8 Alasan Kenapa Peluang Usaha Reseller Paling Menguntungkan

Loading...

Reseller maupun dropship sering kali terdengar dalam istilah belanja online. Sekilas tampak mirip, tapi keduanya berbeda. Kali ini kita akan membahas mengenai reseller. Apakah itu? Kenapa peluang usaha reseller ini banyak diminati? Reseller adalah pihak yang menjualkan kembali produk milik produsen dengan harga sendiri. Seorang reseller harus punya stok barang yang dibeli ke supplier. Kemudian dijualkan secara online maupun offline.

Pihak produsen ada yang mengharuskan resellernya untuk membeli secara grosir, ada juga yang memperbolehkan pembelian ecer. Hanya saja, harga grosir jauh lebih terjangkau dan ketika dijualkan kembali bisa memperoleh keuntungan yang lebih besar. Dengan barang yang ada di tangan, reseller tersebut harus mengeluarkan modal dalam jumlah tertentu. Tergantung besarnya pembiayaan yang dikeluarkan untuk membayar produk tersebut. Kemudian, pada ada pesanan ia sendiri yang langsung mengirimkan paket. Jadi tidak lagi menghubungi produsen.

Dari pengertian di atas, peran reseller lebih dominan untuk menjualkan barang ke konsumen tanpa banyak campur tangan si produsen. Sebab supplier hanya menyediakan produk sesuai permintaan reseller. Setelah itu, baik pemasaran, packing barang sampai kirim pesanan dikerjakan oleh reseller itu sendiri.

Loading...

Kenapa Peluang Usaha Reseller Cukup Menguntungkan?

Bisa dikatakan kalau peluang bisnis sebagai reseller punya prospek yang menguntungkan. Bagaimana bisa begitu? Berikut alasannya:

  1. Dapat Memantau Dan Mengontrol Stok

    Adanya stok yang dimiliki, seorang reseller bisa monitoring setiap barang yang ada. Bisa mengecek jika ada kerusakan dan sebagainya. Sebelum dikirim ke konsumen bisa dicek terlebih dulu. Pastinya sangat penting untuk mengetahui kualitas produk sebelum dikirim ke konsumen, bukan?

  2. Bisa Menawarkan Produk Yang Ready Stok

    Keberadaan stok yang tersedia, membuat Anda bisa mengirimkan pesanan ketika ada yang beli. Jadi tidak perlu menunggu lama karena diurus oleh pihak lain.

  3. Keuntungan Lebih Besar

    Jika dibandingkan dengan dropship, keuntungan yang diperoleh reseller jauh lebih besar karena bisa menentukan harga sesuai keinginan. Beberapa dropship ada yang mengatur atau memberi patokan harga. Jadi tidak bisa mengganti dengan harga lain. Dalam posisi tersebut, profit reseller bisa lebih besar.

  4. Bisa Buka Toko Online Dan Offline

    Dengan mempunyai stok di tangan, Anda bisa leluasa untuk membuka toko online saja ataukah ada fisiknya. Maksudnya adalah toko offline. Bisa juga dua-duanya, jadi konsumen Anda pun ada dua macam yakni pembeli langsung dan pembeli via online.

  5. Fleksibel

    Menerapkan bisnis reseller ini sangat fleksibel tidak terikat waktu. Bisa dijadikan sampingan maupun pekerjaan utama. Jika nanti ada pembeli, pasti ada notifikasi di ponsel. Jadi tidak harus online 24 jam nonstop, kan?

  6. Bisa Menjualkan Produk Lewat Media Sosial Maupun Market Place

    Mungkin ketika Anda jual produk di sosial media, Anda akan menerima bayaran baru barang dikirim. Sedangkan di market place berlaku sebaliknya, barang diterima oleh konsumen baru uang bisa dicairkan. Dengan stok yang ada, Anda bisa langsung kirim barang tanpa menunggu lama. Jadi konsumen bisa terima barang lebih cepat. Sedangkan kalau menunggu pihak lain yang mengirimkan, belum tentu bisa cepat, bukan?

  7. Dapat Berlaku Dalam Jangka Panjang

    Saat ini teknologi internet sedang banyak diminati, salah satunya belanja online. Anda pun bisa ikut terjun jualan lewat internet dan ini bisa ditekuni dalam jangka panjang. Bukan musiman.

