Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

10 Keuntungan Investasi Emas Bagi Para Investor

Keuntungan investasi emas menjadi salah satu daya tarik yang luar biasa bagi setiap investor yang menekuninya. Sebagai salah satu instrumen investasi yang praktis dan mudah ditekuni, emas selalu menjadi favorit semua investor baik pemula atau yang sudah profesional. Bukan tanpa sebab, karena di dalamnya terdapat berbagai keuntungan yang terbukti menjanjikan.

Berbagai keuntungan berinvestasi emas dinilai menjadikan jenis investasi ini semakin banyak digandrungi oleh berbagai kalangan. Investasi emas pada umumnya menggunakan emas batangan yang bisa di dapatkan dengan mudah. Maka tak heran, jika mendengar kata “investasi emas” langsung banyak yang tertarik untuk mencobanya.

10 Keuntungan Investasi Emas yang Wajib Diketahui Investor

Bukan hanya itu, menurut informasi terbaru kini telah hadir investasi emas berbasis online yang lebih memudahkan para investor. Hal ini termasuk ke dalam salah satu keuntungan investasi emas yang sangat menarik. Dengan semua keuntungan yang dimilikinya, semua orang pasti memilih investasi emas ini.

Bagi Anda seorang investor pemula atau yang sudah profesional, tidak ada salahnya mengetahui kembali berbagai keuntungannya. Untuk itu, mari simak beberapa keuntungannya di bawah ini:

  1. Nilai Emas Lebih Stabil

    Keuntungan investasi emas yang pertama terletak pada nilai emas itu sendiri. Itulah sebabnya investasi emas kerapkali dijadikan pilihan para investor pemula, untuk memulai investasi. Tidak lain karena keuntungannya dari nilai emas sangat menjanjikan dan pasti.

    Nilai emas yang lebih stabil setiap tahunnya, menjadi keuntungan tersendiri terhadap nilai jualnya. Maka tak heran, jika keuntungan dari investasi emas yang notabene nya investasi jangka panjang bisa didapatkan dengan return yang besar.

  2. Emas Menyelamatkan Nilai Uang dari Inflasi

    Inflasi atau menurunnya nilai uang bisa berdampak negatif bagi berbagai sektor. Namun, investasi emas dinilai mampu menyelamatkan nilai uang itu sendiri dari terjadinya inflasi. Jika sewaktu-waktu terjadi inflasi, nilai uang atau nilai jual emas tidak akan terpengaruh oleh inflasi tersebut. Oleh karena itu investasi emas menjadi salah satu tindakan tepat agar investasi Anda tidak terkena dampak inflasi.

  3. Aset Penting untuk Keberlangsungan Finansial

    Dalam hal ekonomi berbagai jenis ketidakpastian kerapkali menghampiri. Baik hal tersebut berdampak pada individu, atau sebuah perusahaan. Ketidakpastian tersebut harus membuat Anda berputar otak untuk menyelamatkan masa depan finansial Anda. Di sinilah keuntungan investasi emas berperan penting.

    Sebab, emas bisa menjadi aset penting untuk keberlangsungan finansial Anda. Tidak sedikit investor yang akan mengelola uangnya untuk dijadikan emas, ketimbang menjadikannya saham saat kondisi perekonomian sedang tidak stabil. Karena itu tadi, emas bisa menjadi aset penting bagi masa depan finansial setiap orang jika diinvestasikan dengan tepat.

  4. Tidak Berisiko Tinggi

    Image by mohamed Hassan from Pixabay

    Investasi emas tidak hanya digandrungi oleh investor pemula, kebanyakan investor yang sudah profesional umumnya lebih menyukai berinvestasi emas. Hal ini merupakan salah satu keuntungan yang dimiliki oleh investasi emas.

    Menginvestasikan dana Anda pada investasi emas adalah langkah yang cerdas. Sebab dengan berinvestasi emas risikonya rendah. Harga emas yang cenderung stabil, menjadikannya tidak memiliki risiko yang tinggi dan return-nya terbilang memuaskan.

  5. Bisa Diperjualbelikan Secara Online

    Satu lagi keuntungan investasi emas yang wajib Anda ketahui, sebelum memulai investasinya. Nah, saat ini telah ada beberapa market place yang menyediakan emas untuk diinvestasikan. Belum lagi Anda bisa membeli emas secara online. Hal inipun sangat menguntungkan investor. Karena sekarang ini emas sudah bisa diperjualbelikan secara online. Hal ini sangat bermanfaat karena memudahkan berbagai pihak dalam proses investasi.

