9 Tips Memulai Investasi Untuk Pemula Beserta Pilihan Instrumennya

Loading...

Memilih jenis investasi untuk pemula memang susah-susah gampang. Pasalnya investasi yang dipilih akan menentukan bagaimana nasib finansial Anda di masa depan. Jika Anda seorang investor pemula, ada baiknya memahami terlebih dahulu berbagai tips paling akurat untuk memulai investasi.

Tips Memulai Investasi Untuk Pemula Paling Akurat

Investasi sendiri dijelaskan sebagai pengeluaran yang berkaitan dengan akumulasi suatu wujud aktiva, yang digunakan untuk membeli barang-barang modal dengan tujuan guna mendapat keuntungan di masa yang akan datang. Maka, secara garis besar investasi disebut juga sebagai aktivitas penanaman modal.

Maka dari itu, seorang investor harus mengetahui apa itu investasi sebelum siap memulainya. Nah, praktis dan tingkat risikonya rendah merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh investor pemula saat mengawali kegiatan investasi. Dengan begitu Anda pun tak perlu ragu dalam memulai investasi saat ini juga.

Loading...

Agar investasi Anda berhasil dengan Return yang memuaskan, simak beberapa tips investasi untuk pemula berikut ini:

  1. Mengalokasikan Pendapatan

    Tips untuk memulai investasi yang pertama ialah, usahakan untuk mengalokasikan pendapatan Anda. Jika umumnya Anda telah terbiasa mengalokasikan pendapatan untuk kebutuhan tertentu, tips yang satu ini akan terasa lebih mudah dilakukan. Anda bisa menunggu uang terkumpul dalam waktu beberapa bulan hingga satu tahun.

    Setelah itu, uang dari pendapatan yang telah Anda alokasikan bisa langsung dijadikan modal investasi. Berapapun hasilnya tidak perlu cemas. Karena investasi bisa dimulai dari nilai terkecil sekalipun. Telah banyak jenis investasi yang bisa dimulai dengan nominal yang kecil seperti Reksa Dana.

  2. Membuat Rekening Khusus Investasi

    Uang yang telah dialokasikan kemudian terpakai bukan rahasia umum lagi. Oleh sebabnya gunakan tips membuat rekening baru yang khusus untuk kegiatan investasi saja. Karena menyimpan uang di rumah pun belum tentu aman dan tidak terpakai, maka tips yang satu ini patut dicoba saat ini juga.

    Caranya mudah, Anda bisa mengalokasikan dana pendapatan dari rekening utama, kemudian di transferkan ke rekening khusus untuk investasi. Jika dana yang dibutuhkan sudah dirasa memadai, Anda bisa menariknya kapan saja dan langsung diinvestasikan pada jenis investasi yang sesuai dengan kebutuhan atau harapan Anda.

  3. Terapkan Gaya Hidup Sederhana

    Ada yang bilang bahwasanya hemat itu pangkal kaya. Hal tersebut tidak ada salahnya juga. Karena menerapkan gaya hidup hemat bisa membuat Anda terbiasa dengan kesederhanaan. Jika gaya hidup Anda sudah terbiasa sederhana, Anda pun tidak akan kesulitan untuk mengalokasikan dana untuk kebutuhan investasi.

    Tips memulai investasi untuk pemula yang satu ini, sangat penting dilakukan untuk memulai sebuah investasi yang akurat. Bukan hanya itu, Anda pun tidak akan memiliki pengeluaran yang tidak terkontrol hingga terjauh dari utang konsumtif nantinya. Singkatnya kebebasan finansial bisa Anda dapatkan, jika mampu menerapkan gaya hidup sederhana. Dengan begitu, memulai investasi bisa lebih mudah dilakukan kapan saja.

  4. Menentukan Tujuan yang Tepat

    Tips yang satu ini, penting untuk dipahami dengan seksama. Sebab, tidak sedikit yang gagal dalam berinvestasi dikarenakan ketidakjelasan dari tujuan investasi yang dilakukan. Jangan sampai hal tersebut terjadi pula kepada Anda. Maka dari itu, penting sekali menentukan tujuan yang tepat untuk apa investasi yang Anda tekuni sebenarnya.

