2 Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa

Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa – Seorang wirausaha yang menjalankan suatu usaha atau perusahaannya sendiri tentunya harus membuat business plan atau rencana usaha agar perusahaan atau usaha yang ia jalankan berjalan dengan sesuai rencana yang telah dibuat.

Bisnis Plan adalah sebuah rencana tertulis yang biasanya berbentuk dokumen yang didalamnya terdapat penjelasan tentang kegiatan bisnis tersebut akan dilakukan untuk tujuan yang telah ditentukan pendiri bisnis atau wirausaha tersebut.

Suatu bisnis harus diperlukan dan dibuat perencanaan dengan baik tentu saja agar bisnis anda memiliki tujuan yang jelas dengan perjalanan bisnis dengan pedoman yang direncanakan secara matang. Dalam business plan ini bisa menjadi pedoman untuk usaha anda.

bisnis plan sederhana

Rencana tertulis untuk tujuan kemajuan bisnis anda ini berisi tentang cara kerja rencana bisnis anda, perincian keuangan yang anda gunakan untuk bisnis anda, daftar susunan pemilik usaha dan struktur manajemen perusahaan dengan rincian cara untuk mencapai rencana bisnis tersebut.

Bisnis plan dalam usaha anda memiliki tujuan yaitu untuk ketetapan rencana bisnis yang telah anda rencanakan, sebagai pedoman untuk bisnis anda mencapai tujuan yang telah direncanakan, bisnis plan ini bisa juga digunakan sebagai penarik investor untuk bisnis anda, dan juga untuk menjelaskan tentang tujuan bisnis perusahaan tersebut.

Pada dasarnya bisnis plan untuk mahasiswa memiliki kesamaan dengan bisnis plan yaitu sama berupa pedoman tertulis yang direncanakan seorang wirausaha untuk memulai usahanya. Contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa juga berisi tentang unsur-unsur yang ada dalam perusahaan tersebut untuk memulai sebuah usaha.

Bisnis plan sederhana untuk mahasiswa juga dibuat dalam kurun waktu beragam tergantung jangka pendek atau jangka panjang seorang wirausaha membuatnya yang didalamnya mencakup perjalanan awalan sebuah usaha yang dijadikan pedoman wirausaha.

bisnis plan untuk wirausaha
Image by Gerd Altmann from Pixabay

Salah satu tujuan dari contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa juga bertujuan untuk menarik investor sebagai penambah dana dan juga supplier agar tertarik mempelajari Bisnis plan yang dibuat. Bahkan pasar anda yang akan menjadi konsumen juga bisa mempelajari Bisnis plan yang dibuat.

Pembuatan Bisnis plan sederhana untuk mahasiswa harus memperhatikan beberapa hal berikut agar bisnis plan anda menjadi bagus yaitu isi Bisnis plan menggunakan isi yang mudah dipahami, berisi rencana yang lengkap dan sesuai dengan rencana bisnis anda.

Selanjutnya tentu saja Bisnis plan yang anda buat haruslah jujur berdasarkan kondisi usaha dan disertai data-data yang anda perlukan sebagai pelengkap namun pastinya harus anda pastikan keakuratan data-data yang anda sertakan tersebut.

Berikut ini beberapa contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa bisa anda lihat di bawah ini:

Contoh Bisnis Plan Sederhana Untuk Mahasiswa

1. USAHA HOMEMADE BROWNIES MINI

I. LATAR BELAKANG

Dalam aktivitas keseharian kita tentu saja membutuhkan makanan sebagai bahan pokok agar kita memiliki tenaga untuk memulai aktivitas keseharian dan juga agar kit menghasilkan secara maksimal kegiatan yang kita kerjakan.

Salah satu jenis makanan yang kita konsumsi yaitu berupa camilan disaat kita sedang bosan memakan suatu makanan berat seperti lauk pauk juga nasi. Maka terkadang kita membutuhkan makanan berupa cemilan dengan rasa manis.

Jenis cemilan yang menjadi favorit masyarakat dari berbagai pihak salah satunya adalah brownies. Kue dengan tekstur lembut dan rasa manis ini menjadi cemilan favorit banyak orang. Tetapi jika kita ingin memakan brownies, brownies yang dijual dipasaran biasanya berukuran besar.

Keunggulan brownies berbentuk mini adalah untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan camilan yang berukuran tidak besar sehingga cukup mudah dibawa. Oleh karena itu brownies mini ini menjadi pilihan salah satu jenis usaha untuk dijual.

