Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Cara Investasi Bitcoin : Baca Dulu Informasi Mengenai Bitcoin

Berbicara tentang Bitcoin memang sudah tidak asing bagi telinga kita. Seiring berkembangnya zaman uang elektronik ini pun mempunyai cara tersendiri untuk berkembang. Oleh karena itu hadir cara investasi Bitcoin yang mungkin Anda sudah mengetahuinya juga.

Beberapa tahun terakhir investasi Bitcoin menjadi salah satu trademark yang sangat menarik bagi pengusaha. Terlebih nilainya yang berkembang dan bisa disandingkan juga dengan investasi emas. Sehingga Bitcoin ini dianggap sebuah alat yang menguntungkan dan berpotensi tinggi.

Pada dunia Investasi Bitcoin pun dapat terbagi menjadi beberapa jenis “Genre”. Meskipun nilainya cukup tinggi, dengan adanya pembagian jenis- jenis Bitcoin tersebut dianggap memudahkan khalayak untuk terjun berinvestasi.

Sebelum Mengenal Cara Investasi Bitcoin

Sebelum terjun ke dunia bisnis “Mata uang Internet” ini, alangkah baiknya kita mengetahui seluk- beluk dari Bitcoin itu sendiri. Tercatat saat ini Bitcoin digadang- gadang lahir di negeri Sakura Jepang. Meskipun begitu tercatat pula tahun 2009 mata uang ini diciptakan oleh seorang IT jenius dan Anonymous (Belum jelas keberadaannya).

Anonymous tersebut bernama Satoshi Nakamoto yang memakai nama samaran. Satoshi membuat Bitcoin yang bertujuan untuk mengembangkan sumbangsihnya di era teknologi. Sehingga Bitcoin ini pada mulanya dipakai untuk mata uang elektronik. Simpelnya Anda tidak perlu memakai bank bila Anda bertransaksi melalui Bitcoin.

Bitcoin sendiri dianggap sebagai mata uang jenis baru yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan bertransaksi. Namun jangan khawatir karena Bitcoin sendiri sudah terorganisir dan memiliki sistem tertentu yang membentuk keamanan tersendiri dan dapat dipercaya. Sebenarnya Bitcoin sendiri dinilai sebagai idealisme kaum IT dengan kebijakan pemerintahan dan inflasi yang terus berkembang.

Contohnya nilai Bitcoin tiap tahunnya dianggap terus menaik. Bayangkan saja dahulu pada tahun 2013, Bitcoin hanya bernilai 13 USD dan kini mampu mencapai ratusan juta lebih. Sudah terbukti kestabilan yang bisa dibilang menjanjikan. Bitcoin sendiri sangat rapi dalam sistem dan mungkin dapat dianalogikan sebagai judul buku yang tersusun rapi. Sehingga setiap transaksinya akan memiliki review dan tercatat. Sehingga tidak jarang cara investasi Bitcoin ini diminati oleh berbagai pihak.

Mengenal Karakter Bitcoin Dan Cara Investasinya

Seperti yang sudah dikatakan pada pembahasan awal, bahwa Bitcoin ini bisa disandingkan dengan emas. Sehingga jenis investasinya pun hampir mirip dengan investasi emas. Terdapat beberapa karakteristik Bitcoin seperti berikut ini:

  • Nilai atau harga persatuan dari Bitcoin sangat fluktuatif dan cenderung naik. Saat ini tercatat 1 Bitcoin mampu bernilai sebesar 150 juta rupiah.
  • Di Dunia Jumlah Bitcoin sangat dibatasi yaitu sebesar 21 juta saja.
  • Bitcoin hanya mematok 500 sampai 3000 rupiah saja untuk biaya transfer.
  • Berbeda dengan emas, Bitcoin mampu ditransfer dalam hitungan detik layaknya mengirim transfer uang digital pada umumnya.

Dengan berkembangnya dunia digital maka, berbagai usaha dari pihak penyelenggara pun dibuat secanggih dan seefektif mungkin. Oleh karena itu ada beberapa cara untuk menginvestasikan Bitcoin ini. Simak cara investasi Bitcoin di bawah ini:

Cara Investasi Bitcoin

  1. Investasi Tanpa Modal

    Untuk berinvestasi dengan Bitcoin pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai modal. Namun ada pula cara-cara yang sebenarnya cukup mudah untuk mendapatkan “Recehan” Bitcoin secara cuma-cuma. Ada beberapa situs yang memudahkan untuk mendapatkan Bitcoin secara gratis. Sehingga Anda dapat memulai Investasi Bitcoin ini tanpa modal. Memang akan berangsur lama, tetapi cara ini dapat menjadi sebuah solusi bagi Anda yang hendak memulai latihan investasi Bitcoin.