  6. Pergerakan Harga Mudah Dipantau

    Melakukan investasi emas secara langsung ataupun online, bisa dilakukan dengan hati-hati. Pastikan Anda berinvestasi di tempat yang telah terpercaya. Anda pun bisa memantau pergerakan harga emas yang ada di pasaran dengan seksama. Dengan begitu, fluktuasi harga pun bisa diketahui secara real time. Hal ini sangat bermanfaat saat Anda ingin menjualnya di harga yang sedang meroket.

  7. Bisa Menjadi Dana Darurat

    Salah satu keuntungan investasi emas yakni bisa menjadikannya sebagai dana darurat. Karena emas adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki jangka waktu panjang. Keuntungan yang tidak bisa didapatkan dalam waktu singkat, membuat emas bisa menjadi dana darurat yang akurat.

    Keuntungan emas yang bisa dipetik beberapa tahun ke depan, membuatnya terus mengalami kenaikan harga yang stabil. Alhasil, memilih emas sebagai investasi jangka panjang secara tidak langsung membuatnya menjadi dana darurat yang sewaktu-waktu dibutuhkan oleh Anda.

  8. Mudah Didapatkan dengan Modal Kecil Sekalipun

    Investasi emas adalah salah satu jenis investasi yang tidak membutuhkan modal besar. Inilah salah satu kelebihannya dari investasi emas yang banyak diminati. Memilih investasi emas secara mandiri bisa dimulai dari modal terkecil sekalipun. Anda bisa membeli emas sesuai dengan modal yang dimiliki saat ini.

    Bukan hanya itu, saat ini tersedia investasi emas secara online. Dengan Rp. 5000 saja Anda telah bisa mencicil emas untuk berinvestasi. Emas berukuran kecil kurang dari 1 gram tersebut, bisa menjadi awal investasi emas. Inilah yang menjadi kelebihan dari investasi emas di zaman modern bagi semua investor yang menekuninya.

  9. Emas Berperan Penting dalam Diversifikasi Investasi

    Lalu keuntungan investasi emas yang selanjutnya adalah peran emas dalam fase diversifikasi. Sebab agar investasi emas tidak berisiko besar, diperlukan diversifikasi ini dalam prosesnya. Yang dimaksud dengan diversifikasi ini adalah penganekaragaman portofolio dari investasi. Alhasil, tersedia beragam investasi yang menjanjikan seperti investasi emas, bukan hanya saham.

    Maka dari itu, emas adalah salah satu pilihan dalam melaksanakan diversifikasi investasi. Karena emas memiliki korelasi negatif dengan saham. Di saat nilai saham turun, nilai emas justru cenderung meningkat. Dengan adanya emas di dalam portofolio, kerugian saham pun bisa diminimalisir.

  10. Dikenal Sebagai Instrumen Investasi Likuid

    Keuntungan memilih investasi emas memang nyata, diantaranya emas tergolong ke dalam jenis investasi yang likuid atau likuiditasnya baik. Sifatnya yang universal menjadikan emas sangat menguntungkan untuk para investor yang berinvestasi emas. Maka, di mana pun dan kapan pun emas bisa dikonversikan menjadi uang tunai (cash).

Mudahnya Berinvestasi Emas di Era Digital

Jika di zaman dahulu dikenal dengan investasi emas perhiasan, lain halnya dengan zaman sekarang. Investasi emas di zaman sekarang memang menggunakan emas batangan. Semakin berkembangnya zaman berbagai investasi pun semakin mudah dilakukan. Terlebih di era digital seperti sekarang, berinvestasi bisa dilakukan secara online di mana saja dan kapan saja.

Hal tersebut termasuk ke dalam keuntungan investasi emas yang sangat bermanfaat bagi semua investor yang menekuni dunia investasi. Bagi Anda yang notabene nya investor pemula atau profesional, sangat penting untuk memahami semua keuntungan dari investasi emas yang tengah di jalani. Agar kegiatan investasi pun bisa dilakukan lebih optimal dan bersemangat.

Exit mobile version