Tips Bisnis Sambil Kerja Lengkap Dengan 8 Contohnya

Ketika bekerja kantoran maupun serabutan, kita pasti mendapatkan upah. Namun terkadang, besarnya gaji yang diterima belum bisa dimaksimalkan. Hal ini membuat seseorang mulai mencari jalan lain. Salah satunya dengan mencari usaha sampingan. Bisnis sambil kerja tersebut dapat dijalankan tanpa mengganggu pekerjaan utama.

Namanya, juga sampingan. Tentu saja usaha ini memang tak seharusnya mengecohkan pekerjaan pokok. Apa saja ya, contoh-contoh bisnis yang bisa dihandle sambil bekerja ini? Apa pula jenis sampingan yang dapat dikerjakan dengan mudah? Simak berikut ini:

Contoh Bidang Bisnis Sambil Kerja

Mungkin Anda sedang kebingungan untuk mencari bidang pekerjaan apa yang bisa dihandle di kala waktu luang setelah menyelesaikan pekerjaan utama. Berikut ada beberapa jenis bisnis yang bisa dikembangkan sembari bekerja:

1. Bisnis Makanan Untuk Sarapan Maupun Makan Siang

Sering kali dalam bekerja kita lupa akan sarapan. Hal ini karena tidak sempat membeli ataupun menyantap di rumah terlebih dulu. Tentunya saja, ini adalah peluang yang bagus untuk menekuni usaha menu makan pagi. Bila perlu, Anda juga bisa menawarkan santapan untuk makan siang.

Bagaimana ya caranya? Anda yang hobi masak, bisa mengolah sendiri di rumah. Atau minta tolong anggota keluarga untuk menyiapkannya. Agar menu yang dibawa tidak sia-sia, Anda bisa membuat list terlebih dulu. Jadi, dibuat ketika ada yang memesan.

Anda juga bisa memvariasikan menu agar pembeli tidak bosan. Cara lain juga bisa dilakukan dengan menitipkan makanan tersebut ke warung yang dipercaya. Kemudian nanti bisa bagi hasil.

2. Jual Pulsa, Paket Data Dan Pembayaran Lainnya

Sekarang ini pulsa sudah seperti kebutuhan pokok. Ini artinya peluang bagus untuk mencoba berjualan pulsa dan paket data juga lainnya. Untuk menghindari konsumen yang utang sampai lupa bayar, Anda bisa membuat catatan dan memberi batasan waktu. Ketika sudah waktunya bayar, juga harus ditagih agar tidak menimbulkan kerugian.

3. Bisnis Makanan Ringan

Hampir sama dengan usaha makan siang, camilan pun bisa dicoba. Anda bisa membuat sendiri ataupun beli dalam jumlah kiloan kemudian dipacking kecil-kecil. Praktis, bukan? Kemudian snack tersebut bisa dijualkan sendiri maupun dititipkan ke warung. Jangan hanya di satu tempat, cari warung lain juga yang menerima penitipan makanan ringan.

4. Jadi Reseller Ataupun Dropship

Menjualkan produk orang lain tanpa menyetok barang, kenapa tidak? Reseller dan dropship menawarkan bisnis sambil kerja secara online tanpa modal. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang. Anda cukup menawarkan produk terkait kemudian mengambil laba dalam jumlah tertentu.

Pada saat ada yang membeli, konsumen akan membayar terlebih dulu ke Anda. Barulah uang tersebut bisa dibelanjakan ke supplier setelah dipotong fee. Pihak supplier itu jugalah yang nanti akan mengirimkan barang. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot kan?

5. Menjadi Penerjemah Online Atau Offline

Kalau Anda punya skill dalam beberapa bahasa, kemampuan menerjemahkan bahasa lain cukup banyak peminat dan bisa dicoba. Anda tidak perlu modal kan? Anda bisa menawarkan jasa translate secara online maupun offline. Pekerjaan ini pun bisa Anda kerjakan setelah pulang kerja atau di hari libur.

6. Membuat website Dan Desain Web

Skill di bidang IT yang Anda miliki bisa dimaksimalkan lagi dengan usaha sampingan pembuatan web desain maupun website. Usaha ini cukup bagus karena di era digital ini banyak yang memerlukan sebuah web untuk bisnis masing-masing. Dikarenakan membuat laman web tidak mudah, mereka memilih jasa pembuatan website untuk membantu. Jelas saja ini adalah kesempatan besar untuk Anda, bukan?

