Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

8 Cara Investasi Emas Untuk Pemula yang Perlu Anda Ketahui

Mengetahui berbagai cara investasi emas yang tepat, bisa menjadi strategi terbaik untuk memulai investasi emas. Karena bukan rahasia umum lagi, bahwasanya emas adalah salah satu instrumen investasi yang dianggap paling aman dan praktis. Selain itu risikonya terbilang rendah, dikarenakan emas bisa menghalangi kenaikan harga atau inflasi.

Maka tak heran, jika investasi emas kerapkali menjadi pilihan para investor profesional dan dijadikan rekomendasi terbaik bagi para investor pemula. Sebab keunggulan yang dimilikinya, siapapun yang telah mengetahui seluk beluk investasi emas, pasti tertarik menekuninya saat ini juga. Jika Anda salah satunya, investasi emas bisa menjadi awal yang baik untuk memulai sebuah investasi.

Inilah 8 Cara Investasi Emas Paling Akurat yang Wajib Anda Coba

Tidak sedikit investor profesional yang telah sukses, mengawali investasi dengan instrumen emas. Oleh sebab itu investasi emas menjadi salah satu jenis investasi yang paling populer di Indonesia dan memiliki banyak peminat dari berbagai kalangan. Maka jangan salah, siapapun Anda bisa memulai investasi emas jika telah mengetahui cara investasinya.

Sukses berinvestasi emas bisa menjadi pilihan siapa saja, selama Anda mau berusaha dan mau belajar dari pengalaman. Untuk itu, simak cara-cara paling akurat dalam investasi emas di bawah ini:

  1. Tentukan Tujuan dan Perencanaan yang Matang

    Cara investasi emas yang pertama, mengharuskan Anda untuk memantapkan tujuan dengan matang. Sebab tujuan dan perencanaan sangatlah penting untuk keberlangsungan investasi yang akan Anda jalani. Sangat tidak disarankan, jika berinvestasi emas karena mengikuti tren saja atau ingin cepat-cepat kaya.

    Pastikan untuk menentukan tujuan untuk jangka panjang, sebagai langkah jitu dalam memulai investasi emas ini. Tujuan serta perencanaan investasi emas, bisa menyangkut masa depan yang ingin Anda perjuangkan. Misalnya saja agar finansial terjamin di masa depan, ingin memiliki rumah sendiri, hingga untuk dana pendidikan anak sampai jenjang kuliah dan lainnya.

  2. Perhatikan Kemampuan Finansial Anda

    Memulai sebuah investasi harus dimulai dengan dana yang mencukupi bahkan bisa lebih. Apabila setiap bulannya Anda telah memiliki surplus, maka sebagian dana yang dimiliki bisa dialokasikan ke dalam investasi emas. Namun jika dana yang Anda miliki belum memadai, investasi emas bisa ditunda terlebih dahulu.

    Sebab agar Anda bisa fokus menstabilkan finansial yang ada, sesuai dengan kemampuan. Mengorbankan seluruh penghasilan Anda untuk memulai investasi sangat tidak disarankan. Oleh sebab itu sangat penting untuk memiliki dana darurat, yang bisa digunakan sewaktu-waktu. Setelah kemampuan finansial Anda stabil, investasi emas bisa dilakukan dengan mudah.

  3. Pilih Waktu Investasi Emas yang Tepat

    Cara investasi emas yang selanjutnya adalah memastikan untuk memilih waktu investasi yang tepat. Anda tentu pernah bertanya, kapankah waktu yang tepat untuk investasi emas? Jawabannya ketika Anda telah mengantongi modal dan siap untuk berinvestasi.

    Untuk itu sebelum memastikan waktu yang tepat untuk memulai investasi, Anda bisa memantau pergerakan harga emas yang ada di pasaran. Carilah berbagai informasi mengenai harga emas terbaru di berbagai media yang ada. Anda pun bisa mempelajari bagaimana kecenderungan pergerakan nilai emas yang ada di pasaran baru-baru ini.

    Hal ini penting dilakukan karena Anda bisa mengetahui waktu yang tepat untuk membeli atau menjual emas di waktu yang tepat. Maka, waktu yang tepat untuk membeli emas ialah saat harganya sedang turun dan waktu yang tepat untuk menjual emas tersebut saat harganya tengah melesat tinggi.

