10 Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menguntungkan

Mempunyai usaha sampingan kini tak hanya sekedar menguntungkan, namun juga mendapatkan banyak sekali manfaat. Selain mengetahui dunia bisnis, Anda dapat belajar tentang pasar, managemen, dan masih banyak lagi. Salah satunya usaha rumahan yang saat ini banyak diminati oleh orang-orang.

Apalagi bagi Anda yang merasa tidak cukup dengan gaji sehari-hari. Usaha rumahan yang lagi trend bisa menjadi alternatif yang harus Anda coba. Sebelum lebih lanjut, ada beberapa macam usaha rumahan yang perlu Anda tahu sebelum terjun di dunia bisnis.

Berikut 10 Macam Usaha Rumahan yang Lagi Trend dan Menguntungkan

1. Usaha Kedai Kopi dan Susu Kekinian

Membuka usaha warung kopi dan susu bisa menjadi pilihan yang terbaik apalagi jika Anda sangat menyukai kopi susu. Modal untuk membuka usaha ini bisa dikatakan cukup murah, Anda hanya memerlukan alat espresso, biji kopi, dan bahan-bahan lainnya. Selain itu, Anda tidak perlu mempunyai kedai yang besar atau food truck. Usaha rumahan yang lagi trend ini bisa dimulai dengan membuka kedai kecil-kecilan atau warung seadanya.

Agar lebih menguntungkan, Anda bisa juga bermitra dengan ojek online atau layanan antar lainnya. Tak hanya itu, membuka usaha ini sangat cocok bagi pecinta kopi dan orang-orang yang sekedar nongkrong. Namun sebelum itu, jangan lupa pastikan kopi hasil racikan Anda sudah pas di lidah orang-orang.

2. Usaha Jasa Rias

Memulai usaha jasa rias telah menjadi trend di masa sekarang. Bagaimana tidak, usaha ini kerap dibutuhkan bagi banyak orang sedang merencanakan nikahan, wisuda, hajatan, bahkan event-event lainnya. Selain itu, di setiap bulan atau minggunya pasti ada saja orang-orang yang sedang melakukan kegiatan tersebut. Usaha rumahan yang lagi trend ini tidak membutuhkan modal yang begitu besar, Anda hanya perlu menyiapkan alat-alat make up, lampu, dan cermin.

Apalagi kini banyak peralatan make up yang bisa dibawa kemana-mana dan sangat praktis. Tentu sangat memudahkan bagi Anda yang ingin memulai jasa rias panggilan. Untuk saat ini, biaya yang didapat dari jasa make up bisa dibilang cukup lumayan yakni berkisar mulai 100 ribu hingga 1 juta rupiah per orangnya.

3. Usaha PPOB

Usaha rumahan yang lagi trend berikutnya yaitu PPOB (Payment Point Online Bank). Untuk memulai usaha ini Anda hanya perlu bermodalkan komputer atau laptop, software PPOB, dan koneksi internet yang stabil. Usaha PPOB menawarkan beberapa jasa pembayaran online mulai dari membayar tagihan telepon, listrik, PDAM, cicilan kendaraan, dan masih banyak lagi.

Usaha ini sangat diminati oleh banyak orang dan tentunya pasti pernah melihat toko atau rumah yang membuka usaha PPOB. Caranya Anda hanya perlu mempunyai aplikasi tersebut dan dapat memulai bisnis langsung.

4. Usaha Catering

Tak ada salahnya membuka peluang usaha dengan bisnis catering makanan sehat. Hanya dengan bermodalkan bahan-bahan makanan dan dapur rumah Anda bisa memulai bisnis yang satu ini. Tidak perlu membuat masakan yang terlalu ribet, yang penting kandungan makanan sehat dan dapat dinikmati. Usaha rumahan yang lagi trend ini sangat digemari oleh orang-orang kantor yang menerapkan gaya hidup sehat. Tak hanya itu, keuntungan usaha ini bisa didapat ketika ada acara-acara rumahan, hajatan atau perayaan tertentu.

