Ini Dia 8 Tips Sukses Bisnis Frozen Food Bagi Pemula

Bisnis kuliner memang menjadi salah satu bidang usaha yang banyak dilirik oleh sebagian besar. Seperti bisnis frozen food yang merupakan makanan beku dalam aneka bahan dan bentuk. Contohnya seperti nugget, sosis, bakso, kentang dan masih banyak lainnya. Varian frozen food tersebut makin beragam dan unik. Hal ini karena adanya ide kreativitas antar produsen satu dan lainnya.

Saat ini, makanan beku sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Ini menjadi moment yang tepat untuk memanfaatkan peluang yang ada. Apalagi, membuat frozen food tidak memerlukan modal yang lebih. Jadi sangat cocok untuk dicoba dengan modal minim saja.

Besarnya peluang bisnis makanan beku sebanding lurus dengan permintaan konsumen yang tengah meningkat. Alasannya sangat sederhana, sebab makanan beku dapat disimpan dalam waktu yang lama dan praktis. Soal rasa pun tak kalah lezatnya dengan makanan aslinya atau tanpa dibekukan.

Di samping itu harga juga rata-rata terjangkau. Pas sekali untuk disajikan di waktu pagi, siang ataupun malam. Tinggal goreng atau diolah dengan cara ringkas lainnya, makanan tersebut dapat tersaji tanpa menunggu lama.

Kiat Sukses Dalam Bisnis Frozen Food

Mengetahui prospek bagus dalam usaha makanan beku, pastinya sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. Bagi Anda yang ingin mencoba menggeluti usaha ini tapi belum tahu harus mulai bagaimana dan dari mana, Anda tak perlu bingung lagi. Berikut ini adalah kiat-kiat sukses dalam memulai bisnis makanan beku:

1. Susun Rencana Bisnis

Sebelum mengawali bisnis, pastikan Anda menentukan produk yang akan dijual. Pasalnya, varian frozen food ada banyak. Alangkah baiknya, pilih produk yang memang dikuasai.

2. Tentukan Tempat Pemasaran

Apakah Anda ingin memasarkan produk secara offline atau online? Dua-duanya juga bisa. Agar menghemat biaya sewa kios, sebaiknya buka di rumah terlebih dulu. Kemudian pasarkan lewat warung-warung terdekat. Ajak mereka bekerja sama dan berikan komisi yang sebanding. Agar semakin dikenal, Anda bisa mempromosikannya lewat internet. Jadi, tempat di rumah sendiri pun tak jadi masalah, kan?

3. Perhatikan Bahan Dan Perlengkapan Untuk Membuat Frozen

Beda jenis makanan beku yang dibuat, bisa mempengaruhi peralatan yang digunakan. Jadi persiapkan semuanya agar proses pembuatan makanan tersebut tidak terkendala.

4. Perhatikan Packing

Gunakan media packing yang aman agar frozen food tersebut dapat tidak mudah rusak. Kemas dalam wadah kedap udara juga agar terlindungi dan bebas kuman.

5. Atur Harga Jual

Catat semua pengeluaran dan berapa hasil yang diperoleh. Kemudian hitung agar makanan yang dibuat memiliki nilai jual yang terjangkau tapi juga ada labanya. Dalam menentukan harga, Anda bisa melihat penawaran kompetitor lain. Jangan sampai lebih mahal, sebab biasanya harga yang lebih murah dominan lebih menarik perhatian.

6. Maksimalkan Pemasaran Seefektif Mungkin

Karena baru buka, tak ada salahnya jika produk dipromosikan ke lingkungan sekitar. Kemudian pasarkan juga lewat online agar semakin dikenal oleh masyarakat luas.

7. Buka Jaringan Reseller

Ajaklah beberapa orang untuk menjadi reseller Anda. Mereka akan membantu dalam memasarkan produk. Pastikan juga untuk beri harga khusus untuk reseller tersebut.

8. Segera Urus Izin BPOM

Seiring berjalannya waktu dan usaha Anda semakin maju, segeralah urus lisensi makanan. Dengan begitu, konsumen akan semakin percaya dengan produk Anda.