  4. Sesuaikan Jenis Emas yang Dibutuhkan

    Seperti yang telah dibahas di atas, jika emas merupakan salah satu instrumen yang sangat direkomendasikan bagi investor pemula. Sebab emas dinilai sangat menguntungkan dan sangat cocok digunakan sebagai simpanan masa depan yang menjanjikan. Dengan harga jualnya yang relatif selalu tinggi, emas batangan memang paling cocok untuk diinvestasikan.

    Maka dari itu, cara investasi emas yang satu ini perlu dipertimbangkan dengan baik dan matang. Jangan sampai Anda salah langkah dengan membeli emas selain emas batangan. Karena emas batangan termasuk kebutuhan investasi, pastikan emas yang Anda beli bersertifikat resmi.

  5. Jual Emas Kepada Pihak Tertentu

    Cara investasi emas yang selanjutnya mengharuskan Anda untuk menjual emas yang telah diinvestasikan kepada pihak tertentu. Pihak tersebut bisa merupakan tempat awal Anda membeli emas tersebut, atau pihak lainnya yang memiliki kepentingan yang sama dalam investasi emas.

    Umumnya strategi menjual emas bisa dilakukan saat harga emas sedang ada di posisi tertinggi. Untuk menunggu harga emas lebih tinggi, dibutuhkan waktu bertahun-tahun. Maka jangan khawatir, sebab investasi emas memang memiliki jangka waktu panjang. Telah terbukti jika menjualnya ke pihak tertentu dalam waktu tertentu, membuat return berpotensi lebih tinggi.

  6. Pilih Penyimpanan Emas yang Aman

    Jika Anda memilih cara investasi emas secara pribadi dengan cara menyimpannya di rumah, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang aman. Hal ini untuk meminimalisir risiko emas yang telah disimpan bertahun-tahun hilang. Pilih penyimpanan emas paling aman, yakni dengan cara menyimpannya di brankas di rumah Anda.

    Selain itu, Anda pun bisa menyimpan emas di Safe Deposit Box (SDB), yang merupakan layanan penyimpanan barang-barang berharga. Pada umumnya SDB disediakan oleh berbagai bank. Cara menyimpan emas lainnya bisa dilakukan di tempat penyimpanan PT. Antam, di sana tersedia sistem keamanan terpadu selama 24 jam, hingga tabungan emas di Pegadaian.

  7. Hindari Berutang Untuk Memulai Investasi Emas

    Untuk memulai investasi emas bisa dilakukan dengan berbagai cara yang mudah, namun tidak dengan cara berutang. Untuk itu, pastikanlah Anda memiliki modal yang mencukupi sebelum siap memulainya. Jika modal belum terkumpul, usahakan untuk tetap bersabar dan konsisten menabung terlebih dahulu.

  8. Persiapkan Rencana Cadangan

    Rencana atau strategi dalam sebuah investasi sangatlah penting. Untuk itu persiapkanlah suatu rencana cadangan sebelum Anda siap memulainya. Salah satunya dengan mempersiapkan dana cadangan, yang telah disiapkan paling lama dalam waktu satu tahun. Dana tersebut nantinya bisa digunakan untuk kebutuhan investasi emas, jika dana investasi lainnya terpakai atau hilang.

Membeli Emas di Tempat Terpercaya Untuk Investasi

Setelah memahami cara investasi emas yang tepat dan benar, saatnya untuk mengetahui di mana saja tempat membeli emas paling terpercaya. Membeli emas dengan kadar logam murni tidak bisa dibeli di sembarang tempat. Sangat disarankan untuk membeli emas di PT. Antam. Serta beberapa market place yang telah menyediakan emas untuk investasi, di Pegadaian, hingga di bank.

Jadi itulah beberapa cara investasi emas paling akurat, yang wajib dicoba oleh investor pemula seperti Anda. Dengan mencoba semua cara praktis di atas, dijamin akan menambah wawasan Anda serta membantu dalam mencapai sukses pada investasi emas itu sendiri. Maka jangan ragu lagi untuk memulai investasi emas dari sekarang. Selamat mencoba.