5 Kiat Jitu Memanfaatkan Peluang Usaha Dropship Bagi Pemula

Di era digital ini, peluang usaha dropship sedang naik daun. Terbukti dengan banyak peminat dari berbagai kalangan, membuat jualan online semakin diminati. Sebenarnya, apakah dropship itu? Mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu apa itu dropship. Artinya adalah seseorang yang menjualkan produk orang lain tanpa memiliki stok terlebih dulu. Keuntungan sepenuhnya bisa diatur oleh pihak dropship dan nantinya setiap pesanan konsumen, pihak supplier lah yang mengirimkan orderan. Menyenangkan sekali, kan? Bisa dapat uang tanpa repot pikir stok ataupun uang buat modal.

Seorang dropship dalam menawarkan produknya menggunakan media gambar, tulisan maupun video. Kemudian ditawarkan di sosial media maupun market place. Pada saat ada yang order, seorang dropshiper bisa menghubungi supplier untuk mengirikan paket sesuai pesanan. Biasanya, dropship akan memperoleh harga khusus. Jadi bisa mengambil keuntungan sendiri di setiap penjualan yang dilakukan.

Seperti apakah peluang usaha dropship di Indonesia ya? Tak sedikit usaha-usaha yang berkembang maupun maju membuka kerja sama dengan siapa saja yang bersedia menjadi dropship. Untuk bisa bekerja sama, biasanya pihak supplier tidak mengharuskan syarat ini itu. Tapi ada juga yang sebagiannya meminta calon dropship memenuhi persyaratan yang ada.

Keuntungan Menjadi Dropshipper

Melihat peluang usaha dropship yang begitu diminati ini, kira-kira apa saja keuntungan yang diperoleh ya? Simak berikut ini:

  • Tidak Memerlukan Modal Besar Untuk Membeli Stok Terlebih Dulu

    Sering kali dalam memulai usaha dipusingkan oleh modal. Tapi dengan menjadi dropship, Anda tidak perlu modal. Sebab ketika ada yang pesan, pembeli membayar terlebih dulu barulah barang dikirimkan.

  • Tidak Dipusingkan Untuk Mengurus Produk

    Semua sudah dihandle oleh pihak supplier, mulai dari pengambilan barang, packing, sampai antar paket ke tempat ekspedisi. Menjadi seorang mitra kerja supplier tidak perlu mengurus barang secara langsung.

  • Bebas Menentukan Jumlah Keuntungan

    Supplier biasanya membebaskan dropshipnya untuk menentukan harga jual. Dari selisih yang ada bisa menjadi keuntungan. Semisal harga supplier 50 ribu, dropship bisa jual 70 ribu. Jadi keuntungan yang diterima 20rb.

  • Bisa Dijadikan Sebagai Bisnis Utama Maupun Sampingan

    Ada yang sedang mencari bisnis sampingan, bisa memilih usaha dropship. Atau bahkan menjadikan usaha ini sebagai fokus utama.

  • Peluang Usaha Dropship Cukup Besar

    Hampir produk jasa maupun barang bisa dihandle oleh dropship. Maksudnya adalah Anda bisa menjadi dropship apa saja, sebab peluangnya sangat besar. Terbuka secara luas dan bisa Anda ikuti sekarang juga maupun nanti. Pasalnya, ada banyak perusahaan maupun distributor yang membuka kesempatan mitra kerja menjadi dropship.

  • Usaha Dapat Dikerjakan Tanpa Terikat Waktu

    Ada yang punya pekerjaan tetap, pelajar bahkan ibu rumah tangga pun bisa jadi dropship. Pekerjaan ini tidak terikat waktu, jadi bisa dipasarkan ketika sedang luang. Selain itu, tidak mengganggu pekerjaan utama. Malahan seperti sedang bermain handphone saja. Bedanya, Anda lebih produktif, bukan main-main ponsel saja.

  • Tidak Perlu Sewa Tempat Untuk Buka Toko

    Karena Anda adalah penjual online yang memasarkan produknya lewat internet. Kalau memang harus menawarkan secara langsung, Anda bisa menggunakan katalog dan nantinya sistem pre order jatuhnya. Pembeli bayar dulu dan barang bisa dikirim ke alamat pelanggan.

  • Bebas Memasarkan Produknya Ke mana Saja

    Dengan menjadi dropship, Anda berhak memasarkan produk tersebut ke mana saja. Bisa lewat online maupun offline. Sebab nantinya, pesanan akan dikirim lewat jasa ekspedisi yang bisa menjangkau kota mana saja.

