11 Beragam Ide Aneka Olahan Tahu untuk Usaha

Tahu merupakan salah satu makanan yang paling populer di Indonesia. Siapa sih yang tak tahu makanan berbahan dasar kacang kedelai ini. Rasanya yang lembut membuat siapa saja tentu menyukainya. Apalagi tahu dapat di racik ke berbagai menu masakan yang melezatkan.

Harga tahu yang terbilang murah jelas menjadi kelebihan tersendiri bila Anda memanfaatkannya sebagai bahan modal bisnis kuliner. Berikut ini akan ditampilkan beragam aneka olahan tahu untuk usaha:

Aneka Olahan Tahu untuk Usaha yang Dapat Anda Pilih

1. Nugget tahu

Nugget merupakan makanan favorit banyak orang. Makanan ini umumnya berbahan dasar daging yang sudah di olah menjadi sangat lembut ketika di konsumsi. Namun tahukah Anda bahwa tahu bisa dijadikan alternatif menarik untuk membuat varian baru dari nugget.

Cara pembuatan terbilang mudah sebab hanya perlu mengganti bahan yang semulanya daging menjadi tahu. Meski isian menggunakan tahu, rasa yang tercipta dari variasi nugget ini tak kalah lezat.

Anda dapat menjualnya lebih murah dari nugget daging sehingga akan banyak pembeli datang mengantre. Bahan dasar berupa tahu yang lebih terjangkau juga menjadi keuntungan tersendiri.

2. Keripik tahu

Aneka olahan tahu untuk usaha ini terbilang unik. Umumnya tahu memiliki tekstur dan rasa yang lembut. Namun apa jadinya jika tahu di buat keripik layaknya ubi dan singkong?. Anda jangan khawatir hasil inovasi ini berantakan mengingat sudah banyak pula yang memanfaatkan keripik tahu sebagai ide bisnis.

Rasa gurih pada tahu menjadi cita rasa tersendiri yang siap menggugah selera makan pelanggan. Anda dapat pula menambahkan banyak varian rasa lain agar pembeli tidak mudah bosan dengan keripik tahu yang dijual.

3. Tahu bakso

Kalau menu makanan ini pasti Anda sudah tak asing. Tahu bakso merupakan bentuk aneka olahan tahu untuk usaha yang menjanjikan. Bagaimana tidak, cita rasa yang disuguhkan akan di dominasi dengan paduan tahu dengan isian bakso.

Makanan ini akan semakin lengkap dengan ditambahkan sambal kacang atau sejenisnya. Metode penjualan dari tahu bakso juga dapat di simpan di dalam kulkas sehingga membeku dan awet. Anda dapat menawarkan kepada rekan atau siapa saja agar cepat laris.

4. Hiyayakko

olahan tahu Hiyayakko
Image by Edsel Little
from Flickr

Penggemar makanan berupa tahu tidak hanya datang dari dalam negeri. Negeri sakura Jepang pun memiliki inovasi tersendiri dalam menikmati tahu. Caranya ialah membuatnya menjadi hiyayakko. Hiyayakko memiliki tekstur yang lembut dan menyegarkan.

Berbahan dasar tahu tofu yang sudah di dinginkan membuat cita rasa akan menyegarkan dan lezat. Aneka olahan tahu untuk usaha ini begitu cocok mengingat masih jarang ditemukan. Tambahan toping berupa kecap asin, daun bawang serta parutan jahe akan semakin membuat cita rasa begitu nikmat.

5. Tahu krispi

Beragam jenis camilan kini semakin variatif. Kebanyakan bahkan menyehatkan seperti tahu krispi. tahu yang biasanya memiliki rasa lembut akan di buat krispi sehingga menarik untuk di konsumsi. Apalagi tahu dikenal memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga menyehatkan tubuh siapa saja yang mengonsumsi.

Anda dapat pula memberi varian rasa atau menambahkan saus atau sambal agar rasa gurih semakin nendang. Lakukan penjualan aneka olahan tahu untuk usaha yang menarik ini dengan sistem online agar mampu menarik banyak calon pembeli.