  8. Bisa Merekrut Dropship

    Kalau Anda punya stok, Anda bisa berperan sebagai supplier juga dan mencari reseller untuk memasarkan produk tersebut. Barulah ketika barang bersangkutan dipesan, Anda bisa langsung kirim sesuai permintaan si reseller. Jika begini, bisnis Anda akan semakin berkembang, bukan? Tak ada salahnya juga membuka mitra kerja reseller untuk bekerja sama memasarkan barang.

Sedikitnya itulah beberapa alasan kenapa peluang usaha reseller begitu tinggi di pasaran. Apakah Anda mulai tertarik dengan peluang usaha reseller ya? Bagaimana cara menjadi dropshipper? Apa saja syarat yang harus dipenuhi? Berapakah modal yang dibutuhkan? Simak berikut ini:

Cara Menjadi Dropshipper

Tidak sulit untuk menjadi seorang dropshipper, apa saat ini saat dimana perkembangan internet makin bagus. Artinya turut mempermudah Anda dalam menjadi dropshipper. Berikut langkah-langkah menjadi dropshipper:

  • Tentukan Terlebih Dulu Produk Apakah Yang Akan Dijual

    Dalam menentukan barang dagangan, pastikan juga produk tersebut punya peluang bagus di pasaran. Seperti contohnya aksesoris wanita, tas, pakaian, sepatu dan lainnya.

  • Cari Produsen Terpercaya

    Biasanya di internet ada banyak yang menawarkan diri sebagai supplier first hand. Tapi, apakah itu benar dan bisa dipercaya? Coba cari tahu informasi terkait agar benar-benar memperoleh produsen terbaik.

  • Ajukan Kerja Sama

    Setelah menemukan supplier pilihan, Anda bisa mengajukan kerja sama. Dengan begitu, mereka bisa membantu Anda dan mempersiapkan keperluan atau barang-barang. Pastinya juga dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Beli Secukupnya

    Jika kesepakatan sudah disetujui kedua belah pihak, Anda bisa mulai order barang yang dijadikan stok. Pastikan tidak berlebihan, tapi secukupnya saja. Selain hemat modal, Anda juga bisa memantau laju barang tersebut termasuk slow moving atau fast moving. Maksudnya adalah produk dengan penjualan cepat dan lambat. Karena masih awal kan belum diketahui. Jadi sebaiknya siapkan seperlunya saja.

  • Selesaikan Transaksi Dengan Segera

    Kalau sudah membuat pesanan, segera selesaikan pembayaran agar barang bisa dibawa pulang ataupun dikirimkan ke tujuan, khususnya untuk Anda yang belinya di online. Apalagi dengan adanya stok di tangan, aktivitas jual beli bisa dimulai.

Itulah beberapa langkah mudah untuk menjadi dropshipper. Semakin cepat dikerjakan, semakin cepat pula Anda menjadi dropshipper, bukan? Saat itu juga harus siap bersaing dengan barisan penjual lainnya.

Strategi Menjadi Reseller Yang Sukses

Agar bisa menuai keberhasilan dalam peluang usaha reseller ini, diperlukan beberapa usaha. Berikut ini adalah tips sukses menjadi reseller, yakni:

  1. Fokuskan Pada Satu Jenis Produk

    Namanya juga baru mulai, tidak perlu buru-buru untuk memborong banyak barang. Kalau nanti sudah ketahuan mana yang banyak diminati, bisa beli lagi dalam jumlah yang sesuai. Begitu juga sebaliknya.

  2. Pelajari Produk Yang Dijual

    Sebagai penjual, aneh rasanya jika tidak mengetahui produk yang ditawarkan, bukan? Bisa-bisa konsumen kabur karena ragu dengan Anda. Dengan mengetahui produk jualan juga akan mempermudah Anda dalam menjawab pertanyaan konsumen.

  3. Berikan Pelayanan Yang Bagus

    Memang tak jarang ditemui konsumen yang banyak tanya, beli pun bisa jadi tidak jadi. Menyikapi hal ini, sebaiknya memang harus sabar. Selain itu coba gunakan feeling Anda agar bisa terus memberikan pelayanan yang bagus. Kalau memang lebih banyak bertanya, sebaiknya lengkapi deskripsi di bagian produk. Jadi, konsumen juga tidak kebingungan.

  4. Maksimalkan Pemasaran

    Gunakan media sosial untuk pemasaran produk dan bila perlu bergabung di market place. Semakin banyak cara memasarkan barang, semakin besar pula peluang untuk mendapatkan konsumen.

Demikianlah beberapa hal terkait trik dan kiat-kiat jitu dalam memaksimalkan peluang usaha reseller yang ada. Sehingga bisa diikuti dan bisa berjalan.

Loading...
Loading...