Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Payroll adalah… Berikut 3 Keuntungan dan Manfaat Menggunakan

Ada sebuah sistem yang memudahkan urusan perusahaan dalam urusan penggajian, sistem itu bernama payroll.Payroll adalah sebuah sistem administrasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memudahkan proses penggajian setiap karyawan atau pegawai yang dimiliki.

Bisa dikatakan dengan kehadiran sistem payroll, pekerjaan rutin dari setiap staf HRD atau finance dalam melakukan kalkulasi yang harus dibayarkan berdasarkan gaji pokok, uang makan, uang transport hingga uang lembur akan lebih mudah dilakukan.

Setiap proses penggajian yang dilakukan oleh setiap perusahaan setiap bulannya sangatlah harus dikerjakan dengan teratur dan akurat tidak boleh ada kesalahan. Itulah sistem payroll ini akan menjadi investasi yang tidak bisa dianggap remeh oleh perusahaan yang sudah memiliki skala besar.

Manfaat Menggunakan Payroll adalah

Manfaat utama yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan payroll yaitu akan jauh lebih menghemat tenaga karyawan, bisa penekan biaya pengeluaran perusahaan yang dialokasikan ke biaya untuk menggaji karyawan serta dapat meminimalisir terjadinya kesalahan.

Tidak dapat dipungkiri kalau proses perhitungan dan pengiriman gaji karyawan bisa diselesaikan dalam waktu yang sangat singkat, sehingga akan memungkinkan pihak finance dan HRD untuk mengerjakan job desk mereka dengan lebih produktif.

Selain itu, manfaat lainnya yang bisa didapatkan dengan adanya payroll yaitu Anda tidak perlu menggunakan jasa dari pihak ketiga untuk melakukan perhitungan penggajian karyawan atau pegawai perusahaan.

Ketika Anda tidak menggunakan jasa dari pihak ketiga, maka pengeluaran akan jauh lebih minim dan dengan adanya kepemilikan sistem ini, maka potensi terjadinya adanya komunikasi yang tidak berjalan dengan baik perihal gaji akan lebih berkurang. Tidak hanya itu, jumlah pihak yang harus melakukan interaksi terkait hal ini juga akan lebih minimalis.

keuntungan payroll
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Keuntungan Menggunakan Sistem Payroll

Selain bisa menghindari kesalahan dalam perhitungan dan pengiriman gaji, ada manfaat lainnya ketika perusahaan Anda memutuskan menggunakan sistem payroll, diantaranya yaitu:

  1. Bisa digunakan untuk membuat formulir pajak

    Sistem payroll bisa digunakan untuk membuat formulir pajak yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan dan karyawan. Formulir tersebut selanjutnya bisa dicetak atau dikirim langsung ke pihak yang bersangkutan.

    Apabila sebelumnya proses seperti ini kerap kali harus menghabiskan banyak dana dan memerlukan banyak waktu, maka dengan adanya sistem payroll semuanya bisa terselesaikan dalam sekejap saja. Biaya yang dikeluarkan pun akan jauh lebih efisien dan ekonomis. Divisi HR juga bisa lebih fokus pada pemberdayaan dan peningkatan aset sumber daya manusia.

  2. Data tersimpan secara otomatis dan dipastikan aman

    Keuntungan berikutnya dengan menggunakan sistem payroll adalah data manual yang biasanya untuk menyimpannya membutuhkan banyak waktu dan membuang banyak kertas, maka dengan payroll kedua hal itu tidak akan berlaku lagi.

    Mengingat payroll merupakan sebuah aplikasi yang dijalankan dengan sistem sehingga perusahaan tidak perlu repot menyiapkan banyak hal hanya untuk menyimpan saja. Selain itu, data lama juga bisa dihapus dengan mudah apabila sudah tak lagi dibutuhkan.

  3. Bisa disesuaikan dengan apa yang perusahaan butuhkan

    Tidak bisa dipungkiri jika kebutuhan setiap perusahaan tidaklah sama, sehingga setiap perusahaan harus menyesuaikan kebutuhan mereka dengan sistem payroll yang dipilih. Perusahaan Anda bisa langsung menyampaikan apa saja yang menjadi kebutuhan kepada vendor.

    Baik itu mulai dari fitur yang dibutuhkan karena perusahaan Anda baru merintis sehingga jumlah karyawan dan kebutuhannya juga belum terlalu banyak. Semua itu bisa Anda diskusikan kepada vendor sehingga mereka akan menyediakan sistem payroll yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi, setelah mengetahui bahwa payroll adalah sebuah sistem yang memudahkan perusahaan dalam hal penggajian dan lainnya, maka semuanya dikembalikan lagi ke Anda. Apakah membutuhkan sistem yang seperti itu atau tidak sama sekali.