STRUKTUR ORGANISASI

  • Nama usaha : Brownies Mini
  • Bidang Usaha : Makanan
  • Nama produk : Cemilan mini brownies
  • Alamat : Jl. Batik Mini no.30 rt.04/05 Bandung

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

  • VISI : Menjadi rumah produksi home made yang mampu memproduksi cemilan mengenyangkan dan juga menyehatkan yang dikenal masyarakat luas dan dijadikan pilihan masyarakat dalam mengkonsumsi cemilan.
  • MISI : Menghasilkan produk berupa brownies mini yang bersertifikat halal, bisa dikonsumsi semua orang dengan rasa yang mengenyangkan dan mengutamakan kebersihan dan kehigienisan produk yang dibuat.

II. TUJUAN

Pemilihan usaha jenis ini memiliki tujuan :

  1. Mendapatkan laba
  2. Memberikan variatif pada bentuk brownies umumnya
  3. Mencapai penjualan yang melebihi target

III. KEUNGGULAN PRODUK

Produk usaha ini memiliki keunggulan :

  1. Berkualitas dan terjamin higienis karena buatan sendiri
  2. Memiliki ukuran yang relatif mudah dibawa
  3. Memiliki variasi rasa yang beragam dan tidak membosankan

IV. ANALISA PASAR

Analisi pasar diperlukan agar produk ini bisa terjual secara efektif dan efisien, karena itu analisis pasar diperlukan untuk mengetahui tentang produk ini secara mendetail dengan analisis sebagai berikut :

a. Kekuatan produk

  1. Bisa dinikmati oleh semua lapisan masyarakat
  2. Kehigienisan dalam bahan dan proses pembuatan
  3. Harga yang relative terjangkau semua masyarakat

b. Kelemahan produk

  1. Produk yang bisa dibuat sendiri oleh konsumen
  2. Memiliki ketahanan sampai beberapa hari
  3. Pesaing dengan jenis produk yang sama

c. Peluang

  1. Pasar yang diminati orang banyak
  2. Ditawarkan langsung kepada calon pembeli

d. harga

Harga perpotong kue brownies in dijual Rp.5.000,- harga yang masih berkisaran terjangkau dan murah untuk konsumen.

e. Promosi

Promosi untuk produk kue brownies dilakukan dengan cara memberikan brosur kecil pada pembeli dengan menyertakan voucher untuk setiap 3 pembelian gratis 1 potong brownies.

f. Tempat

Penjualan produk ini dilakukan didua tempat yaitu kantin tempat mahasiswa dan orang-orang makan dan beristirahat serta di pinggir jalan sebelum masuk fakultas karena selalu ramai dan dilewati oleh orang banyak.

V. DETAIL PRODUKSI

Peralatan yang digunakan :

  • Baskom
  • Sendok
  • Cetakan kue
  • Panci
  • Kompor gas
  • Pisau

Bahan-bahan yang digunakan :

  • Tepung instant brownies
  • Air
  • Telur
  • Keju
  • Gula
  • Margarine

Cara pembuatan :

  1. Siapkan wadah berupa baskom
  2. Masukan tepung instant brownies
  3. Masukan bahan penambah berupa gula, margarin, telur dan 5 sendok air dalam wadah
  4. Aduk semua bahan sampai merata sempurna
  5. Tuang adonan kedalam cetakan kue
  6. Kukus adonan sampai setengah matang
  7. Parutkan keju sebagai toping

VI. KEUNTUNGAN

a. Modal

– Bahan Baku

  1. Gula 1/4kg                                             Rp. 4.000
  2. Susu kental manis 2 sachet                Rp. 3.000
  3. Tepung brownies instant 1 sachet    Rp.13.000
  4. Telur 1 butir                                          Rp. 2.000
  5. Keju                                                        Rp. 6.000
    Total                                                       Rp. 28.000

– Bahan Tambahan

  1. Pelastik pembungkus 1pak                Rp.6.000

Bahan baku + bahan tambahan = Rp.28.000 + Rp.6.000
Total pengeluaran = Rp. 34.000

b. Perhitungan keuntungan

Harga Jual Rp.5.000×30 = Rp. 150.000

-HPP

  • Pengeluaran Rp.34.000
  • Laba kotor Rp.116.000

– Biaya penjualan

  • Pembuatan brosur Rp.15.000
  • Biaya listrik dan air Rp. 10.000
  • Biaya sewa Rp. 10.000
  • Biaya lain-lain Rp.10.000
  • Total Rp. 45.000
  • Laba bersih Rp. 71.000

VII. PENUTUP

Produk brownies mini yang dijual ini diharapkan bisa lebih dikenal secara luas sehingga bisa berkembang dan bisa dipasarkan atau mendapat sasaran dari rancangan tersebut. Juga diharapkan produk ini mendapat perhatian yang besar agar produk ini bisa terus dibuat berkelanjutan menjadi usaha yang berkembang pesat.

