Inilah 12 Beragam Cara Mendapat Modal Usaha

Kebanyakan dari Anda pasti ingin membuka bisnis sendiri. Apalagi bila mana ditunjang dengan skill dan kreativitas tinggi. Sayangnya tidak semua orang mampu mendirikan usaha.

Kendala sering membelenggu dengan keterbatasan modal yang di miliki. Perlu diketahui bahwa setiap bisnis tentu membutuhkan modal awal yang tidak sedikit. Maka dari itu beberapa memilih mundur secara perlahan.

Anda yang mengalami permasalahan demikian sebetulnya tak perlu berkecil hati. Bila mana terus bersabar serta berusaha maka akan ada jalan terbuka untuknya. Berikut ini akan ditampilkan beberapa cara mendapat modal usaha.

Tips dan Cara Mendapat Modal Usaha yang Bisa Anda Lakukan

1. Meminjam bank dengan jaminan

Cara paling umum yang digunakan untuk mendapatkan modal ialah pinjaman melalui bank. Tentu Anda harus memberikan jaminan guna memperlancar proses transaksi. Jaminan yang diberikan dapat berupa kendaraan maupun properti milik pribadi.

Selain itu ada pula persyaratan lain yang harus dipenuhi agar dana dapat langsung cair. Meminjam uang di bank memiliki kelebihan yakni dana dapat cair dengan jumlah sesuai keinginan. Meski begitu ada nilai bunga yang dibebankan mencapai 9-12 persen tergantung jumlah pinjaman dengan jangka waktu tertentu.

2. Pinjaman dari teman atau saudara

Cara mendapat modal usaha dari bank mengharuskan Anda membayar bunga. Bila tidak ingin akan hal itu, Anda dapat memilih opsi lain seperti meminjam saudara ataupun teman. Rekan terdekat mungkin bersedia membantu apalagi jika dana akan digunakan untuk langkah positif seperti membuka usaha.

Meminjam uang ke rekan juga memiliki kelebihan lain yaitu biasanya tidak dibebankan bunga untuk pengembalian. Meski jumlah yang diberikan kadang kala tidak mampu sebanyak yang ditawarkan bank.

3. Menjual aset

Ada langkah alternatif lain yang bisa di ambil sebagai cara mendapat modal usaha. Langkah ini dapat diambil untuk Anda yang rela melepas beberapa aset pribadi. Beberapa aset jelas dapat meningkatkan pemasukan modal dengan cara menjualnya.

Aset meliputi emas, kendaraan ataupun properti memiliki nilai jual yang tinggi sehingga akan menjadi lumayan untuk menambah modal. Meskipun akan kehilangan barang milik pribadi namun Anda tidak akan terikat utang dari pihak mana pun dan itulah keuntungan dari menjual aset.

4. Menggadaikan aset

Bila Anda masih belum rela melepas aset milik pribadi, masih ada langkah lain yang bisa di putuskan. Langkah yang harus diambil ialah menggadaikan aset kepunyaan baik itu berupa emas, properti ataupun kendaraan. Menggadaikan aset dapat menjadi cara mendapat modal usaha efektif walaupun dana yang di dapat tidak terlalu berjumlah besar.

Namun melalui gadai, setiap aset dapat di ambil kembali jika Anda sudah berhasil melunasinya. Hal yang harus diperhatikan ialah jangan sampai telat dalam pelunasan atau aset menjadi hak milik pihak terkait.

5. Pinjaman dari bank tanpa agunan

Kata siapa meminjam dana di bank harus selalu memberikan jaminan?. Anda tetap bisa mendapatkan modal meski tanpa jaminan melalui fasilitas KTA. Kredit tanpa agunan menjadi favorit pelaku bisnis mengingat cara mendapat modal usaha ini tanpa adanya jaminan. Sayangnya untuk dapat mencairkan dana tidaklah mudah. Ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi serta bunganya pun terbilang besar dengan 10-23 persen.

6. Memakai tabungan

tabungan
Image by Megan Rexazin from Pixabay

Cara mendapat modal usaha patut di ambil untuk Anda yang tidak mau berhutang. Mengingat hutang dikenakan bunga yang lumayan besar maka sebagian besar memilih untuk menabung terlebih dahulu. Untuk itu sering kali dijumpai pengusaha yang pada awalnya merupakan karyawan biasa.