5. Usaha Jasa Jahit

Bagi ibu rumah tangga yang mempunyai keahlian menjahit, tak ada salahnya mencoba hal baru dengan memulai usaha yang satu ini. Jasa jahit selalu menjadi prioritas orang-orang ketika ada baju yang sedang robek, baju kebesaran, celana robek dan lain-lain. Hanya bermodalkan mesin jahit, benang, dan bahan-bahan lainnya sudah cukup untuk memulai bisnis ini.

Untungnya lagi, jika Anda dapat membuat pola-pola baju, Anda tidak hanya mengecilkan atau membesarkan baju tetapi Anda bisa juga membuat baju atau seragam yang kerap dibutuhkan seperti batik, PNS, dan kemeja.

6. Usaha Jasa Laundry

usaha jasa laundry
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Usaha rumahan yang lagi trend berikutnya yaitu jasa laundry, usaha yang sudah cukup lama populer di Indonesia. Namun, trend usaha laundry masih belum berakhir dan justru semakin bertambah peminatnya. Semua orang dapat menjalankan usaha laundry mulai dari anak muda hingga ibu rumah tangga. Tidak hanya itu, usaha laundry bisa dikatakan sangat menguntungkan apalagi pasar usaha ini cukup besar.

Usaha laundry sangat cocok di jalankan di pemukiman atau area kampus. Nah, bagi Anda yang berlokasi berdekatan dengan kampus atau pemukiman mungkin usaha ini bisa Anda coba. Cukup hanya bermodalkan mesin cuci, detergent dan pengharum pakaian.

7. Usaha Menjual Kerajinan Tangan / Home Made

Ada lagi jenis usaha yang bisa Anda coba yaitu menjual kerajinan tangan atau home made. Bagi Anda yang mempunyai kreasi atau ide-ide kerajinan kini tidak perlu dianggurkan lagi. Usaha rumahan yang lagi trend ini memiliki banyak kerajinan tangan yang bisa Anda jual kursi yang terbuat dari bambu, kerajinan dari kain flannel, baju rajut dan masih banyak lagi. Agar lebih menguntungkan, Anda dapat memasarkan kerajinan-kerajinan tersebut di toko online atau social media.

8. Usaha Menjual Produk Fashion

Usaha rumahan yang lagi trend selanjutnya yaitu usaha yang bergelut di bidang fashion. Trend produk fashion sangat digemari oleh anak-anak muda mulai dari sweater, t-shirt, streetwear, topi dan produk fashion lainnya. Apalagi dengan munculnya banyak brand-brand ternama membuat usaha ini menjadi unggulan di era generasi milenial.

Untuk memulai usaha ini memang membutuhkan modal yang cukup besar karena produk-produk fashion bisa dibilang memiliki harga yang lumayan. Oleh karena itu, sebelum mulai Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan sistem pre order, jadi Anda dapat memesan barang tersebut ketika kuota sudah terpenuhi.

9. Usaha Cuci Mobil dan Motor

Pengguna kendaraan bermotor di Indonesia semakin pesat, bahkan tak banyak dari mereka yang sering melakukan perawatan motor salah satunya dengan mencuci kendaraan tersebut. Oleh sebab itu, usaha cuci mobil dan motor bisa menjadi usaha yang cukup menguntungkan apabila dijalankan. Namun sebelum memulai usaha ini, Anda perlu mempersiapkan modal untuk membeli beberapa peralatan yang dibutuhkan.

10. Usaha Kos-kosan

Usaha rumahan yang lagi trend terakhir yaitu usaha kos-kosan. Apabila Anda mempunyai lahan kosong yang tidak terpakai alangkah baiknya bisa dibuat sebagai usaha kos-kosan. Umumnya kos-kosan sangat diminati oleh mahasiswa atau orang-orang. Oleh karena itu, membuka kos-kosan di lingkup kampus akan jauh lebih menguntungkan. Selain itu, pendapatan yang dihasilkan tentu tidak cuma-Cuma. Anda dapat menghasilkan pendapatan kurang lebih 700 ribu tiap kos di setiap bulannya.

Demikian beberapa usaha rumahan yang sedang trend. Usaha rumahan yang lagi trend saat ini menjadikan peluang yang sangat menguntungkan apabila ditekuni. Semoga dengan adanya ulasan di atas dapat membantu dalam memilih usaha yang sesuai dengan Anda.