Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

7 Jenis Jenis Investasi Paling Menguntungkan Dan Terpercaya

Sebelum memulai berinvestasi kenalilah berbagai jenis jenis investasi yang terdapat di dalamnya. Dengan begitu Anda pun bisa lebih mudah dalam menentukan jenis investasi yang tepat untuk masa depan yang terjamin. Oleh sebab itu pula, banyak yang memilih berinvestasi karena dinilai menguntungkan.

Jenis Jenis Investasi Paling Banyak Diminati di Indonesia

Selain terbukti menguntungkan, berinvestasi di tempat yang tepat dan terpercaya memberi nilai lebih bagi seorang investor. Sebab itulah beberapa jenis investasi yang ada di Indonesia lebih banyak diminati oleh berbagai kalangan. Mulai dari suatu individu hingga perusahaan tidak pernah absen berinvestasi pada jenis-jenis tertentu.

Perkembangan investasi di dalam negeri sendiri terbilang cukup baik. Jika dahulu investasi dianggap hanya untuk orang-orang kaya, di zaman sekarang investasi lebih diminati banyak kalangan. Akan tetapi pada dasarnya investasi memang ditujukan untuk semua orang, bukan hanya untuk kalangan tertentu.

Berikut jenis jenis investasi yang paling banyak diminati di Indonesia, karena terbukti menguntungkan:

  1. Deposito

    Jenis investasi yang satu ini kerapkali dipilih oleh para investor pemula karena memiliki risiko yang rendah. Selain itu, deposito dinilai hampir mirip dengan tabungan. Hanya saja yang membedakannya dengan tabungan terletak pada bunganya yang lebih tinggi dan juga waktu jatuh temponya itu sendiri.

    Semakin besar dana yang Anda investasikan, maka bunga depositonya bisa semakin tinggi. Selain itu deposito tidak bisa diambil kapan saja layaknya tabungan. Karena deposito memiliki tenor atau durasi waktu yang sebelumnya telah disepakati. Maka dari itu, deposito menjadi salah satu jenis investasi yang paling diminati. Terlebih oleh para investor pemula.

  2. Emas

    Emas merupakan salah satu jenis jenis investasi yang paling banyak diminati oleh berbagai kalangan. Baik investor pemula maupun yang telah berpengalaman di bidangnya, investasi emas selalu menjadi pilihan yang akurat. Hal tersebut dikarenakan berinvestasi emas memiliki risiko rendah serta nilai jual emas selalu mengalami peningkatan yang stabil setiap tahunnya.

    Apabila Anda tertarik berinvestasi emas, pilihlah jenis investasi emas batangan. Sebab emas batangan ini murni dihitung berdasarkan beratnya, berbeda dengan emas perhiasan pada umumnya. Keuntungan yang didapatkan dari investasi emas ini sudah pasti dan nilainya bisa terus meningkat.

  3. Properti

    Umumnya semua jenis investasi memang tidak jauh berbeda, sama halnya dengan investasi jenis properti ini. Jenis investasi ini memungkinkan Anda untuk memiliki benda fisik atau benda dengan wujud yang nyata. Yang menarik nilai jual properti bisa terus meningkat tajam dan risikonya terbilang cukup rendah.

    Investasi properti umumnya merupakan tanah yang telah dibangun properti di atasnya atau juga properti yang disewa. Untuk mendapatkan keuntungan jenis investasi ini dijual saat harga sedang meningkat tajam di pasaran. Karena itulah investasi properti termasuk ke dalam investasi dengan jangka waktu panjang yang menguntungkan.

  4. Reksa Dana

    Jenis investasi ini memungkinkan beberapa investor mengumpulkan dana investasi yang nantinya diinvestasikan pada berbagai instrumen yang ada di pasar modal. Reksa dana terdiri dari 5 jenis diantaranya; pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham, reksa dana campuran dan juga reksa dana index.

    Nah, semua jenis reksa dana tersebut memiliki risiko dan potensi yang berbeda. Risiko terendahnya pada reksa dana pasar uang, sedangkan untuk risiko tertinggi pada reksa dana saham. Meski begitu jenis investasi reksa dana tergolong cukup populer khususnya di kalangan para investor pemula.

