6 Cara Investasi Reksadana Mudah Bagi Pemula

Loading...

Kalau bisa berinvestasi sekarang kenapa harus menunggu masa tua nanti? Lagi pula, investasi tidak harus selalu kalau sudah tua atau punya banyak uang. Karena ada investasi yang bisa dimulai dari kecil atau yang lebih cocok untuk pemula. Namanya adalah reksadana. Lalu apakah investasi reksadana itu? Bagaimana pula cara investasi reksadana?

Pengertian Investasi Reksadana

Reksadana merupakan sebuah wadah yang dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana pihak pemodal kemudian diinvestasikan dalam bentuk portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Untuk bisa berinvestasi, Anda tidak harus selalu mengeluarkan angka jutaan atau lebih. Sebab investasi reksadana dapat dimulai dengan nominal puluhan sampai ratusan ribu rupiah.

Cara Investasi Reksadana Bagi Pemula

Untuk lebih memperjelas gambaran dari jalannya investasi reksadana, berikut adalah langkah-langkah dalam investasi reksadana:

Loading...
  1. Tentukan tujuan awal dari investasi
  2. Setiap orang pasti punya tujuan tersendiri ketika akan berinvestasi. Apakah untuk biaya pendidikan, dana pensiun, dan masih banyak lagi. Kenapa harus menentukan tujuan? Karena dari tujuan itu pula akan mempengaruhi jangka waktu dalam berinvestasi. Jadi, tentukan dulu goal utama terlebih dulu ya!
  3. Cari platform terpercaya yang bisa diandalkan
  4. Sudah mulai banyak platform digital maupun non digital yang menawarkan investasi reksadana. Anda pun semakin mudah menemukan jalur tersebut. Apa pun platform yang dipilih dan pastikan pilihan tersebut betul-betul yang dapat dipercaya.
  5. Kenali dan pilih jenis reksadana yang cocok. Ada empat macam investasi reksadana yang harus dipahami terlebih dulu sebelum memutuskan memilihnya. Keempat jenis reksadana bisa Anda baca selengkapnya di artikel ini.
  6. Tentukan waktu yang tepat dalam berinvestasi, apakah jarak dekat, menengah atau panjang. Sebagai rekomendasi, jika Anda memilih investasi jarak 1-3 tahun lebih cocok dengan reksadana pendapatan tetap. Untuk investasi jangka 3-5 tahun bisa pilih reksadana campuran dan investasi jangka lama lebih dari 5 tahun dapat memilih reksadana saham.

Itulah beberapa langkah dalam mengawali investasi reksadana yang dapat ditempuh tanpa harus mengeluarkan modal besar. Cocok sekali untuk Anda yang ingin mendalami dunia investasi.

Alasan Kenapa Reksadana Bagus Untuk Pemula

Lalu, bagaimana bisa investasi reksadana cocok dan bagus bagi pemula? Sedikitnya berikut adalah beberapa alasannya:

  1. Karena pergerakan uang dalam investasi reksadana sangat transparan sehingga dapat dipantau setiap saat.
  2. Proses reksadana sangat praktis dan cocok untuk pemula yang tidak ingin ribet.
  3. Banyak pilihan dan dapat dipilih dalam jangka pendek, menengah maupun panjang.

Jadi bagaimana? Apakah Anda berniat untuk investasi reksadana dalam waktu dekat? Manakah jenis reksadana yang akan Anda pilih?

Cara Memaksimalkan Investasi Reksadana

Berbeda dengan menabung, investasi lebih mengarah ke pengelolaan uang yang bukan hanya disimpan tapi diputarkan. Di samping itu, dana yang diinvestasikan tidak hanya disetorkan saja tapi juga harus dimaksimalkan. Berikut adalah cara dalam memaksimalkan investasi reksadana:

  1. Kenali terlebih dulu jenis reksadana yang ada. Seperti yang telah disebutkan, pilihlah yang paling cocok untuk Anda.
  2. Prioritaskan investasi berdasarkan kebutuhan bukan hanya dari segi imbalannya saja.
  3. Cari dan pilih platform terbaik untuk membeli reksadana. Jangan hanya tergiur oleh upah yang dihasilkan, tapi dari segi keamanan yang betul-betul bisa dipercaya.
  4. Ketahui strategi dalam bermain investasi.

Tertarik mengikuti investasi memerlukan langkah-langkah yang tepat. Seperti dalam strategi di atas guna mendapatkan hasil maksimal. Tidak hanya itu, ketika berinvestasi harus bersabar karena prosesnya tidak instan. Di sarankan untuk bersabar 1-2 tahun sebelum memutuskan untuk menarik dana yang telah disetorkan. Sekalipun pilihan reksadana yang diambil memperbolehkan pencairan uang kapan saja.

Strategi Dalam Memaksimalkan Investasi Reksadana


Sumber video : Youtube Raditya Dika

Loading...

Seperti yang telah disebutkan, bahwa berinvestasi perlu mengenal strategi. Berikut adalah strategi dalam investasi reksadana itu:

  1. Strategi investasi dollar cost averaging

    Merupakan cara berinvestasi yang dilakukan secara rutin dengan nominal yang sama pada periode tertentu. Konsep dasar dari strategi ini ialah terus berinvestasi tidak peduli berapa harganya dengan maksud mengurangi resiko yang muncul dari penurunan harga atau fluktuasi. Cocok untuk model investasi jangka panjang.

  2. Strategi Lump Sum

    Adalah strategi dimana investor hanya mendiamkan dan memantau dana atau uang yang dikeluarkan pada setoran pertama. Kemudian menunggu waktu yang tepat untuk mencairkan dana tersebut.

  3. Strategi Constant share

    Ialah strategi yang mengacu pada jumlah barang yang akan dibeli dalam periode tertentu. Jadi bukan dari jumlahnya uang yang diperhatikan. Biasanya investor punya tujuan seperti membeli produk tertentu. Begitu nilai sudah sesuai, maka ia akan menarik dana tersebut.

  4. Strategi value averaging

    Yakni teknik dalam investasi yang mengacu pada pertambahan nilai investasi yang tetap secara berkala di periode tertentu. Jadi hal pertama yang harus dikerjakan oleh investor ialah menentukan nilai investasi yang harus dimiliki. Ketika nanti sudah mencapai nilai yang dituju, maka biasanya dana akan dicairkan.

Demikianlah keempat strategi dalam berinvestasi yang wajib diketahui sebelum benar-benar mengeluarkan dana investasi. Jadi, pastikan tidak salah pilih ya! Cara investasi reksadana terbaik adalah dengan mempersiapkan strategi dari awal. Jadi ada tujuan dan teknik untuk memaksimalkan hasil dari berinvestasi. Jadi bukan hanya sekedar setor uang dan sudah begitu saja. Ada cara-cara rahasia yang harus diperhatikan jika ingin lebih sukses dalam berinvestasi.

Loading...