13 Cara Memulai Bisnis Travel Wisata Bagi Pemula

Loading...

Untuk Anda yang hobi travelling, suka menyusun suatu rencana dengan sangat detail dan gemar membantu orang, mungkin bisnis di bidang travelling sangat tepat untuk dipilih. Lantas, bagaimana cara memulai bisnis travel wisata itu ya? Apa saja yang harus dipersiapkan dan bagaimana langkah-langkahnya? Semuanya akan dibahas di bawah ini.

Benar sekali, pariwisata sedang banyak diserbu oleh berbagai kalangan. Mereka pun bisa saja jalan sendiri ke lokasi tanpa pihak pemandu. Bisa juga mengandalkan keperluan ke jasa penyedia wisata terkait. Tapi, tidak sedikit yang memilih layanan travel. Ini artinya, kesempatan di bidang usaha travelling cukup bagus dan bisa dipertimbangkan.

Kenapa Memilih Bisnis Travel Wisata?

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, usaha travelling dapat diperhatikan bahkan diprioritaskan. Kira-kira apa saja keuntungannya ya? Berikut jawabannya:

Loading...
  • Stabil Dan Selalu Berkembang
    Untuk di Indonesia sendiri, industri pariwisata cenderung stabil bahkan mengalami kenaikan. Bisa dikatakan stabil, baik itu dari wisatawan dalam negeri maupun mancanegara. Jadi, prospeknya sangat bagus kan?
  • Bisa Dijalankan Terus Dan Bukan Musiman
    Bisnis tour and travel tak mengenal musim panas maupun penghujan. Orang-orang tetap melakukan wisata, baik itu di hari libur maupun hari-hari biasa.
  • Pembayaran Di Awal
    Sebagai salah satu bisnis di bidang jasa, layanan travelling menawarkan pembayaran di awal. Jadi tidak perlu khawatir jika konsumen tidak melakukan pembayaran. Jadi, lebih aman tanpa dibebani piutang, kan?

Jadi, bagaimana? Sudahkah Anda siap memulai bisnis travel wisata tahun ini? Atau akan menjalankan dalam waktu dekat? Namun, dalam menjalankan usaha ini, masih banyak yang bingung dan belum tahu harus memulainya dari mana juga bagaimana. Anda tak perlu permasalahkan hal tersebut. Berikut ini tips sekaligus langkah-langkah dalam mengawali bisnis travelling.

Cara Memulai Bisnis Travel Wisata Bagi Pemula

Mengawali usaha di bidang biro perjalanan wisata harus didukung dengan kemampuan dan kemauan yang seimbang. Kurang lebih berikut ini 13 langkah dalam memulai bisnis travel wisata, yakni:

1. Pilihlah Jenis Usaha Yang Anda Minati

Langkah awal yang harus diperhatikan adalah menentukan jenis travel yang akan ditekuni. Pasalnya, pilihannya ada banyak mulai dari penginapan, tiket pesawat, tiket kereta api, pengurusan paspor juga visa dan lainnya. Kalau sudah ketemu, bisa difokuskan ke bidang tersebut.

2. Buat Profil Usaha

Dalam membuat profil bisnis travel, setidaknya berhubungan dengan bidang yang digeluti. Kemudian lengkapi dengan ikon maupun tulisan lain agar mudah diingat oleh konsumen.

Loading...

3. Buatkan Peta Travel

Coba deskripsikan apa saja yang ada dalam cakupan bisnis travel Anda. Buatlah gambaran yang unik dan tidak monoton. Seperti contohnya peta wisata ke kota A. Pastikan tidak hanya fokus ke destinasi wisata saja, tapi coba tawarkan tempat belanja maupun wisata kuliner.

Jadi perjalanan mereka tidak membosankan dan pastinya lebih menarik perhatian. Di samping itu, pastikan juga Anda memiliki data lengkap mengenai setiap tujuan. Seperti jam operasional, apa saja yang tersedia, keistimewaan dan lainnya.

peta travel
Gambar oleh digital designer dari Pixabay

4. Buatlah Nama Brand Yang Mudah Diingat

Hati-hati dalam membuat ikon bisnis, sebab nama brand itulah yang menjadi wajah utama yang akan dikenali oleh konsumen. Selain pastikan nama pilihan tersebut mudah diingat dan nyaman di dengar. Dengan nama yang unik dan tampil beda, memungkinkan lebih mudah dihafal oleh konsumen.

5. Daftarkan Merk Bisnis Travel Yang Dimiliki

Sangat penting untuk mendaftarkan merk bisnis agar resmi sebagai hak milik Anda. Jika sewaktu-waktu ada yang melanggar, maka bisa diproses secara hukum.

