12 Ide Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan

Bisnis ternak hewan kadang kala masih dipandang sebelah mata bagi beberapa orang. Padahal usaha ini dapat menjanjikan keuntungan bila di kelola dengan baik. Apalagi modal usaha tidak begitu besar dibanding jenis usaha lain.

Meski harus sewaktu-waktu berjibaku di tempat yang kurang bersih namun tentu tidaklah menjadi masalah jika keuntungan yang dijanjikan menggiurkan. Ide bisnis peternakan yang paling menguntungkan pun ada pula yang dapat di jalankan sebagai usaha sampingan.

Berikut 12 Ide Bisnis Peternakan yang Paling Menguntungkan

1. Ternak Kroto

Kroto atau telur semut rangrang merupakan komoditas pakan burung yang paling banyak di cari. Dengan pemberian kroto yang rutin diduga mampu membantu burung berkicau dengan indah. Hal itu sebetulnya tak mengherankan mengingat kandungan zat dan protein pada telur semut ini sangat tinggi. Mengingat semakin banyaknya burung kicau yang di pelihara maka secara otomatis membuat kebutuhan akan kroto meningkat. Kroto di alam bebas pun sudah tak banyak di temui sehingga dapat Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan.

2. Ternak Ayam Potong

Berbicara soal usaha ternak maka belum lengkap menyebut usaha ternak ayam potong. Jenis bisnis peternakan yang paling menguntungkan masih ramai digeluti. Meski beberapa memilih gulung tikar akibat kurang handal dalam perawatan. Padahal usaha ini tidak terlalu merepotkan yang terpenting selalu menjaga kebersihan kandang dan juga pemberian pakan bermutu. Anda juga dapat dengan mudah menjual ayam maupun berupa daging di pasaran dengan mudah mengingat kebutuhan akan ayam yang tinggi.

3. Ternak Ikan

Anda yang memiliki pekarangan dekat rumah kosong dapat memanfaatkannya untuk beternak ikan. Salah satu bisnis peternakan yang paling menguntungkan ini juga dapat menjadi usaha sampingan di tengah pekerjaan rumah. Anda dapat memelihara beberapa jenis ikan yang tidak ribet seperti lele, mujair, bawal dan lain-lain. Persoalan terpenting dalam menjalankan ide usaha ini adalah pemberian makan secara rutin. Bahkan untuk beberapa tipe ikan seperti ternak ikan lele tidak perlu terlalu banyak ganti air sebab di kekeruhan pun mampu bertahan hidup.

4. Usaha Ayam Petelur

Selain mengelola bisnis ayam potong, memilih bisnis ayam petelur juga merupakan ide peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Bisa dicermati saja, kebutuhan akan telur tidak pernah sepi di pasaran. Bahan olahan berbagai hidangan lezat ini begitu dibutuhkan karena mampu menjadi menu makanan bergizi tinggi. Dalam menjalankan sektor usaha ini penting untuk Anda dalam pemilihan bibit unggul berkualitas agar mampu menghasilkan telur yang berkualitas pula.

5. Usaha Ternak Bebek

Tidak hanya daging ayam, daging bebek juga merupakan komoditi yang banyak di minati. Anda dapat memperhatikan banyak sekali rumah makan atau restoran yang menyediakan daging hewan ini. Harga daging ini pun terbilang jauh lebih mahal sehingga akan menjadi ladang keuntungan tersendiri. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan telurnya sebagai telur asin. Jadi bisa mendapat keuntungan double sekaligus melalui daging dan telur pada bisnis peternakan yang paling menguntungkan ini.

6. Ternak burung lovebird

Untuk Anda pecinta burung dapat memanfaatkan ide usaha ternak burung lovebird. Burung ini dikenal akan keindahan serta suaranya yang menggelegar. Tampilan warnanya pun bervariasi sehingga enak untuk di pandang. Pemeliharaan tipe burung ini juga dikenal tidak ribet. Anda hanya perlu memberikan pakan berkualitas serta dalam beberapa waktu membersihkan kandang. Banyak pula di adakan kontes burung baik dari segi keindahan maupun kicau. Melihat peluang demikian maka jangan ragu lagi untuk memilih bisnis peternakan yang paling menguntungkan ini.

