grafik harga saham yang mempunyai banyak kurva tajam di dalamnya. Mengapa demikian? Karena itu menandakan perusahaan tersebut tidak sehat.

Namun, perlu kamu ketahui jika situs Idx tidak menampilkan historis data harga saham harian. Karena situs ini hanya menampilkan data harga saham bulanan serta tahunan saja. Jika kamu ingin melihat data harga saham harian kamu bisa mengakses situs lain seperti yahoo finance.

Apa yang menentukan nilai harga saham?

Kamu tau tidak jika harga saham itu selalu berubah-ubah setiap waktu? Besar kecilnya nilai saham dapat ditentukan oleh permintaan serta penawaran yang terjadi antara para penjual dan pembeli saham. Karena naik turunnya harga saham di pasar modal akan berbanding lurus dengan kinerja sebuah perusahaan. Selain itu harga saham juga dapat ditentukan berdasarkan 2 cara yaitu dengan analisis fundamental dan analisis teknikal.

Faktor-faktor yang menentukan nilai harga saham dalam analisis

Ada beberapa faktor yang menentukan tinggi rendahnya nilai harga saham dalam analisis. Mau tau apa saja faktor-faktornya? Nah, langsung kita simak uraian berikut ini ya, antara lain yaitu:

  • Keuntungan per lembar saham.
  • Rasio keuntungan terhadap harga per lembar saham.
  • Rasio tingkat pemakaian utang.
  • Penilaian market terhadap kinerja perusahaan tersebut.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berinvestasi

Perlu kamu tau bila harga saham pada laporan keuangan bukanlah menjadi tolak ukur satu-satunya bagi kamu yang ingin melakukan investasi. Namun, ada beberapa hal lain yang menjadi bahan pertimbangan. Apa saja itu? Yuk, kita simak penjelasannya di bawah ini ya!

  1. Cek kondisi perusahaan

    Walaupun secara keseluruhan perusahaan yang ada di idx merupakan perusahaan yang telah mempunyai kredibilitas yang bagus, akan tetapi lebih baik kamu mengecek perusahaan itu kembali. Kamu bisa memeriksa kasus hukum yang pernah melilit perusahaan itu, agar mendapatkan deskripsi perusahaan secara lengkap mengenai karakter perusahaan tersebut.

  2. Memeriksa rasio vital

    Ada beberapa rasio vital yang perlu kamu periksa dalam suatu perusahaan, seperti Net Profit Margin (NPM), Return Of Equality (ROE), Return On Assets (ROA) serta rasio penting yang lainnya. Ingat, jika kamu sebaiknya jangan melakukan investasi terlebih dahulu sebelum kamu melakukan pemeriksaan terhadap pergerakan beberapa rasio penting tersebut.

    Rasio-rasio tersebut sangat menentukan berapa jumlah dividen yang akan kamu terima. Selain itu juga dapat menentukan kelangsungan perusahaan untuk beberapa tahun ke depan.

  3. Sesuaikan setoran awal

    Tiap-tiap perusahaan akan menentukan jumlah setoran awal yang berbeda-beda. Semakin tinggi profit yang dibagikan, maka semakin tinggi pula setoran awalnya. Jadi jangan heran ya?

    Sebaiknya kamu sesuaikan besarnya setoran awal minimum yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut dengan kondisi keuangan yang kamu miliki. Jangan sampai kamu memaksakan kehendak, sehingga keuangan kamu menjadi berantakan karena melakukan investasi saham. Wah kamu perlu waspada nih?

  4. Apa saja resikonya

    Semua investasi pasti memiliki resiko, termasuk juga investasi saham. Maka dari itu, sebelum kamu melakukan investasi saham pada sebuah perusahaan sebaiknya kamu mengetahui apa saja resiko yang akan ditanggung.

    Karena sebagian besar para investor hanya melihat besarnya laba yang diperoleh saja. Padahal saat sebuah perusahaan mengalami kerugian, biasanya investor akan melakukan protes kepada perusahaan tersebut. Hal itu salah besar ya, karena biasanya semua resiko juga sudah tertulis dengan jelas dalam perjanjian sebelum kamu melakukan investasi terhadap perusahaan tersebut.

  5. Membandingkan antar perusahaan

    Hal terakhir yang perlu kamu pertimbangkan adalah membandingkan perusahaan yang satu dengan perusahaan lainnya yang masih sejenis. Kamu bisa mencari info mengenai keunggulan dan kelemahan perusahaan tersebut. Lalu sesuaikan dengan kondisi keuangan yang kamu miliki.

    Janganlah hanya berpatokan kepada satu perusahaan saja. Meskipun perusahaan tersebut telah memiliki nama besar sekalipun. Namun, kamu tetap harus melakukan perbandingan dengan perusahaan yang lain. Karena terkadang perusahaan yang tak begitu besar, juga dapat menawarkan profit yang lebih besar pula jika dibandingkan dengan perusahaan yang telah memiliki nama besar.

Itu tadi pembahasan kita mengenai cara melihat harga saham di idx. Sangat mudah bukan? Namun, ingat ya! Jika hal itu bukan menjadi tolak ukur satu-satunya untuk kamu yang ingin melakukan investasi. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa lagi!

Bagikan: