6 Alasan Mengapa Bisnis Franchise Adalah Pilihan Yang Patut Dipertimbangkan

Sekarang ini, bisnis franchise sedang banyak diminati oleh berbagai kalangan, baik itu pengusaha pemula maupun senior. Di Indonesia, franchise dikenal dengan nama waralaba.

Adapun pengertian dari bisnis franchise adalah sebuah hubungan dimana salah satu pihak diberikan hak atau izin untuk menggunakan dan memanfaatkan hak dari kekayaan intelektual (HAKI). Adapun kriteria usaha yang dimiliki pihak lain dengan adanya imbalan sesuai kesepakatan bersama dalam hal jual beli barang ataupun jasa.

Membeli bisnis waralaba rupanya memiliki daya tarik bagi sebagian besar. Salah satu alasannya karena usaha tersebut memiliki resiko yang sedikit.

Bahkan semua keperluan franchise sudah disiapkan oleh franchisor atau pihak yang memberikan jasa waralaba. Sehingga pihak penerima franchise atau franchisee sudah terima jadi tinggal menjalankan usahanya saja.

Kenapa Bisnis Franchise Adalah Salah Satu Usaha Yang Menarik Perhatian?

Selain benefit tersebut, kenapa bisnis waralaba ini banyak dilirik oleh calon pengusaha? Adakah keistimewaan lainnya? Berikut ini yang menjadi alasan kenapa bisnis waralaba menjadi pilihan utama bagi pelaku bisnis, diantaranya:

1. Waralaba Bukan Hanya Sekedar Membeli Sebuah Usaha

Perlu diketahui bahwa dalam membangun suatu usaha dari awal itu tidak mudah. Prosesnya juga lama dan masih ada hal-hal lainnya. Tapi, dengan memilih franchise, kita bisa memperoleh pengalaman yang sangat berharga. Jadi bukan hanya membeli usaha semata. Kita pun bisa mendapatkan konsumen lebih mudah karena nama usaha yang dipakai telah dikenal oleh banyak orang.

2. Tidak Memerlukan Branding Produk

Satu bagian yang cukup sulit dalam membangun bisnis adalah membuat dan membangun brand agar dikenal oleh masyarakat luas. Berbeda jika kita memiliki waralaba, nama usaha kita sudah lebih familiar dan tidak asing bagi konsumen.

3. Memperoleh Dukungan Dari Pihak Franchisor

Ketika memutuskan untuk bisnis waralaba, pihak franchisor secara langsung akan membantu dalam mendukung jalannya usaha. Tentu saja ini sangat bagus untuk kemajuan dan berlangsungnya bisnis yang sedang digeluti. Bentuk dukungan itu seperti training usaha, mencarikan tempat yang bagus, memberi bimbingan, pengawasan dan masih banyak lagi lainnya.

4. Peluang Sukses Lebih Besar

Dengan adanya pengalaman dan management usaha yang lebih maju, waralaba memberikan peluang kesuksesan yang besar. Berdasarkan sebuah penelitian, peluang bisnis franchise untuk sukses ada di angka 70%. Sangat besar sekali, ya. Sedangkan untuk bisnis yang dimulai dari nol punya peluang sekitar 60% saja.

5. Bisa Memulai Usaha Lebih Cepat

Pastinya, memilih bisnis franchise dapat berjalan dengan cepat. Pasalnya, bisnis satu ini punya pengalaman dan konsep yang sudah matang. Sehingga sudah terakui. Untuk mendapatkan jenis usaha tanpa menunggu lama, jelas waralaba jawabannya.

6. Ada Pilihan Promosi Yang Berkesinambungan

Kerja sama dalam bisnis ini secara langsung turut memperoleh adanya promosi dari pihak franchisor. Dengan begitu, biaya yang dikeluarkan untuk promosi sendiri akan jauh lebih efisien, bukan?

Itulah beberapa alasan kenapa bisnis franchise adalah pilihan yang tepat dan patut dipertimbangkan. Apakah Anda ingin menjadi salah satu pihak yang ingin menggeluti usaha jenis satu ini? Dengan beberapa alasan bagus di atas, tentunya tidak lagi ragu kan? Pertanyaan berikutnya, waralaba apakah yang sebaiknya dipilih?

Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay

Tips Memilih Bisnis Waralaba Yang Tepat

Tidak sedikitnya penawaran bisnis waralaba mungkin memberikan banyak pilihan yang membingungkan. Di sisi lain, menentukan franchise yang akan dibeli tidak bisa sembarangan. Jangan samakan dengan membeli barang elektronik yang jika rusak dan klaim garansi langsung ganti barang baru.