  5. Obligasi

    Obligasi atau Surat Berharga Negara (SBN) ini, merupakan investasi yang berbentuk surat utang yang dikeluarkan perusahaan swasta ataupun oleh Pemerintah Indonesia yang dinilai menjanjikan. Investasi jenis ini memungkinkan Anda agar bisa memperoleh profit dalam waktu 1 hingga 10 tahun lamanya. Bisa dibilang obligasi memiliki risiko yang lumayan tinggi sama seperti saham. Namun, jenis investasi ini sangat cocok bagi investor menengah ke atas.

  6. Saham

    Untuk jenis-jenis investasi yang selanjutnya adalah Saham. Jenis investasi yang satu ini memiliki keuntungan paling besar jika dibandingkan dengan jenis investasi lainnya. Akan tetapi investasi saham risikonya pun terbilang tinggi. Sebab sebuah saham adalah aset kepemilikan suatu perusahaan dengan nilai yang relatif besar.

    Karena return atau pengembalian modal saham umumnya berasal dari dividen dan perkembangan saham itu sendiri. Meski dinilai berisiko tinggi, tidak sedikit investor yang menekuni investasi ini.

  7. Peer to Peer Lending

    Peer to Peer Lending merupakan bagian dari jenis jenis investasi yang tergolong cukup baru. Namun jangan salah, saat ini popularitasnya sedang melejit dikarenakan sistem kejelasan hukum serta kemudahan yang disuguhkannya. Terbukti banyak perusahaan fintech lending yang menekuni model bisnis jenis ini.

    Uniknya jumlah dana yang berputar dalam investasi ini kian tumbuh dan berkembang pesat. Dalam investasi ini, bisa dikatakan Anda bisa meminjamkan uang pada pihak yang membutuhkannya. Baik pihak tersebut merupakan individual atau juga perusahaan. Layaknya pinjaman bank, investasi ini return-nya berasal dari bunga yang telah disepakati kedua belah pihak.

Pilih Investasi Jangka Pendek atau Investasi Jangka Panjang ?

jangka pendek atau jangka panjang
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Karena banyak jenis jenis investasi yang tersedia, membuat Anda dan para investor lainnya bisa memilih jenis investasi yang tepat sesuai kebutuhan dan kemampuan. Akan tetapi masih ada poin yang harus Anda pahami mengenai jenis investasi dengan jangka waktu tertentu, agar tidak menyesal di kemudian hari. Maka, ada dua jenis investasi menurut jangka waktunya seperti berikut:

  1. Investasi Jangka Pendek

    Jenis jenis investasi yang pertama merupakan jenis investasi berjangka pendek. Investasi ini memiliki periode waktu yang cukup singkat. Hasil return yang bisa didapatkan mencapai 3 sampai 12 bulan lamanya. Maka, jenis investasi ini kerapkali disebut sebagai investasi sementara.

    Meski return-nya cukup singkat, jenis investasi jangka pendek memiliki return yang relatif jauh lebih rendah dari pada biasanya. Oleh karena itu, ada beberapa jenis investasi yang masuk ke dalam kategori ini. Salah satu jenis investasi tersebut adalah reksa dana.

  2. Investasi Jangka Panjang

    Jenis investasi yang kedua adalah investasi jangka panjang. Sesuai dengan namanya, jenis investasi ini membutuhkan waktu bertahun-tahun lamanya untuk menghasilkan return yang tepat. Maka tak jarang, banyak investor yang harus rela berkorban hingga 10 tahun untuk menunggu return-nya berhasil.

    Maka, tidak sedikit pula investasi yang berjangka panjang dibeli tanpa dijual kembali. Nah, meski membutuhkan waktu yang tidak sebentar, investasi jangka panjang umumnya memiliki return yang cukup besar nilainya. Dan salah satu jenis investasi yang termasuk dalam jangka panjang yakni investasi saham.

Itulah semua jenis jenis investasi yang bisa Anda ketahui sebelum akhirnya memulai berinvestasi. Penting untuk mengetahui hal tersebut guna wawasan untuk melancarkan kegiatan investasi Anda di mana saja dan kapan saja. Nyatanya setiap investasi memiliki risikonya masing-masing. Alhasil untuk melindungi kekayaan sekaligus meningkatkan jumlahnya, tidak ada salahnya berinvestasi dengan tepat mulai dari sekarang.