6. Susun Paket Yang Menarik

Bila perlu, mulai bisnis travel wisata Anda dengan paket yang unik dan anti mainstream. Jadi lebih berkesan dan menarik perhatian. Coba cari ide-ide yang “out of the box” agar tidak terlihat biasa-biasa saja. Tapi begitu berkesan di hati konsumen.

7. Siapkan Senjata Untuk Maksimalkan Pemasaran

Promosi dan pemasaran bisnis sangat penting untuk dilakukan. Pertama yang harus disiapkan adalah kartu nama yang nantinya bisa Anda persiapkan sebagai media pemasaran. Kedua, manfaatkan media sosial seperti Instagram, Facebook, twitter maupun lainnya untuk memasarkan bisnis.

Dari sosial media ini, Anda bisa mulai bisnis travel wisata tanpa harus mahal. Bahkan bisa menjangkau secara luas tanpa batas. Baca : Cara Promosi Online Bisnis Travel

8. Perluas Jaringan Usaha Anda

Lebih tepatnya adalah berkolaborasi dengan pihak lain guna memperluas bidang usaha. Jelas saja peluang kerja sama ini sangat bagus dan pastinya tidak dilewatkan. Contohnya kolaborasi dengan travel lain yang ada di luar kota. Menjalin kerja sama yang saling menguntungkan ini bisa dipertimbangkan juga.

9. Perkenalkan Usaha Yang Anda Bangun

Agar semakin dikenal oleh orang banyak, Anda bisa memperkenalkan usaha yang baru dibangun ini ke rekan maupun yang lainnya. Anda juga bisa minta tolong ke rekan maupun keluarga untuk memperkenalkan bisnis tersebut.

Bisa pula berikan fee atau komisi untuk mereka yang berhasil membawakan konsumen untuk Anda. Secara tidak langsung, menjadikan hubungan kerja sama juga kan?

10. Kembangkan Bisnis Dalam Jangkauan Online

Pada era digital ini, tentu sangat bagus untuk memperkenalkan bisnis secara online. Dengan begitu, Anda bisa menjaring konsumen lebih mudah lagi. Bahkan para pelanggan lama bisa memesan jasa travel Anda kembali bukanlah hal yang tak mungkin.

Platform di digital ini bisa Anda kembangkan semaksimal mungkin. Mulai dari pemasaran, pembelian hingga transaksi pembayaran.

11. Selalu Berikan Pelayanan Yang Terbaik

Namanya juga fokus ke bidang jasa, pelayanan yang diberikan sangat penting. Bahkan dapat dinilai oleh konsumen dengan mudah. Karenanya, selalu berikan bentuk pelayanan yang terbaik.

12. Coba Untuk Terhubung Dengan Para Konsumen

Terhubung di sini maksudnya adalah memiliki koneksi khususnya dalam media sosial. Jadi, Anda bisa menawarkan produk travel lagi di kemudian hari. Jangan lupa untuk upload ucapan terima kasih telah memilih agent travel Anda.

13. Buatlah Izin Usaha

Ketika nanti bisnis Anda sudah mulai berkembang, segeralah untuk mendaftarkan bisnis Anda ke pemerintah secara resmi. Jangan biarkan bisnis yang dibangun melanggar aturan pemerintah ya. Selain itu, dengan izin resmi, bisnis Anda juga akan lebih dipercaya oleh para konsumen, kan?

Demikianlah tiga belas langkah jitu dalam memulai bisnis travel wisata. Terlihat tidak sulit, bukan? Bahkan Anda bisa mengawalinya sendiri maupun bersama rekan. Perihal modal uang, berapa jumlahnya sangat relatif. Sebab dari cara-cara di atas memerlukan dana dalam jumlah yang tidak pasti. Atau dalam kisaran budget tertentu.

Setelah mengetahui tekniknya, Anda bisa mengawalinya dengan segera. Kalau memang bisa dijalankan sekarang kenapa harus menunggu nanti, bukan? Hanya saja, pastikan betul-betul untuk persiapannya agar bisnis dapat berjalan lancar.

Bukan hanya sekedar buka saja, tapi juga ada hasilnya. Karena itu, selalu cari inovasi dan ide-ide kreatif agar bisnis yang ditekuni punya kemajuan. Memang benar, memulai bisnis travel wisata tak semudah mengembalikan telapak tangan. Jadi ada caranya dan harus diimbangi dengan kreatifitas yang bagus.

Loading...