Berbagai Usaha Modal 5 Juta Yang Bisa Mengubah Nasib Anda

Loading...

Bukan rahasia lagi, jika modal menjadi salah satu faktor penting dalam membangun suatu usaha. Namun banyak juga usaha modal 5 juta yang menguntungkan. Usaha ini menjadi alternatif bagi anda yang ingin memulai usaha dengan modal seadanya.

Usaha dengan modal kecil bukan berarti tidak menguntungkan. Asal anda tekun dan dapat memahami pasar, anda tetap akan mendapat keuntungan. Jadi jangan berkecil hati dahulu melihat modal yang sedikit.

Modal yang besar juga belum tentu menguntungkan, semua berujung pada bagaimana anda menjalankan usaha. Anda hanya perlu memulai, setelah itu mempertahankan dan belajar, itu saja. Nanti akan banyak hal yang anda pelajari.

Loading...

Berikut Daftar usaha-usaha modal 5 juta

1. Usaha Reseller Fashion

Usaha Reseller Fashion
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Usaha reseller sudah banyak ditekuni orang, karena kemudahan dari usaha ini. Anda hanya perlu membeli lalu menjual, hanya itu.

Reseller fashion dapat menjadi pilihan anda karena produk fashion dapat tahan lama jika disimpan dengan benar. Juga fashion sudah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini yang suka memperlihatkan dirinya di media sosial.

Jika anda tidak memiliki ruang atau toko untuk berjualan, anda dapat menjual produk anda melalui online. Masukan produk anda ke marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee, maka anda sudah dapat berjualan.

Metode online ini juga dapat dilakukan dengan media sosial, anda dapat berjualan melalui Facebook dan juga instagram. Berjualan online juga dapat memperluas jangkauan pasar anda.

Hal yang penting dari usaha reseller fashion adalah anda dapat melakukan branding toko anda. Sehingga toko anda dapat menjadi rujukan ketika seseorang ingin membeli suatu produk fashion.

Loading...

Handphone : 2.000.000
Stok fashion : 1.000.000 – 3.000.000
Perkiraan Modal : Rp. 3.000.000 – Rp. 5.000.000

2. Counter Pulsa

counter pulsa

Pulsa dan paket internet sudah menjadi kebutuhan primer pada zaman serba digital sekarang ini. Ini dapat anda jadikan sebagai referensi memulai usaha, karena target pasarnya semua kalangan yang mengakses internet.

Anda hanya perlu etalase untuk memajangkan kartu yang anda jual. Modal untuk stok kartu, pulsa, dan paket sekitar 2 jutaan. Membuat bisnis usaha modal 5 juta ini cukup sering dijalani banyak orang.

Anda dapat menambah jualan anda dengan aksesoris Handphone yang murah, banyak juga loh yang hanya mencari aksesoris seperti earphone murah. Jangan lupa juga untuk menjajakan produk anda ke dunia online.

Selain itu anda juga dapat menambahkan jualan seperti top up game online, top up e-wallet, atau pulsa listrik prabayar. Ini membuat target pasar anda akan meluas

Etalase Kaca : 1.000.000
Paket Kartu : 2.000.000
Aksesoris lain : 500.000 – 1.000.000
Perkiraan Modal : Rp. 3.500.000 – Rp. 4.000.000

3. Catering Rumahan

Catering Rumahan
Gambar oleh Engin Akyurt dari Pixabay

Bisnis yang satu ini merupakan usaha rumahan yang lagi trend saat ini. Karena hanya memerlukan modal peralatan, seperti kompor, wajan, spatula dan alat dapur lainnya. Anda dapat memasarkan produk anda melalui jejaring pertemanan dan media sosial untuk memangkas biaya iklan.

Anda tidak membutuhkan biaya bahan karena sistem katering adalah down payment, nah uang dari sinilah yang bisa anda kelola untuk membeli bahan makanan. Sehingga modal yang dibutuhkan juga hanya pada peralatan masak.

Usaha katering untuk saat ini lumayan strategis akibat pandemik virus Corona. Banyak orang yang membuat acara, namun makanannya dibungkus dan dibagikan. Ini merupakan peluang bagi anda yang ingin memulai usaha ini.