Tersebut adalah tata cara sekaligus strategi dalam menggeluti bisnis frozen food, yang nantinya bisa dimulai sendiri maupun bersama rekan. Semisal tidak memungkinkan untuk membuat sendiri, ajaklah teman atau orang lain untuk membantu. Di samping itu, cobalah untuk ikut serta dalam mempelajari bagaimana proses pembuatan makanan beku tersebut. Jadi, nantinya Anda bisa membuatnya sendiri.

bisnis makanan beku
Gambar oleh ElasticComputeFarm dari Pixabay

Lalu, apa sajakah tantangan yang biasanya dihadapi dalam bisnis aneka makanan beku? Bagaimana pula solusinya? Memang benar, terkadang kita sudah mengikuti kiat-kiat sukses dalam berbisnis, tapi belum juga mendapatkan hasil sesuai harapan.

Hal tersebut jelas menjadi masalah besar jika tidak segera ditangani, bukan? Seperti berikut ini, ada beberapa kendala yang biasanya dihadapi dalam usaha makanan beku beserta cara menanganinya:

• Banyak Pesaing

Bukan hal baru jika persaingan kuliner sangat ketat. Menyikapi kondisi ini, kita harus pintar-pintar mencari celah. Bagaimana? Memberikan diskon untuk pembelian banyak. Jadi, pembeli bisa tertarik untuk berbelanja.

• Kualitas Menurun

Dalam jangka panjang, terkadang makanan beku bisa hancur bahkan lembek jika tidak laku-laku. Menyikapi hal ini, coba produksi dalam jumlah sedikit terlebih dulu. Pantau berapa banyak yang terjual setiap harinya. Jawaban tersebut dapat dijadikan patokan untuk memproduksi frozen food setiap harinya.

• Harga Bahan Yang Tidak Menentu

Terkadang harga bahan pokok murah, kadang juga mahal. Tidak stabilnya harga tersebut menjadikan pengeluaran juga berubah. Kalau lebih murah mungkin tidak masalah, tapi kalau sebaliknya jelas menambah biaya produksi, kan? Karena itu, coba mencari tempat membeli bahan utama yang bisa memberikan harga terjangkau. Mintalah penawaran untuk harga miring karena Anda akan terus membeli secara berkelanjutan. Besar kemungkinan penjual bisa memberikan harga terbaik.

• Tidak Ada Kemajuan

Maksudnya penjualan harga di angka-angka itu saja. Jika begini, lakukan survei untuk mengetahui kondisi pasar. Apakah ekonomi memang sedang lesu atau mungkin pemasaran kurang optimal. Tidak ada salahnya untuk memberikan promo-promo menarik agar calon pembeli jadi tertarik. Cek juga apakah harga yang ditawarkan di atas kompetitor. Sebab selisih sedikit saja, konsumen bisa beralih ke produk lainnya. Tidak perlu tergesa-gesa menggali untung besar. Sedikit-sedikit asalkan yang beli banyak, kenapa tidak?

Nah, itu dia beberapa kendala yang mungkin tengah dihadapi beberapa produsen frozen food saat ini. Menyikapi permasalahan tersebut, sebagai produsen kita harus segera cari solusi jika tidak ingin buru-buru gulung tikar, bukan?

Contoh Ide-Ide Unik Dalam Memaksimalkan Bisnis Frozen Food

Kreativitas dalam bisnis frozen food juga tidak kalah penting. Bahkan ide-ide unik itulah yang bisa membantu Anda bisa bertahan dengan kompetitor. Ide kreatif tersebut seperti:

  1. Buatlah paket bundle dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Jadi, bisa menarik konsumen untuk beli banyak.
  2. Packing frozen food dalam beberapa ukuran, jadi konsumen bisa pilih sesuai keinginan.
  3. Kreasikan dalam berbagai bentuk, seperti nugget bentuk angka, karakter dan lainnya.
  4. Tambahkan bumbu seperti saos, minyak untuk menggoreng ataupun lainnya sebagai bonus.
  5. Gunakan packing yang menarik dan aman.
  6. Buatlah produk makanan beku lainnya, yang minim saingan contohnya nugget ubi, nugget tempe, nugget, baso dan lainnya.

Kreativitas turut berperan penting, mengingat beratnya persaingan di pasaran. Selanjutnya, imbangi dengan kualitas produk dan pertahankan. Jangan sampai menurunkan harga tapi juga menurunkan kualitas ya? Sebab itu adalah kesalahan fatal. Bisa-bisa konsumen merasa kecewa dan tidak mau lagi membeli produk frozen food buatan Anda. Karenanya, berikan yang terbaik di setiap produksi dan imbangi dengan ide inovatif agar bisnis frozen food dapat terus berjalan.