7. Jadi Broker Kendaraan Maupun Properti

Anda bisa mencari broker lepas di perusahaan tertentu. Bisnis ini tidak perlu modal dan sistemnya adalah komisi. Fee tersebut kebanyakan dihitung dari persentase harga jual properti maupun kendaraan yang berhasil dijualkan. Profit yang diperoleh tak terbatas kan?

8. Jualan Produk Di Event-Event Tertentu

Anda juga bisa memanfaatkan acara-acara tertentu untuk mendulang rupiah. Contohnya jualan minuman di tempat car free day, jual produk souvenir di acara wisuda, jual barang mainan di tempat orang hajatan dan masih banyak lainnya. Event-event tersebut dapat menjadi ladang penghasilan yang tidak bisa dianggap remeh.

Itulah sedikitnya delapan bisnis sambil kerja yang bisa dijalankan tanpa ribet. Manakah yang paling Anda minati? Tentukan dari awal sebelum menekuninya, agar tidak merasa terbebani di tengah jalan. Di imbangi dengan cara yang tepat, usaha sampingan tidak kalah menghasilkan jika dibandingkan dengan job utama.

Tips Sukses Bisnis Sambil Kerja

Menekuni bisnis di waktu luang bukanlah hal yang tidak mungkin. Anda bisa memilihnya dari sekarang. Akan tetapi bagaimana caranya agar bisnis sampingan tersebut mencapai keberhasilan? Berikut beberapa tips sukses dalam menjalankan bisnis sembari bekerja:

  • Pilih Yang Sesuai Dengan Passion Anda

    Kenapa? Agar dalam menggeluti bisnis tidak merasa jenuh ataupun terbebani. Kalau sesuai passion, pasti keinginan untuk menjalankan usaha akan terasa nyaman.

  • Jika Memerlukan Modal, Cari Yang Paling Cocok Dengan Kantong

    Tidak selalu usaha harus modal besar. Seperti bisnis sampingan yang bisa dipilih sesuai budget atau dengan modal awal yang terjangkau.

  • Asah Kemampuan Dengan Penuh Keberanian

    Kalau Anda memiliki skill di bidang mekanik, tidak ada salahnya untuk buka bengkel motor kecil-kecilan di rumah. Sembari memaksimalkan kemampuan, Anda juga bisa dapat cuan, bukan?

  • Promosikan Usaha Anda Di Sosial Media

    Anda bisa memperkenalkan bisnis sampingan tersebut ke media sosial. Dengan begitu, akan ada banyak orang yang mengetahuinya. Jika sewaktu-waktu ingin membeli produk sesuai yang Anda punya, mereka bisa menghubungi Anda.

  • Cari Lowongan Di Portal Kerja Freelance

    Untuk Anda yang ingin mencari kerja sampingan, bisa mendapatkannya di internet. Ada beberapa laman yang menawarkan iklan sebagai pekerja lepas. Nah, itu bisa Anda coba dan nantinya bisa dipilih sesuai skill. Contoh website freelance Indonesia, Projects.co.id

  • Selalu Berinovasi

    Berat persaingan bisnis tidak melupakan usaha sampingan. Ada persaingan yang cukup berat dan membuat kita harus sekreatif mungkin jika tidak ingin kalah. Maksudnya jika menginginkan kesuksesan dalam bisnis sambil kerja kita harus punya alternatif lain.

Melihat peluang bisnis sampingan yang tidak sedikit sebenarnya telah menjamur. Banyak yang sudah menekuninya, bagaimana dengan Anda? Jika menginginkan adanya keberhasilan, baik itu dalam pekerjaan maupun bisnis kecil-kecilan, semua harus diimbangi dengan strategi yang tepat. Dengan begitu bukan tidak mungkin keberhasilan bisa dimiliki.

Setelah kita tahu macam-macam usaha yang bisa dikerjakan setelah ataupun sembari bekerja, kita bisa menentukan mana yang paling cocok, kan? Sebaiknya memang begitu dan tidak perlu mengikuti orang lain. Sebab passion masing-masing orang tidaklah sama. Begitu juga kesuksesan yang diperoleh.

Mungkin kita bisa mengcopy bentuk usaha dan caranya, tapi teknik untuk mencapai keberhasilan masing-masing jelas tidak sama. Namun, setidaknya kita bisa mengupayakan suatu usaha sembari bekerja semaksimal mungkin.