Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Mau Aktifkan Fitur Tokopedia COD? Jangan Lupakan 10 Hal Ini

Sekarang ini sudah ada yang namanya fitur Tokopedia COD (Cash On Delivery) yang semakin banyak digunakan oleh pembeli. Namun khusus untuk fitur COD di Tokopedia tidak bisa selalu aktif, sebab penjual harus mengaktifkannya lebih dulu. Bagaimana cara untuk mengaktifkannya?

Cara Mengaktifkan Fitur Tokopedia COD Tanpa Ribet

Sebelum kita ke tahapan lebih lanjut mengenai bagaimana cara mengaktifkan fitur COD pada Tokopedia, maka lebih dulu Anda harus pastikan kalau Anda memiliki toko di marketplace itu. Setelah itu, barulah kita masuk pada pembahasan bagaimana cara mengaktifkannya, adapun cara mengaktifkannya yaitu:

  • Masuk lebih dulu ke halaman Tokopedia Seller milik Anda, lalu kemudian masuk ke menu Pengaturan Toko.
  • Setelah itu pilihlah Menu Pengiriman.
  • Sebagai catatan untuk langkah ini, Anda lebih dulu harus mengaktifkan lebih dulu kurir SiCepat. Mengapa harus begitu? Sebab, layanan COD Tokopedia hanya bisa digunakan untuk kurir SiCepat saja. Dengan begitu apabila Anda tidak mengaktifkan kurir SiCepat maka tidak akan bisa mengaktifkan layanan COD.
  • Berikutnya masuk ke Menu “Layanan”. Pada menu inilah Anda bisa mengaktifkan layanan Bayar di Tempat. Namun perlu dicatat, masih ada dua kemungkinan yang akan terjadi. Pertama, toko Anda bisa mengaktifkan layanan COD dan yang kedua tidak bisa walaupun sudah mengaktifkan kurir SiCepat. Apabila proses pendaftaran gagal maka akan muncul pemberitahuan.
  • Lalu bagaimana kalau sudah seperti itu? Tidak ada cara lain selain bersabar dan mencoba melakukannya lagi.

Demikianlah proses pendaftaran fitur COD di Tokopedia untuk penjual. Mudah memang, tetapi belum tentu semua toko bisa menggunakan layanannya. Sebab, ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi, apa saja kira-kira?

Syarat dan Ketentuan Mengaktifkan Fitur COD di Tokopedia

Sebelum Anda memutuskan untuk mengaktifkan fitur COD di Tokopedia, maka perhatikan lebih dulu syarat dan ketentuan berikut ini:

  1. Fitur Bayar di Tempat Tokopedia hanya bisa berlaku jika menggunakan kurir SiCepat saja
  2. Setiap penjual yang mengaktifkan fitur COD ini maka harus mencetak label pengirimannya dan kemudian menempelkannya pada paket yang nantinya akan dikirim
  3. Jika Anda sebagai penjual tidak menempelkan label pengiriman pada paket, maka seluruh potensi untuk tentang ganti rugi akan ditanggung sendiri oleh Anda.
  4. Untuk maksimal harga barang yang didukung oleh fitur Bayar di tempat dalam satu kali transaksinya yaitu Rp2,5 juta dan bukan merupakan produk makanan dan beverage.
  5. Penjual tidak bisa melakukan penggantian kurir pada saat pembeli memilih untuk memakai fitur COD.
  6. Penjual harus selalu memeriksa kembali alamat pembeli sebelum mengirimkan paket
  7. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa fitur COD hanya bisa digunakan oleh pembeli yang belum pernah bertransaksi di Tokopedia.
  8. Setiap pembeli yang menggunakan fitur COD tidak diperkenankan untuk membuka pesanan sebelum melakukan pembayaran.
  9. Setiap pembeli biasanya dibatasi dalam penggunaan fitur COD yaitu sebanyak 6 kali transaksi saja atau sampai ada penggunaan metode pembayaran non-tunai pada akun pembeli
  10. Fitur COD Tokopedia masih terbatas penggunaannya dan hanya berlaku di beberapa daerah saja.

Itulah tadi pembahasan singkat mengenai fitur Tokopedia COD. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan fitur ini, maka pasti lebih dulu bahwa Anda telah memenuhi syarat dan ketentuannya.

Namun yang jelas ketika Anda menggunakan fitur ini, maka dapat dipastikan bahwa akan memberikan keuntungan bagi toko online Anda, mulai dari mendapatkan citra positif, jangkauan pelanggan lebih luas dan transaksi akan jauh lebih aman.