10 Peluang Bisnis Produk Digital Yang Menjanjikan

Memutuskan untuk membangun bisnis di era digital mungkin bukan perkara yang mudah. Apalagi saat ini persaingan semakin berat. Tapi, kalau dimulai dengan langkah-langkah yang benar, mungkin tidak serumit yang dibayangkan. Lalu, bagaimana caranya? Semua berawal dari ide-ide kreatif untuk menemukan peluang bisnis produk digital. Benar, pilihan usaha tersebut bisa dibilang tidak sedikit. Namun jika tidak diimbangi dengan cara yang tepat, tentu bisa kesuksesan mungkin bisa diperoleh.

Namun, sebelum membahas mengenai macam-macam peluang usaha digital yang menjanjikan, terlebih dulu kita kenali pengertiannya. Untuk lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

Pengertian Bisnis Digital

Merupakan sebuah usaha berbentuk barang maupun jasa yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Bisa mulai dari cara produksi, pemasaran hingga proses transaksi itu sendiri. Jenis usaha ini sedang tumbuh dan semakin pesat. Berbanding lurus dengan para peminatnya, yang semakin banyak.

Keunggulan Bisnis Digital

Melihat pelaku bisnis digital yang terus bertambah banyak, rupanya tak terlepas dari benefit yang ditawarkan. Apa saja ya, keunggulan bisnis digital itu? Antara lain ialah:

  • Banyak Pilihan Dan Bervariasi

    Seperti yang diketahui saat ini ada banyak sekali bidang bisnis online. Ada jual beli produk dan jasa. Itu pun jika dikembangkan lagi, pilihan usaha dengan kemajuan dunia digital masih bisa lebih banyak lagi. Ini artinya, Anda bisa memilih sekaligus memaksimalkan jenis bisnis yang dimiliki.

  • Mampu Menjangkau Pasar Secara Luas

    Ketika kita memasarkan produk dengan teknologi digital, sama saja kita bisa memasarkan tanpa batas. Jangkauan online ini sangat luas, bukan sebatas antar daerah. Melainkan antar kota, bahkan negara.

  • Punya Potensi Penghasilan Tanpa Batas

    Dengan jangkauan pasar yang juga luas dan jika diiringi jalannya usaha yang bagus, maka profit yang diterima juga akan sebanding. Potensi penghasilan yang diperoleh tak terbatas.

  • Dapat Digunakan Dalam Jangka Panjang

    Bidang bisnis produk digital dapat dikembangkan dan diteruskan dalam jangka panjang. Pasalnya, usaha satu ini telah menduduki era yang banyak diikuti oleh sebagian besar. Bahkan akan terus maju lagi. Malahan membuat peluang bisnis produk digital makin luas dan menjanjikan, bukan?

Tak sedikitnya keunggulan bisnis digital yang telah disebutkan di atas, mungkin hanya sebagian kecil. Sebab masih banyak lagi lainnya. Jadi, apakah Anda mulai tertarik dengan bisnis produk digital? Tenang saja, pilihan bidang usaha yang bisa ditekuni sangat banyak. Jadi, Anda bisa pilih sesuai keinginan.

Peluang Bisnis Produk Digital

Sedikitnya, ada sepuluh peluang usaha digital yang bisa Anda coba. Satu dan lainnya sama-sama punya prospek bagus jika dikembangkan dengan cara yang tepat. Beberapa bidang produk digital tersebut antara lain:

  1. Membuat Online Shop

    Ketika internet semakin luas dan dikenal, mungkin toko-toko onlinelah yang banyak bermunculan. Pembuatannya juga mudah, bisa mengandalkan akun di media sosial. Bahkan tak sedikit promosi dan penawaran di sosial media. Kemudian mulai menjamur toko-toko online di marketplace.

    Namun sekarang, sudah mulai banyak pelaku bisnis online yang membuat tokonya sendiri dalam sebuah aplikasi khusus. Dengan begitu, para pelanggan bisa membeli langsung di apps tersebut tanpa harus melalui perantara. Calon pembeli pun bisa mengunduh aplikasi nama toko online Anda di Playstore. Jadi, manakah jenis toko olshop yang lebih Anda sukai?

