13 Usaha yang Menjanjikan di Desa, Patut Anda Coba

Berada di pedesaan bukan menjadi halangan untuk Anda memulai suatu bisnis. Apabila mampu memanfaatkan kekurangan menjadi kelebihan tentu akan menjadi faktor kunci keberhasilan usaha. Sebelum memulai membuka bisnis, ada baiknya Anda jeli dalam mengamati wilayah sekitar dengan baik. Tanamkan pula kreativitas pada diri sendiri. Tidak melulu harus usaha yang besar, tidak masalah kecil-kecilan asal keuntungan di dapat menggiurkan. Berikut ini akan ditampilkan beberapa usaha yang menjanjikan di desa.

13 Rekomendasi Usaha yang Menjanjikan di Desa yang Bisa Anda Pilih

1. Konter pulsa

Ide bisnis ini mungkin sudah menyurut di perkotaan. Namun, untuk pedesaan tentu masih memiliki potensi yang lebih. Apalagi kemajuan teknologi sudah merambah di berbagai desa. Fakta tersebut jelas mempengaruhi pula dengan kebutuhan pulsa yang terbilang tinggi. Melihat peluang demikian, Anda dapat memanfaatkan dengan membuka konter pulsa. Pulsa yang dijual dapat berupa pulsa untuk smartphone maupun listrik. Bila masih minim modal, Anda tak harus membuka gerai sebab bisa di jalankan di rumah asal lokasi tergolong mudah dijangkau.

2. Warung sembako

Warung Sembako bisa menjadi ide usaha yang menjanjikan di desa. Bagaimana tidak, kebutuhan akan bahan-bahan masakan setiap hari tentu dibutuhkan masyarakat sekitar. Anda dapat menjual pula di rumah jika belum bisa membuat toko sendiri. Semua itu bukan menjadi masalah bila warung menyajikan segala sesuatu dengan lengkap. Apabila jarak tempat tinggal dengan pasar jauh tentu akan membuat daya beli masyarakat meningkat. Sebab banyak orang akan memilih datang ke warung Anda

3. Bisnis perkebunan

Masyarakat desa terkenal akan lahan pertanian dan perkebunan yang luas. Hal demikian dapat dimanfaatkan sebagi usaha yang menjanjikan di desa. Dalam hal ini penting untuk Anda untuk mensurvei tanaman apa saja yang sekiranya memiliki harga jual tinggi dan juga cocok di tanam di wilayah sekitar. Anda tidak perlu panik mengenai proses penjualan, banyak sekali perkotaan tentu membutuhkan pasokan hasil kebun.

4. Budidaya ikan

Budi daya ikan masih menjadi potensi yang besar. Mengingat kebutuhan akan ikan di setiap harinya yang selalu meningkat maka tak salah jika Anda memilih usaha yang menjanjikan di desa ini. Beternak ikan dapat di sesuaikan dengan minat. Misalnya memilih tipe ikan yang untuk di konsumsi atau ikan hias. Ikan untuk kebutuhan biasanya lebih mudah dalam perawatan. Anda dapat pula memelihara beberapa tipe ikan seperti lele, bawal, atau mujair sebagai tambahan penghasilan.

5. Pembuatan mebel

Membuat bisnis mebel tidak harus berada di perkotaan. Di pedesaan pun akan potensial dan memiliki keuntungan tersendiri. Bagaimana tidak, bahan baku berupa kayu sering kali lebih ditemui di hutan yang ada di desa. Harga bahan pun terbilang akan lebih bersahabat. Mengenai penjualan tidak perlu panik. Buatlah pemesanan melalui online dengan menawarkan konsep itu maka jaringan pembeli akan begitu luas.

6. Warung makan

Selain membuka warung Sembako, warung makan pun merupakan usaha yang menjanjikan di desa. Tidak perlu besar, usaha kecil-kecilan pun bukan menjadi masalah. Bila masakan Anda lezat dan memiliki banyak menu yang ditawarkan bukan tak mungkin akan selalu ada konsumen yang datang. Meski hidup di desa bukan berarti semua warga sempat memasak. Bisa saja ada yang membeli nasinya saja maupun cuma lauknya karena tak sempat memasak.