2. USAHA AKSESORIS FLANEL

I. LATAR BELAKANG

Masyarakat pada umumnya tentulah menggemari hiasan pada setiap barang atau benda yang mereka miliki. Seperti yang sering kita lihat bahwa suatu barang akan terlihat menarik dan terlihat lebih indah jika memiliki hiasan didalamnya.

Baik pria maupun wanita pastinya sering kita jumpai menambahkan hiasan berupa gantungan kunci pada aksesoris yang mereka miliki. Gantungan kunci yang mereka gunakan biasanya terdapat pada resleting tas mereka, kunci kendaraan baik motor maupun mobil dan juga sering didapati pada kunci rumah mereka.

Hal tersebut tentu saja bertujuan untuk memperindah barang-barang mereka dan juga bisa sebagai penanda bahwa itu adalah barang mereka yang relatif bisa tertukar. Dengan sentuhan kreativitas maka barang dengan gantungan kunci tersebut terlihat lebih menarik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Seiring dengan adanya kebutuhan akan aksesoris seperti gantungan kunci dikalangan masyarakat maka munculah pemikiran pembuatan aksesoris – aksesoris tersebut dengan bahan baku yang terbilang sederhana dan mudah didapatkan.

Maka bahan kain flannel menjadi pilihan untuk bisa dijadikan sebuah bahan membuat aksesoris atau souvenir lucu baik pernak pernik seperti gantungan kunci tersebut. Bahannya yang mudah didapat dengan harga yang cukup murah serta proses pembuatan yang mudah menjadi alasan menggunakan kain flannel ini.

STRUKTUR ORGANISASI

  • Nama usaha : Aksesoris flannel kreatif
  • Bidang Usaha : Kerajinan tangan
  • Bentuk usaha : aksesoris
  • Alamat : Jl. Batik Kelapa no.31 rt.04/05 Bandung

VISI DAN MISI PERUSAHAAN

  • VISI : Menciptakan peluang usaha dengan memanfaatkan dan menggali kreatifitas tinggi dari para pembuat dari kain flannel ini, dan juga bisa menciptakan lapangan kerja baru dengan sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif.
  • MISI : Dengan kreatifitas yang tinggi diharapkan mampu menciptakan aksesoris dengan kualitas tinggi dengan bahan sederhana yang ada disekitar dan juga tidak kalah saing dengan kualitas yang bermutu tinggi.

II. TUJUAN

Pemilihan usaha jenis ini memiliki tujuan :

  1. Keuntungan yang besar.
  2. Menggali kreatifitas dalam mengolah bahan baku berupa kain.
  3. Target penjualan yang bisa dicapai.
  4. Meningkatkan inovatif dengan menciptakan bentuk yang beragam.

III. KEUNGGULAN PRODUK

Kelebihan dari produk ini yaitu:

  1. Berkualitas tinggi dan rapih karena dibuat secara manual
  2. Memiliki bermacam bentuk yang lucu dan menarik
  3. Bisa memesan produk sesuai yang diinginkan konsumen.

IV. ANALISA PASAR

Analisis pasar untuk produk ini diperlukan dengan tujuan supaya penjualan produk ini bisa secara tepat sasaran sehingga bisa terjual secara cepat dan tepat :

a. Kekuatan produk

  1. Harga yang terjangkau sehingga semua lapisan masyarakat akan mampu membelinya
  2. Produk buatan tangan sendiri sehingga terjamin kerapihan dan ketelitiannya
  3. Konsumen bisa memesan bentuk yang mereka inginkan
  4. Bentuk produk variatif dan banyak pilihan

b. Kelemahan produk

  1. Produk tidak memiliki ketahanan yang lama dan mudah rusak jika tidak hati-hati saat digunakan
  2. Bisa dibuat sendiri jika ada pengrajin yang lebih terampil
  3. Persaingan dengan jenis aksesoris yang sama

c. Peluang

  1. Sasaran penjualan yang diminati oleh semua kalangan
  2. Dilihat dan dinilai langsung oleh pembeli

d. Harga

Untuk patokan harga dalam aksesoris dari kain flannel ini dipatok dengan harga Rp.5.000 per item dengan ukuran yang memang dibuat relati sama.