Melalui tabungan yang terus di sisihkan maka kelak dapat digunakan sebagai modal bisnis masa depan. Tips ini memiliki kelemahan yakni membutuhkan waktu yang lebih lama meski jauh lebih aman dari pada harus berhutang.

7. Manfaatkan Joint venture

Joint venture dapat menjadi jawaban untuk meringankan biaya pembuatan usaha. Namun pada poin ini hanya dapat dilakukan bila mana Anda memiliki rekan yang bersedia bekerja sama. Melalui strategi ini maka setiap modal dapat di pukul sama rata.

Demikian pula dengan keuntungan ataupun kerugian ketika menghampiri sektor usaha. Bagaimana pun jangan lupa untuk membuat perjanjian tertulis dengan rekan kerja agar sebagai langkah antisipasi adanya konflik tidak terduga di masa mendatang.

8. Modal dari konsumen

Mendengar pernyataan dari poin ini mungkin Anda merasa bingung. Maksud dari cara mendapat modal usaha ini adalah Anda menerima uang muka terlebih dahulu dari proyek yang sedang dikerjakan. Nah pembayaran di awal itu yang digunakan sebagai modal awal usaha. Sistem mendapatkan modal yang demikian biasanya diterapkan pada jenis model usaha seperti sablon, katering dan berbagai jenis usaha lain.

9. Mengikuti pelatihan

Pada cara mendapat modal usaha ini membutuhkan persiapan matang sebelumnya. Anda dapat menghadiri berbagai kegiatan pemberdayaan yang dilakukan oleh lembaga tertentu. Melalui kegiatan itu biasanya akan diberikan informasi seputar akses modal usaha.

Dalam hal ini Anda harus menjelaskan jenis usaha yang hendak di bangun dan apa visi serta misi yang ingin di capai. Bila mampu menarik perhatian para lembaga maka bukan tak mungkin Anda akan mendapatkan suntikan modal.

10. Memilih usaha waralaba

Bisnis waralaba atau franchise kini sudah menjamur di mana-mana. Sistem kerja dalam jenis binsi ini adalah Anda bekerja sama dengan pemilik brand resmi terkait. Dalam hal ini biaya yang dikeluarkan tentu tidak semahal harus memulai dari awal.

Segala persiapan seperti produk ataupun resep makanan bila waralaba kuliner akan diberi tahukan dengan jelas. Kelebihan lain mempercayakan kepada waralaba ialah sudah memiliki nama tersendiri di hati para pelanggan. Dengan begitu jaringan konsumen sudah terjamin lebih luas dibanding memulai dari awal.

11. Melalui kredit usaha rakyat

KUR atau kredit usaha rakyat dapat menjadi pilihan cara mendapat modal usaha. Jenis program ini sudah memiliki nama serta sering kali di pilih oleh para pelaku awal usaha. Bahkan beberapa bank ternama berhasil digandeng sehingga Anda dapat bekerja sama.

Namun perlu diketahui bahwa ada bunga yang berlaku umumnya tergantung dari jumlah pinjaman. Bila tertarik meminjam uang dengan metode ini maka sebaiknya Anda menyiapkan beberapa data yang harus diserahkan untuk menunjang kelancaran proses.

12. Pinjaman melalui Peer to Peer Lending

Berbeda dari jenis pinjaman lain pada peer to peer (P2P) lending proses peminjaman dilakukan secara online. Kemajuan teknologi sepertinya memang dimanfaatkan betul pada jenis pinjaman melalui langkah ini.

Dana yang Anda ajukan akan cair apabila para investor sudah selesai melakukan penggalangan dana. Suku bunga yang dibebankan umumnya bergantung dari data yang Anda isi dan jumlah pinjaman.

Itulah beberapa cara mendapat modal usaha. Cara demikian dapat menjadi solusi untuk Anda yang berniat membuka usaha. Pikirkan matang-matang mana yang lebih memungkinkan untuk di pilih. Sebelum itu, ada baiknya Anda juga sudah mematangkan jenis usaha yang hendak di bangun. Kematangan bisnis dapat menjadi jaminan kesuksesan di waktu mendatang.