Kompor gas : 250.000 – 650.000
Tabung Gas Elpiji 12 Kg (isi) : 415.000
Set Peralatan Masak : 1.000.000
Set peralatan makan : 600.000
100 box nasi : 200.000
Rice cooker 6 Liter : 1.000.000
Perkiraan Modal Usaha : Rp. 3.465.000 – Rp. 3.8465.000

4. Jasa Fotografer

Jasa Fotografer
Gambar oleh S. Hermann & F. Richter dari Pixabay

Jasa fotografer sangat dicari orang-orang karena dibutuhkan untuk mendokumentasikan acara yang sedang berlangsung, seperti pernikahan. Orang juga banyak yang tidak membutuhkan fotografer studio, hanya fotografer biasa.

Target pasar ini dapat anda jadikan peluang bisnis yang lumayan menguntungkan. Anda dapat menawarkan jasa anda kepada masyarakat ekonomi menengah atau menengah kebawa jasa fotografi yang terjangkau untuk acara mereka.

Anda hanya memerlukan kemampuan fotografi dan editing. Peralatan yang dibutuhkan untuk memulai usaha ini hanyalah sebuah kamera yang terbilang baik. Dokumentasi dapat anda cetak dan berikan ke pemakai jasa anda.

Pungutlah biaya yang sesuai dengan pelanggan dan penggunaan jasa anda sebagai strategi marketing. Tidak perlu mahal karena bukan fotografer yang menggunakan studio.

Perkiraan Modal :
Kamera : Rp. 4.500.000

5. Usaha Minuman Kekinian

Minuman sering sekali ada masa trendnya, seperti saat-saat ini minuman boba sedang menjadi tren. Tentu saja usaha ini memiliki pasar yang cukup jelas karena minuman yang dijual sedang tren dan banyak dicari.

Peluang ini dapat anda jadikan usaha, anda hanya perlu mempelajari bagaimana minuman itu dibuat. Anda juga harus memiliki kreatifitas untuk mengembangkan produk, suatu yang baru dan unik biasanya akan meningkatkan pendapatan anda.

Gerobak : 1.550.000
Gelas Plastik 100 pcs : 45.000
Cup Sealer : 600.000
Peralatan pembuat minuman : 1.000.000
Perkiraan Modal Usaha : Rp. 3.600.000

6. Toko Kelontong

Toko Kelontong
Gambar oleh Th G dari Pixabay

Usaha modal 5 juta satu ini sekilas ketinggalan zaman karena sudah ada marketplace digital. Tapi tunggu dulu, orang-orang yang ingin belanja seperti mie, snack kemasan, dan minuman botol, pasti lebih memilih ke toko kelontong.

Ini dikarenakan toko kelontong yang lokasinya dekat dengan pelanggan dinilai lebih efektif daripada membeli secara online. Bayangkan anda ingin membeli sebungkus mie secara online,
Selain menunggu anda juga akan terkena ongkos kirim.

Inilah yang membuat toko kelontong tetap lestari di tengah-tengah masyarakat. Usaha ini dapat dimulai dari depan rumah anda untuk menghemat biaya pembuatan toko

Rak dan etalase : 1.500.000
Barang Dagangan : 2.000.000
Perkiraan Modal Usaha : Rp.3.500.000

7. Usaha Hadiah Kreatif

Usaha Hadiah Kreatif
Gambar oleh Efes Kitap dari Pixabay

Usaha kali ini merupakan usaha kreatif yang banyak diincar pelanggan ketika ada acara-acara tertentu, seperti ulang tahun, pernikahan, dan wisuda. Hadiah yang kreatif selalu diinginkan untuk diberikan kepada orang-orang sebagai kenangan.

Usaha ini dapat berupa rangkaian kertas yang digulung-gulung menjadi suatu bentuk yang indah di dalam bingkai diletakan di tengahnya ucapan beserta foto. Hal-hal kreatif seperti ini akan meninggalkan kesan yang menarik bagi penerima.

Untuk modal sendiri sangat bergantung dari bisnis apa yang dijalani. Yang pasti anda harus melakukan branding usaha anda hingga dikenal banyak orang. Atau anda menggunakan iklan media sosial untuk mendagangkan produk anda.

Ayo Memulai, Semua Berawal dari Satu Langkah

Hal terpenting dari memulai usaha adalah melangkah untuk memulai. Setelah mendapatkan rekomendasi usaha-usaha tadi, apakah ada keinginan untuk mulai dari dalam diri anda?

Rekomendasi tadi adalah bukti usaha modal 5 juta banyak ragamnya dan memang dapat dilakukan. jika ada rasa keinginan dalam diri anda, mari mulai dengan sebuah langkah.

Loading...