Beda dan jelas beda jauh. Karena itu, perhatikan baik-baik poin-poin penting dalam memilih waralaba. Berikut ini adalah beberapa pertanyaan sekaligus tips dalam mendapatkan bisnis dari franchisor yang tepat.

• Berapakah Usia Franchise Bisa Dipercaya

Sebenarnya, untuk mengukur berapa usia suatu waralaba dapat tahan banting di tengah persaingan usaha ini tak ada. Namun, disarankan paling tidak bisnis tersebut sudah berjalan minimal 5 tahun.

Dimana usia tersebut dianggap cukup ideal dalam melalui berbagai macam persaingan mulai dari marketing, finansial, sumber daya dan lainnya.

• Apakah Bisnis Franchise Tersebut Punya Izin Resmi

Di luar sana, tak sedikit franchise yang menutup usahanya karena kasus hukum. Pastinya, Anda tak bernasib sama, bukan? Sebab itulah, perhatikan apakah bisnis waralaba yang dipilih memiliki izin resmi?

• Seperti Apakah Sistem Bagi Hasilnya?

Bisnis franchise adalah salah satu usaha yang mengusung nilai royalti. Kriteria franchise yang bagus adalah mereka yang punya sistem kuat.

Dimana modal yang dibayarkan memiliki alur pembiayaan yang jelas, baik itu untuk kepentingan kecil maupun lainnya.

Lalu, berapakah persentase pembagian hasil profitnya? Apakah wajar atau kurang ajar ya? Cek lagi.

• Perhatikan Berapa Biaya Yang Dibutuhkan

Satu hal yang wajib diingat yakni biaya waralaba tidak bisa dikembalikan. Hitungan biaya tersebut sangat bervariasi, ada yang puluhan sampai ratusan juta rupiah.

Tergantung dengan jenis usaha yang dipilih. Oleh karena itu, perhatikan setiap anggaran yang dikeluarkan, apakah bisa tercover oleh income atau justru sebaliknya?

• Apakah Franchisor Punya Laporan Keuangan Yang Akuntabel?

Sebelum deal dengan franchisor, tak ada salahnya jika Anda melihat laporan keuangan yang ada.

Apakah rapi ataukah berantakan? Jika laporan uang masuk dan keluarnya saja tak beres, jelas saja pihak tersebut tidak sebaiknya dipilih kan? Laporan finansial sangat penting untuk bisa kita ketahui berapa profit yang dihasilkan.

Sebab biaya tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk dipilih ataukah tidak.

• Adakah Pelatihan Dan Bimbingan Secara Khusus?

Sebuah usaha franchise profesional akan memberikan training secara khusus, agar pihak franchisee bisa mengelola bisnis tersebut dengan baik. Namun, sebagai pihak penerima waralaba, franchisee juga tidak sebaiknya berpangku tangan.

Kedua belah pihak harus sama-sama bertanggungjawab dalam menjalankan tugas masing-masing. Selain bentuk pelatihan, franchisor yang baik juga akan membimbing secara berkelanjutan untuk memantau jalannya usaha tersebut. Jadi bisa terus menjaga kualitas produk yang dimiliki.

• Di manakah Pembelian Bahan Bakunya?

Khususnya untuk waralaba produk barang, tentu kita harus tahu dimana tempat pembelian keperluan baku tersebut.

Supaya nantinya kita bisa membeli di tempat tersebut dan memperoleh kualitas yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Sebagai franchisee kita juga tidak perlu repot-repot lagi mencari supplier terpercaya, bukan?

• Apakah Bidang Waralaba Tersebut Cocok Untuk Anda?

Di luar sana, bisnis franchise adalah bisnis yang banyak disukai. Di samping itu ada ratusan bisnis franchise bahkan lebih, yang nantinya dapat dipilih.

Namun, pastikan lagi, apakah jenis usaha tersebut cocok untuk Anda? Jangan sampai hanya karena biaya murah Anda menyetujuinya. Tapi, kenali juga apakah benar-benar sesuai untuk Anda geluti.

Ketika kita menjalani bisnis yang sesuai dengan keinginan, maka kita akan lebih mudah untuk mengikutinya.

• Apakah Franchise Tersebut Cocok Di Lokasi Anda?

Tahukah Anda, bisnis waralaba itu tidak selalu bisa ditempatkan secara suka-suka. Harus dicek dan dikenali lebih detail, apakah usaha bersangkutan cocok di lokasi Anda. Kalau memang tidak, sama saja percuma bukan?

Ternyata ada banyak hal yang harus diperhatikan ya. Ini penting agar dalam menggeluti usaha waralaba tidak salah jalan. Sekalipun banyak keuntungan dengan bisnis satu ini, bukan berarti pilihnya asal-asalan ya.