Deretan keuntungan menjadi mitra yang menjualkan produk supplier tanpa stok ini jelas saja menarik perhatian, bukan? Tapi, bagaimana caranya agar bisa menjadi dropship ya? Mudah sekali, Anda bisa mencari supplier secara online maupun offline untuk bekerja sama. Kemudian ikuti persyaratannya dan Anda bisa langsung menjualkan produk sebagai dropship.

Terlihat mudah, bukan? Tapi, bagaimana jika produk yang dijual tidak juga laku? Apakah yang harus dilakukan? Peluang usaha dropship yang besar turut diikuti oleh banyak pihak dan membuat munculnya dropship dimana-dimana. Agar tidak kalah saing dengan kompetitor lain, tentu harus punya strategi yang matang.

Tips Jitu Memanfaatkan Peluang Usaha Dropship

tips menjalankan bisnis dropshipper
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Maraknya bisnis dropship membuat pihak supplier maupun calon mitra berlomba-lomba agar bisa memanfaatkan kerja sama tersebut. Ini berarti usaha tersebut memiliki tingkat kompetisi yang ketat. Namun bukan berarti harus mundur sebelum mencoba, bukan? Terlebih untuk Anda para pemula, Anda tak perlu ragu untuk maju. Agar lebih bersemangat, berikut ini ada kiat jitu dalam memaksimalkan bisnis jadi dropshiper:

  1. Kenali Produk Uang Akan Dipilih

    Sebagai seorang dropship kita harus tahu apakah produk bersangkutan sedang berkembang atau tidak. Kalau bisa memilih barang yang memiliki prospek bagus, kenapa tidak? Dengan barang yang punya peluang bagus, akan lebih mempermudah pemasaran nantinya. Contoh produk dropship yang punya peluang besar antara lain dropship barang elektronik, aksesoris, makanan beku, pakaian dan lainnya.

  2. Bandingkan Produk

    Ada banyak sekali produk-produk yang menerima kerja sama. Tapi, bukan berarti harus dipilih secara suka-suka kan? Sebagai penjual juga harus selektif dalam memilih produk. Seperti memilih produk berkualitas, harga bersaing, dan lainnya. Untuk itu, coba bandingkan barang-barang tersebut, kemudian tentukan yang paling unggul diantara lainnya.

  3. Ketahui Profil Perusahaan Atau Supplier

    Pada saat menerima tawaran untuk jadi mitra bisnis, alangkah baiknya kalau supplier atau perusahaan tersebut dicek betul-betul. Seperti review atau ulasan produk, lokasi, sistem kerja dan lainnya. Pasalnya, penipuan bisa saja terjadi terutama kalau tidak selektif. Selain resiko tersebut, asal-asal pilih supplier bisa menyebabkan banyak komplain dari pelanggan, bukan?

  4. Popularitas Brand

    Branding produk yang populer di pasaran turut mempermudah dropship dalam memasarkan produknya. Berbanding terbalik dengan brand baru yang umumnya tidak mudah dikenali oleh konsumen. Kendati demikian, itu bisa menjadi tantangan tersendiri dalam menggeluti bisnis sebagai dropship.

  5. Berikan Harga Bersaing

    Mengingat persaingan di luar tidaklah mudah, Anda perlu mengatur harga yang bersaing agar menarik perhatian. Tidak perlu buru-buru mengejar laba besar, dari harga produk yang dijual mahal. Padahal, harga yang terjangkau jauh lebih diminati oleh konsumen. Untuk mengetahui rentang harga, Anda bisa mendapatkannya dengan survei. Sehingga bisa diketahui pasaran harga yang ada itu, berapa?

Itu dia 5 tips sukses menjadi dropship. Hal-hal sederhana tapi sangat berpengaruh dalam kelancaran usaha. Oleh karena itu, pastikan tidak dilewatkan begitu aja ya. Sebab bagaimana pun juga, kita harus punya cara-cara pilihan dalam menggeluti bisnis ini. Kalau hanya daftar jadi dropship dan pasarkan produk lewat online saja, pasti banyak yang bisa.

Tapi, mereka yang juga bisa mendapatkan pembeli dan pelanggan setia itu tidak mudah. Karenanya, imbangi cara kerja bisnis Anda dengan kiat-kiat jitu. Seperti 5 tips di atas, yang bisa diterapkan untuk lebih maju dan siap menjadi mitra kerja supplier yang hebat.