7. Ternak Kelinci

ternak kelinci
Image by Lily_S from Pixabay

Hewan lucu dan menggemaskan ini pasti kebanyakan dari Anda menyukainya. Kelinci memiliki tampilan menggemaskan yang membuat kebanyakan orang tertarik untuk memelihara. Anda dapat memanfaatkan kesempatan demikian untuk mulai ide bisnis memelihara kelinci. Ada beberapa ras yang bisa di pilih yang tentunya berpengaruh terhadap harga jual. Selain itu ada pula kelinci konsumsi yang biasanya untuk menu makanan tertentu. Setiap harga pada hewan lucu ini memang dipengaruhi dari tipe dan jenisnya.

8. Budidaya Belut

Budidaya belut bisa dibilang masih jarang dilakukan. Keterbatasan pengetahuan dan informasi mengenai pemeliharaan menjadi hambatan tersendiri banyak orang belum terjun dalam usaha ini. Padahal kebutuhan akan belut terbilang sangat tinggi. Kandungan gizi dan protein yang tinggi membuat hewan panjang ini begitu di cari. Selain itu rasa olahannya pun nikmat untuk dikonsumsi. Sebenarnya ide bisnis peternakan yang paling menguntungkan ini tidak serumit yang dipikirkan banyak orang. Anda dapat memanfaatkan drum sebagai media pemeliharaan.

9. Jual Beli Ikan Hias

Beberapa waktu belakangan masyarakat banyak sekali yang tertarik memelihara ikan hias. Ikan hias menjadi hewan yang begitu indah di pandang oleh siapa saja yang melihat. Anda pun akan merasa fresh saat melihat beragam ikan hias berenang pada akuarium. Melihat fakta yang ada maka Anda dapat memanfaatkan itu untuk terjun dalam bisnis yang menguntungkan ini. Tantangan terbesar yang harus dihadapi ialah mampu memilih indukan berkualitas serta memilih setiap bibit ikan yang dianggap unggul.

10. Ternak ulat hongkong

Peluang bisnis peternakan yang paling menguntungkan berikut mampu menjadi solusi mendapat penghasilan tambahan. Ternak ulat hongkong dapat di pilih mengingat dalam pemeliharaan tidak terlalu bikin ribet. Bagaimana pun ulat jenis ini begitu di butuhkan untuk para pemelihara burung kicau, Arwana, atau landak mini. Kebutuhan pasar yang terbilang tinggi tentu akan pula berpengaruh dari segi harga yang diperjualbelikan Anda nantinya.

11. Beternak Jangkrik

Jangkrik merupakan hewan yang dapat dijadikan pakan banyak peliharaan lain. Sebut saja burung ataupun ikan Arwana. Dengan kandungan yang tak terlalu beda jauh dengan kroto, jangkrik lebih banyak di pilih karena ketersediaannya lebih banyak. Bagaimana pun Anda dapat memanfaatkan ide bisnis peternakan yang paling menguntungkan ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Lagi pula pemeliharaan hewan ini dikenal simpel dan tidak ribet untuk dilakukan.

12. Ternak Cacing

Anda pasti tidak menyangka kalau cacing dapat menjadi sumber uang tambahan. Ternak cacing telah banyak dilakukan mengingat kebutuhan akan hewan ini selalu meningkat. Cacing merupakan pakan bergizi untuk beragam hewan lain. Banyaknya jenis hewan yang gemar memakan cacing tentu mempengaruhi kebutuhan akan hewan kecil ini. Harga di pasaran mungkin tidak terlalu mahal akan tetapi bila konsumen yang membeli banyak tentu bukan menjadi masalah besar.

Itu dia beberapa ide bisnis peternakan yang paling menguntungkan. Usaha peternakan mungkin kebanyakan dari Anda masih menganggap sepele. Padahal keuntungan yang dapat diperoleh begitu menggiurkan bila di kelola dengan maksimal. Hal yang paling penting ialah modal yang dibutuhkan tidak besar serta tak butuh keahlian khusus untuk menjalankannya. Adapun perawatan dan pemberian makan menjadi faktor penting penunjang kesuksesan beternak.