  2. Reseller dan Dropship

    Dropship merupakan kegiatan penjualan dimana seller hanya memasarkan produk tanpa memiliki stok. Pada saat ada pembelian, maka barang akan dikirimkan oleh supplier. Bermula dari konsumen yang membeli di seller (dropship), kemudian penjual akan meneruskan pesanan ke supplier. Jenis usaha ini sangat populer. Sedangkan reseller, pihak seller akan memesan barang konsumen ke supplier tapi dikirimkan ke reseller terlebih dulu. Dia lah yang akan memproses pesanan pelanggan.

  3. Mendaftar Afiliasi

    Apakah bisnis afiliasi itu? Sebuah aktivitas memasarkan produk milik orang lain melalui tanam link. Ketika link-link itu disebar dan ada yang membeli melalui link tersebut, maka pihak bersangkutan bisa memperoleh komisi. Seberapa banyak? Tergantung kebijakan pemilik bisnis yang memberikan fee. Umumnya melalui hitungan persen dari total produk. Coba bayangkan saja, jika komisi yang diberikan 0,2% dan harga produk 1 juta rupiah. Maka Anda bisa mendapatkan fee 20 puluh ribu rupiah. Nantinya tinggal dikalikan dengan banyaknya pengunjung yang membeli dengan laman tersebut.

  4. Menjadi Influencer

    Adalah orang yang berpengaruh bagus untuk para followersnya. Seperti contohnya youtuber, vlogger, selebgram dan lainnya. Jika Anda memiliki media sosial dengan jumlah pengikut banyak, biasanya banyak yang menyewa jasa. Atau lebih dikenal dengan endorse. Maksudnya seseorang yang diminta untuk mengiklankan suatu barang maupun jasa. Bisnis ini cukup banyak diminati oleh para pebisnis yang ingin memasarkan produknya. Begitu juga sebaliknya.

  5. Membuat Konten Online

    Kalau Anda punya keahlian menulis, kenapa tidak dikembangkan? Dapat fee lagi. Membuat konten online ini lebih dikenal sebagai penulis online. Anda bisa menekuni hobi sekaligus bekerja. Apalagi di luar sana banyak yang membutuhkan jasa pembuat konten, baik itu seputar cerita, artikel maupun lainnya.

  6. Menjadi Penerjemah Online

    Anda punya keahlian dalam berbagai bahasa? Bidang penerjemah menjadi pilihan yang tepat untuk dicoba. Anda bisa membuka penawaran jasa translate untuk bahasa yang dikuasai ataupun bergabung dengan pihak lain yang sudah berpengalaman. Jadi, manakah yang akan dipilih?

  7. Menawarkan Jasa Pembuatan Website

    Untuk bisa memasarkan produk di online, banyak pelaku usaha yang memerlukan media salah satunya website. Namun, tak sedikit dari mereka yang mengalami kesulitan untuk membuat laman tersebut. Ini adalah kesempatan emas buat Anda untuk membuka usaha jasa pembuatan website. Dengan potensi di bidang terkait, bisa dikembangkan jadi bisnis yang menguntungkan. Apalagi peluang bisnis produk digital satu ini banyak diminati. Jadi, kesempatan yang dimiliki juga besar kan?

  8. Membuat Aplikasi Mobile

    Tahukah Anda, kalau saat ini banyak sekali aplikasi mobile yang diminati konsumen. Anda pun bisa mencoba usaha membuat apps mobile. Contohnya pun banyak, seperti aplikasi game, pendidikan, memasak dan lainnya.

  9. Menjual Produk Digital

    Sama-sama penjualan, tapi yang dimaksud dalam menjual produk digital tidak sama dengan reseller atau dropship. Sebab produk yang dijual bukan berbentuk fisik, melainkan digital. Seperti contohnya video, audio, ebook dan masih banyak lagi lainnya. Di Indonesia Anda bisa menjual produk digital di Ratakan.

  10. Konsultan SEO

    Kepanjangan SEO adalah Search Engine Optimization yang merupakan sebuah teknik untuk memperoleh posisi bagus di mesin pencari. Menjadi konsultan SEO mungkin terdengar belum familiar, tapi sebenarnya yang memerlukannya. Terlebih saat ini penggunaan internet semakin luas. Akan ada pelaku bisnis online yang membutuhkan jasa konsultasi seputar SEO untuk usaha yang dimiliki.

Itulah kesepuluh bagian dari macam-macam bisnis online yang berpeluang bagus. Bahkan, sampai sekarang peluang bisnis produk digital semakin maju. Tak sedikit dari mereka yang berinovasi juga dalam mengembangkan strategi berwirausaha. Bagaimana dengan Anda?