  2. Membeli Cloud Mining

    Berbicara tentang Mining tentu saja memang berkaitan dengan menambang. Tetapi bukan berarti Anda harus membawa cangkul seperti penambang emas atau batu bara. Mining di sini diartikan sebagai layanan untuk mencari “block-block atau spot-spot Bitcoin”. Mencari Bitcoin memang dapat dilakukan oleh individu tertentu, asalkan individu tersebut mumpuni untuk meraup Bitcoin itu sendiri.

    cloud mining bitcoin
    Image by Лечение Наркомании from Pixabay

    Cara Investasi Bitcoin dengan membeli Could Mining ini bisa disebut pula dengan istilah menyewa perusahaan dagang. Investasi alat ini bisa dianalogikan sangat simpel. Dari pada investor harus membeli alat pancing, kapal pancing dan lain-lain maka alternatif lain adalah menanamkan modal dan nantinya kita mendapatkan persentase hasilnya.

    Profit dari Cloud Mining ini memang sangat relatif. Rata-rata berkisar 40 sampai 60 persen tergantung penyelenggara Cloud Mining itu sendiri. Anda tidak perlu kebingungan juga untuk mencari lembaga yang bertanggung jawab dalam Cloud Mining ini. Anda dapat menemukan situs- situs terpercaya di Internet.

  3. Investasi Trading Bitcoin

    Cara investasi Bitcoin yang lainnya yaitu dengan jual beli. Faktanya Jual beli Bitcoin memang tidak sedikit peminatnya. Terlebih banyak pula yang tergiur oleh jual beli ini. Nilai yang terus merangkak naik membuat jual beli Bitcoin kian diminati. Di Jepang saja Bitcoin sudah bisa digunakan di beberapa outlet dan jumlahnya mencapai ribuan outlet.

    Sama dengan jual beli saham, cara investasi Bitcoin dengan sistem trading memang harus memakai trik tertentu. Angka yang fluktuatif membuat Bitcoin dapat dijadikan menjadi sebuah aktivitas trading. Contohnya Anda dapat membelinya saat Bitcoin sedang murah dan ketika harga melambung naik Anda dapat menjualnya. Dengan aktivitas yang bersaing, para trading Bitcoin ini mampu menghasilkan keuntungan profit 100 sampai 200 lebih selama 1 bulan penuh.

    Namun pada dasarnya bila Anda hendak membeli Bitcoin, harus pula dibeli dengan uang cash atau dapat dengan kartu kredit. Ada beberapa bursa perdagangan yang mampu mengakomodir jual beli Bitcoin yang dapat Anda pelajari sebelum melakukan transaksi ini. Di Indonesia sendiri sudah ada website resmi jual beli Bitcoin, yaitu Indodax.

Menelisik Proses Kerja Bitcoin

Bagi Anda yang sudah mengenal Bitcoin mungkin hal ini dapat menjadi pengingat dan penambah pengetahuan dalam perspektif lain. Terlebih mengetahui proses kerja Bitcoin sangat bermanfaat sekali untuk Anda yang hendak terjun ke dunia investasi ini. Berikut proses kerja yang termasuk sebagai cara investasi Bitcoin:

  • Proses Kerja Dengan Istilah Block Chain

    Block Chain merupakan sebuah sistem yang berfungsi sebagai tempat disimpannya Bitcoin. Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa block chain ini layaknya akuntan dalam sebuah perusahaan. Nanti terdapat sistem untuk mengaudit semua proses transaksi. Perlu digaris bawahi bahwa dengan adanya Block Chain maka mampu menggeser peran bank sebagai aktor dari sebuah proses transaksi.

    Terlebih dengan sistem yang rapi dan sudah digital, maka tidak ada lagi kesalahan yang disebabkan oleh manusia. Sehingga semua sistem pada block chain mampu tercatat dengan detail dan rapi.

  • Wallet Bitcoin

    Wallet memiliki fungsi yang sederhana yaitu sebagai alat simpan dari Bitcoin yang dimiliki. Wallet ini sebenarnya hanya menyimpan kunci rahasia untuk mengakses Bitcoin Anda. Wallet biasanya dikelola oleh pihak ke tiga.

Bitcoin Dinilai Sangat Berharga

Cara investasi Bitcoin memang disebut sangatlah kompleks. Terlebih Anda memang harus memahami dasar-dasar dalam peraturan arus transaksi Bitcoin tersendiri. Sejauh ini Negara- Negara yang sudah memakai transaksi ini cukup banyak. Sehingga Bitcoin mampu dipakai oleh sebagian pihak dalam bentuk investasi.