7 Cara Mencari Supplier Terpercaya

Loading...

Menekuni bisnis jual beli suatu produk di online maupun offline sama-sama memerlukan perantara. Adalah pihak yang menyediakan barang-barang tertentu yang didatangkan langsung dari produsennya. Cara mencari supplier tersebut pun bisa dibilang tidak mudah. Pasalnya sekarang ini banyak distributor abal-abal yang menipu pembelinya. Pastinya tak ada yang ingin ditipu begitu kan? Untuk itu, kita harus bagaimana? Satu kata, selektif!

Jelas tidak perlu dipertanyakan lagi kenapa harus mencari supplier yang dapat dipercaya. Tak lain untuk mendapatkan kualitas produk yang terjamin dengan harga yang sebanding. Kualitas produk sangat penting agar tidak mengecewakan pelanggan. Jika sekali saja membuat kekecewaan, pembeli bisa kabur ke seller lainnya. Bahkan kunci utama yang harus diperhatikan sebelum memulai bisnis adalah menemukan supplier terbaik.

Dimana Bisa Menemukan Supplier?

Sedikitnya ada 5 sumber untuk mendapatkan supplier tangan pertama. Kelima tempat tersebut antara lain adalah:

Loading...
  • Melalui Website Dengan Model Banding Harga

    Cara mencari supplier paling mudah bisa dikatakan dari internet. Di sana akan ada beberapa website yang menawarkan diri sebagai distributor terbaik. Kemudian, cek perbandingan harga guna memperoleh penawaran paling kompetitif.

  • Melalui Komunitas Online

    Forum online ini bisa di media sosial seperti Facebook maupun lainnya. Tak jarang ditemukan penawaran supplier dan produsen yang siap dipercaya. Selain itu, di komunitas tersebut juga tersedia beberapa informasi yang dapat membantu, termasuk info supplier yang Anda inginkan.

  • Via Marketplace

    Di marketplace seperti contoh Shopee, kita tidak hanya bisa belanja ataupun jualan saja, tapi juga bisa mencari penjual firsthand. Banyak seller sebagai supplier yang menjual aneka produk pilihan dengan harga bersaing. Jadi bisa dipilih sesuai keinginan.

  • Aplikasi Online Shop

    Sekarang ini ada banyak toko online yang berdiri sendiri dengan sebuah aplikasi. Lewat fitur tersebut Anda bisa menemukan toko dengan harga super murah. Bahkan nantinya proses transaksi juga mudah, langsung di apps tersebut.

  • Melalui Kunjungan Bazar

    Tak jarang ada event-event tertentu dan banyak yang menawarkan produk dengan harga miring. Pastinya, cocok sekali untuk dipilih, kan?

Dari kelima tempat tersebut, manakah lokasi yang Anda pilih dalam mencari supplier professional? Masing-masing jalur memiliki peluang yang berbeda-beda untuk memperoleh penyuplai produk sesuai permintaan. Kalau memang tidak repot, Anda bisa mencari tahu supplier terpercaya di semua jalur. Tapi, di salah satu jalur pun tak jadi masalah.

Cara Mencari Supplier Terpercaya

Kurang selektif dalam memilih produsen, kerap kali merugikan. Bak ladang penipuan, jika tidak pintar-pintar menyeleksi. Bahkan cerita supplier bodong pun cukup banyak ditemui. Sudah bayar sesuai kesepakatan, namun barang tidak datang-datang. Jangan sampai itu terjadi. Jangan hanya percaya iming-iming harga murah tanpa mencari tahu kebenarannya. Berikut ini cara mencari supplier terbaik bisa dipilih, seperti:

1. Memiliki Kontak Dan Alamat Yang Jelas

Sekalipun jauh dan hanya bisa dijangkau lewat internet, supplier online bisa dipilih. Salah satu alasannya karena ada alamat yang real dan benar-benar bisa dihubungi. Alamat tersebut dapat dilacak atau dicek langsung via Google atau Maps. Sedangkan kontak, tinggal dihubungi saja.