    Dengan mengetahui tujuan yang jelas, Anda bisa memulainya dari mana dan kapan saja. Serta nantinya mampu memilih jenis investasi yang tepat, hingga berapa besar dana yang akan diinvestasikan. Investasi bertujuan untuk membuat finansial Anda terjamin di masa depan, merupakan salah satu tujuan yang tepat. Oleh sebab itu, tentukan dari sekarang agar investasi sesuai dengan yang diharapkan.

    Loading...

    Pilihan Instrumen Investasi yang Cocok Untuk Pemula

    instrumen investasi untuk pemula
    Foto oleh rawpixel.com form PxHere

    Apabila Anda telah memahami berbagai tips investasi untuk pemula yang telah di bahas di atas, kini saatnya memilih instrumen atau jenis investasi yang sesuai dengan Anda yang merupakan investor pemula. Nah, ada beragam jenis investasi yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

    Simak beberapa jenis investasi yang cocok untuk investor pemula berikut ini:

  5. Deposito

    Deposito merupakan jenis investasi untuk pemula yang kerapkali direkomendasikan untuk para investor pemula. Karena seperti yang telah dibahas di awal, deposito memang praktis dan memiliki risiko yang rendah. Jika Anda mengira deposito sama dengan tabungan, jelas tidak 100% benar. Sebab deposito memiliki bunga yang jauh lebih tinggi, pada 5 – 8% per tahunnya.

    Selain itu Anda tidak bisa mengambil dana yang telah diinvestasikan sewaktu-waktu. Dikarenakan deposito memiliki tenor yang telah berlaku dan disepakati. Nah, jika Anda tertarik dengan return yang tinggi, investasikan dana melalui deposito dengan nominal yang juga besar.

  6. Emas

    Jika Anda mengira investasi emas di sini adalah emas perhiasan, itu tidak benar. Sebab investasi emas yang cocok untuk pemula merupakan emas batangan. Jenis emas ini, sudah tak asing lagi di kalangan para investor emas. Di zaman yang semakin modern ini, Anda bisa dengan mudah mendapatkan emas batangan untuk diinvestasikan.

    Bagi investor pemula yang berinvestasi emas akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti nilai emas batangan terhitung jelas dan bisa meningkat seiring bertambahnya zaman. Semakin banyak Anda berinvestasi emas, maka semakin banyak pula return yang bisa didapatkan. Sebab nilai emas batangan tersebut dihitung berdasarkan beratnya.

  7. Properti

    Jenis investasi untuk pemula yang satu ini, merupakan salah satu yang sangat populer di Indonesia. Memilih investasi properti bisa jadi pilihan yang tepat. Selain nilai dari properti selalu bagus dan berkembang, return yang didapatkan tentu sebanding. Perlu dicatat, properti merupakan salah satu investasi berjangka panjang dengan risiko cukup rendah.

  8. Reksa Dana

    Satu lagi jenis investasi untuk pemula yang banyak direkomendasikan untuk investor pemula seperti Anda. Selain cukup populer, reksa dana memiliki potensi return yang cukup besar. Meski risiko dari investasi ini cukup lumayan, Anda bisa memilih reksa dana untuk permulaan berinvestasi.

  9. Saham

    Berinvestasi saham memang membutuhkan dana atau modal yang tidak sedikit. Akan tetapi jika Anda telah menjalankan tips-tips di atas, dana untuk berinvestasi bisa terkumpul dengan mudah. Dan untuk investor pemula, berinvestasi saham di awal dengan dana yang standar bisa menjadi pilihan yang tepat.

    Jika telah mendapatkan return yang bagus, Anda bisa berinvestasi saham dengan nilai yang lebih besar. Sama dengan investasi lainnya, semakin banyak nilai investasi Anda maka semakin besar pula kemungkinan return-nya.

Menjadi Investor Pemula yang Sukses

Menjadi investor yang sukses memang tidak mudah, namun bisa diperjuangkan. Maka bagi investor pemula seperti Anda, tidak ada salahnya mencoba jenis investasi untuk pemula beserta tips-tipsnya yang dijamin paling akurat. Untuk menjadi investor yang sukses, pilihlah jenis investasi yang tepat agar masa depan finansial Anda terjamin hingga hari tua.

Loading...