e. Promosi

Aksesoris kain flannel juga diperlukan sebuah promosi untuk pemasarannya. Promosi digerakan dengan aktifitas dari mulut kemulut, media social dan dengan menyebarkan brosur berisi sistem promosi setiap pembelian 2 aksesoris gratis 1 aksesoris.

f. Tempat

Tempat untuk memasarkan aksesoris dari kain flannel ini yaitu pada lingkungan kampus seperti lapangan yang biasanya ramai orang berkumpul dan lalu lalang sehingga orang akan melihat produk yang dijual.

V. DETAIL PRODUKSI

Peralatan yang digunakan :

  • Gunting Kain
  • Benang woll
  • Jarum
  • Pensil
  • Kertas
  • Lem
  • Pelengkap seperti mata mainan
  • Benang biasa
  • Jarum pentul
  • Besi gantungan untuk kunci
  • Peniti untuk bross

Bahan-bahan yang digunakan :

  • Kain flannel
  • Busa dakron

Cara pembuatan :

  1. Pilih desain yang diinginkan sebagai bentuk aksesoris dari kain flannel tersebut bisa berupa tokoh kartun atau bentuk lain
  2. Gambar contoh desain tersebut kedalam kertas atau jika ingin tampak sempurna bisa diprint langsung
  3. Gunting gambar tersebut menjadi pola dengan bentuk sesuai
  4. Siapkan kain flannel yang dibutuhkan
  5. Tempelkan kertas dengan bentuk pola yang diinginkan dengan kain flannel menggunakan jarum pentul
  6. Gunting kain flannel mengikuti pola bentuk yang ada pada kertas
  7. Buat dua bagian menjadi depan belakang
  8. Jahit pinggiran kedua kain tersebut hingga menempel
  9. Tambahkan busa dakron agar kain tersebut tampak berisi dan hidup
  10. Rapatkan jahitan dan pastikan pinggiran kain tersebut rapih dan rapat sempurna agar tidak mudah lepas
  11. Jika kain flannel tersebut berbentuk animasi mahluk hidup bisa diberi tambahan seperti bola mata
  12. Tambahkan tambahan seperti besi gantungan pada bagian atasnya jika kain flannel yang sudah jadi tersebut dijadikan gantungan kunci
  13. Jika dijadikan bross maka bisa ditambahkan peniti pada bagian belakangnya.

VI. KEUNTUNGAN

a. Modal

– Bahan baku

  1. Kain flannel 10 warna         Rp. 20.000
  2. Busa dakron 1/2kg               Rp. 15.000
  3. Gantungan besi 1pak           Rp. 3.000
  4. Bola mata mainan 1pak      Rp. 2.000
  5. Penit bross 1pak                   Rp. 2.000
  6. Benang wol                            Rp. 5.000
  7. Lem                                         Rp. 3.000
    Total                                        Rp. 50.000

– Bahan Tambahan

  1. Pelastik pembungkus 1pak       Rp. 3.000

Bahan baku + bahan tambahan = Rp.50.000 + Rp.6.000
Total pengeluaran = Rp. 56.000

b. Perhitungan keuntungan

Harga Jual Rp.5.000×50 = Rp. 250.000

– HPP

  • Pengeluaran Rp.56.000
  • Laba kotor Rp.194.000

– Biaya penjualan

  • Pembuatan brosur Rp.15.000
  • Biaya listrik Rp. 10.000
  • Biaya sewa Rp. 10.000
  • Biaya lain-lain Rp.10.000
  • Total Rp. 45.000
  • Laba bersih Rp. 149.000

VII. PENUTUP

Aksesoris yang berasal dari kain flannel ini bisa menjadikan kreatifitas semakin tinggi dan dibarengi dengan inovasi yang sesuai maka bisa menghasilkan karya yang beragam dan tidak membosankan. Produk dengan bahan sederhana dari kain flannel ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan pasar masyarakat.

Dengan demikian maka usaha ini akan terus eksis dan berkembang seiring juga dengan produk ini dikenal masyarakat luas sehingga usaha ini akan terus berkelanjutan dan semakin beragam variasi bentuknya.

Inilah beberapa contoh bisnis plan sederhana untuk mahasiswa yang bisa Anda pelajari, semoga bermanfaat dan sukses untuk planning bisnisnya.