2. Punya Feedback Atau Testimoni Pelanggan

Supplier profesional pasti memiliki konsumen dan sebagai bukti setidaknya ada testimoni mengenai pihak tersebut. Dari feedback itu bisa kita lihat bahwa produsen punya reputasi tertentu. Biasanya, konsumen akan memberikan komentar mengenai pengalaman belanja di pihak produsen. Gambaran tersebut dapat dipertimbangkan dalam memilih supplier terbaik. Memang, terkadang supplier juga punya kesalahan yang membuat konsumen kecewa seperti pengiriman lama, slow respon dan lainnya. Asalkan feedback tersebut hanya sebagian kecil tidak masalah. Terkadang pada saat banyak pesanan, produsen bisa slowrespon.

Di samping itu, ada juga toko baru tapi bukan berarti tidak masuk dalam pilihan. Sebab produsen baru belum punya konsumen. Untuk mengetahui pihak penjual itu bisa dipercaya atau tidak, bisa melihat dari responnya bagaimana. Minta juga untuk mereka memfotokan real produk atau jika memungkinkan, datang saja langsung. Sebab ada beberapa toko yang semua menjual secara offline membuka penjualan via online, begitu juga sebaliknya.

3. Ketersediaan Barang

Biasanya, supplier tangan pertama memiliki stok banyak agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan mereka. Kalau stok mereka hanya sedikit, mungkin perlu dipertimbangkan. Takutnya ketika akan beli banyak, barang kosong. Padahal produk tersebut sedang dipesan orang. Kalau begini, bisa mengecewakan pembeli bukan? Beda cerita kalau memang produk tersebut limit stok. Sebenarnya tidak apa-apa jika ingin memilih produsen dengan stok terbatas. Tapi resikonya, bisa sering kehabisan ketersediaan, bukan?

Loading...

4. Perhatikan Kondisi Barang

Selalu cek kondisi barang sebelum dibeli. Membeli barang sedikit ataupun banyak, selalu perhatikan kondisi produk. Jangan sampai menerima barang rusak. Kalau produk yang dibeli rawan mengalami kerusakan, coba minta garansi atau refund jika kualitas barang tidak sesuai yang disepakati. Caranya pun mudah, Anda bisa pilih langsung sendiri ke toko. Tapi, kalau pembeliannya lewat online, setiap kali menerima paket pesanan, selalu video dari awal buka paket sampai cek barang satu per satu. Video tersebut dapat dijadikan bukti yang real, jika sewaktu-waktu ada pesanan yang tidak sesuai.

5. Mode Pengiriman

Lihat juga bagaimana sistem pengiriman pesanan yang dilakukan supplier. Apakah termasuk cepat atau lambat. Tentunya, pilih produsen yang bisa mengirimkan pesanan dengan segera, bukan? Selain itu, kenali juga mode pengirimannya menggunakan ekspedisi apa saja? Kalau pesan banyak dan jaraknya agak jauh, pasti akan lebih hebat jika ada paket cargo kan? Atau adakah pengiriman lewat ojek online, yang memudahkan proses pengiriman dalam satu kota yang sama atau beda kota tapi bisa dijangkau. Pilihan tersebut sangat membantu Anda untuk membawakan pesanan dalam jumlah banyak tanpa menunggu lama.

6. Kenali Peraturan Toko

Biasanya supplier memiliki aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh para konsumen maupun resellernya. Baca dan pahami betul-betul apakah Anda merasa kurang cocok dengan peraturan yang tertera. Seperti jumlah minimal order, maksimal waktu pemesanan dan pengiriman, serta lain-lainnya.

7. Ketahui Syarat Berbelanja Di Supplier

Para supplier ada yang mengharuskan reseller, dropship dan end customer memenuhi persyaratan untuk bisa belanja. Seperti minimal beli 10 barang ataupun lainnya. Ada juga yang mengharuskan menyelesaikan biaya administrasi dalam jumlah tertentu. Ketahui syarat semuanya, jika Anda merasa itu wajar dan tidak memberatkan bisa dipilih. Kalau memang tidak, dapat beralih ke seller lain.

Dapat disimpulkan bahwa cara mencari supplier tidak mudah. Tapi tidak sulit jika kita tahu langkah-langkahnya, bukan? Setidaknya paham atas apa saja yang harus diperhatikan. Jadi tidak sembarangan pilih hanya karena penawaran harga murah. Wajib diingat bahwa mencari produsen bukan hanya memperhatikan soal miring tidaknya harga tersebut, namun juga ada lain-lainnya. Jadi, pastikan lebih selektif untuk kelancaran bisnis dalam jangka dekat maupun panjang.

Loading...