6. French fries tahu

French fries berbahan kentang mungkin sudah menjamur. Membuat inovasi lain dengan konsep french fries bukanlah sesuatu yang salah. Seperti halnya memanfaatkan tahu yang dibuat menjadi french fries sehingga memiliki cita rasa yang lain dari pada lain.

Apalagi aneka olahan tahu untuk usaha ini memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga lebih menyehatkan pada tubuh. Bahan dasar tahu yang lebih terjangkau juga menjadi kelebihan tersendiri bila Anda tertarik memanfaatkannya.

7. Wedang tahu

Aneka olahan tahu untuk usaha tidak hanya membuatnya menjadi menu makanan lezat. Tahu juga dapat di manfaatkan pula menjadi minuman yang melegakan di mulut. Bahan dasar wedang tahu itu sendiri ialah susu kedelai dan proses pembuatan tak jauh berbeda dari pembuatan tahu.

Berbahan dasar kedelai membuat kandungan protein dan kalsium pada minuman ini terbilang kompleks serta penting untuk tubuh. Ide bisnis olahan ini sebetulnya sudah banyak ditemukan khususnya di kota Semarang.

8. Mayonaise

Bosan menikmati tahu dengan resep itu-itu saja?. Anda dapat memanfaatkannya menjadi mayonaise tahu. Rasa dari aneka olahan tahu untuk usaha ini tetap enak dan cocok untuk melapisi setiap makanan seperti roti dan daging. Jika mayonaise pada umumnya berbahan dasar telur maka Anda dapat mengganti dengan tahu.

Tahu lebih menyehatkan mengingat kandungannya tidak terlalu banyak lemak seperti pada telur. Selain itu bahan dasar ini terbilang lebih terjangkau untuk ide bisnis kekinian.

9. Steak tahu

Olahan tahu tidak hanya bisa Anda manfaatkan untuk racikan menu biasa-biasa saja. Menu masakan lezat seperti steak juga dapat dimanfaatkan dengan berbahan dasar tahu. Tahu digunakan sebagai alternatif daging pada setak umumnya.

Menu ini tentunya juga sangat cocok untuk Anda yang menghindari mengonsumsi daging secara berlebih. Apabila mampu mengolah dengan bahan yang menambah lezat tentu akan banyak pelanggan tertarik untuk memesan menu masakan kekinian ini.

10. Tahu katsu

Tahu katsu menjadi aneka olahan tahu untuk usaha yang juga bisa Anda terapkan. Jika ayam banyak digunakan sebagai bahan pembuatan katsu maka akan digantikan dengan tahu. Inovasi ide bisnis ini tentunya juga cocok untuk siapa saja yang menerapkan pola hidup vegetarian.

Untuk yang bukan pun tak masalah mengingat rasa yang disuguhkan tak akan kalah enak dari berbahan dasar daging. Anda dapat pula menambahkan saus agar rasa katsu jauh lebih nikmat saat di konsumsi. Bahan berupa tahu yang lebih murah tentu menjadi kelebihan tersendiri untuk Anda yang ingin memanfaatkannya.

11. Rolade tahu

Olahan berbahan tahu sepertinya tidak ada matinya. Selain beragam menu di atas, olahan berupa rolade tahu juga layak untuk di perhitungkan. Masakan akan di baluti dengan isian tertentu sesuai selera misalnya daging, ikan ataupun telur.

Mengenai pinggiran tentu akan banyak dengan bahan tahu yang juga sudah di lumuri dengan berbagai bumbu yang menyedapkan. Anda dapat menaruhnya ke mesin pendingin seperti kulkas agar lebih awet dan sewaktu-waktu menggoreng. Isian dapat di buat menjadi sangat variatif sehingga pelanggan tak akan mudah bosan.

Itu dia beberapa aneka olahan tahu untuk usaha. Aneka olahan tahu kini semakin bervariasi. Anda dapat memilih sesuai dengan selera dan melihat potensi yang ada. Tahu dikenal memiliki cita rasa tersendiri yang mampu membuat siapa saja mau memakannya.

Mengonsumsi tahu dengan olahan di atas tentu menjadi solusi agar tidak itu-itu saja saat meracik makanan berbahan tahu.