7. Pom bensin mini

Di lokasi pedesaan biasanya jarak antar pom bensin besar dengan lingkungan lumayan jauh. Maka dari itu sebelum membuka usaha yang menjanjikan di desa ini, perlu survei lebih jauh terlebih dahulu. Semakin jauh jarak pengisian bensin dengan desa maka semakin potensial bisnis Anda. Apalagi hampir setiap keluarga kini memiliki kendaraan sendiri. Tambahan jumlah pengendara sepeda motor pun jelas banyak. Melihat fakta demikian maka keuntungan pun dapat segera di dapat meski harus mengeluarkan modal awal untuk pendirian pom mini.

8. Beternak ayam kampung

beternak ayam kampung
Image by Kerstin Riemer from Pixabay

Bila Anda sedang mencari usaha yang menjanjikan di desa tanpa banyak modal dapat melirik untuk beternak ayam kampung. Jenis ayam ini begitu mengalami peningkatan yang pesat. Meski begitu kebutuhan terhadapnya masih saja kurang. Di tengah lokasi pedesaan merupakan tempat yang cocok untuk beternak ayam kampung. Teknik yang digunakan pun bervariasi bisa mengumbar maupun dengan cara intensif agar lebih maksimal.

9. Beternak kroto

Kroto merupakan sumber pakan burung kicau yang banyak di minati. Apalagi kini banyak sekali ditemui pemelihara burung kicau. Seiring peningkatan demikian maka kebutuhan akan kroto pun meningkat. Anda dapat memanfaatkan fenomena tersebut dengan usaha yang menjanjikan di desa ini. Harga kroto pun terbilang mahal karena kelangkaannya. Telur semut rangrang ini memang sudah jarang di temui di hutan sehingga teknik beternak jauh di rekomendasikan.

10. Membuka bimbel

Kesadaran akan pentingnya ilmu kini sudah meluas sampai ke desa. Jenis usaha ini bisa Anda manfaatkan bila menguasai ilmu tertentu yang dapat di ajarkan untuk warga desa baik untuk anak-anak maupun remaja. Membuka bimbingan belajar juga minim modal sehingga menjanjikan keuntungan. Faktor terpenting adalah kemampuan mengajar Anda yang baik agar setiap murid mudah memahami. Anda dapat pula membuka usaha ini di tempat tinggal ataupun mendatangi siswa terkait.

11. Menjual aneka bibit

Sudah bukan rahasia lagi kalau warga desa kebanyakan memiliki mata pencaharian sebagai petani. Melihat fakta itu Anda dapat memanfaatkannya untuk menjual aneka bibit. Jika bibit yang dijual lengkap dan berkualitas maka bukan tak mungkin petani akan mempercayakan kepada Anda. Apalagi bila jarak ke lokasi penjualan bibit jauh tentu akan menambah keuntungan tersendiri untuk usaha yang menjanjikan di desa yang dijalankan.

12. Membuka pangkas rambut

Bila Anda punya keahlian memotong rambut jangan lewatkan kemampuan itu. Manfaatkan sebaik mungkin dengan membuka tempat pangkas rambut. Meski berada di desa, buatlah lokasi senyaman mungkin dengan menjaga kebersihan tempat. Modal di awal memang sedikit besar tetapi juga menjadi investasi jangka lama mengingat alat potong dapat bertahan lama. Bila sudah terkenal maka bukan tak mungkin pelanggan akan terus berdatangan.

13. Budidaya jamur tiram

Budi daya jamur tiram dapat menjadi potensi yang menggiurkan. Hal itu didasari dari peminatnya yang tak pernah sepi. Lagi pula modal awal untuk membudidayakan sayuran ini juga terbilang tidak terlalu mahal. Anda dapat membangun dengan modal kecil tetapi dengan keuntungan maksimal. Dalam perawatan harian pun tergolong tak sulit dan juga simpel. Anda dapat mulai belajar bagaimana teknik yang baik dalam menjalankan usaha ini secara otodidak baik baca di internet maupun buku.

Itulah beberapa usaha yang menjanjikan di desa. Meski dibangun di pedesaan bukan tak mungkin malah justru menghasilkan keuntungan maksimal. Dari sini penting sekali peran Anda untuk jeli melihat peluang dari tiap usaha yang cocok untuk dijalankan. Perlu diingat bahwa setiap bisnis pasti ada saja kendala, maka dari itu tanamkan mental kuat selagi menjalaninya.