Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

Lakukan 7 Cara Memulai Usaha Kuliner ini Agar Usahamu Sukses!

Loading...

Apakah Anda memiliki hoby memasak? Atau memiliki hoby makan? Nah dari hoby ini bisa kamu kembangkan menjadi bisnis yang bisa menghasilkan omzet puluhan juta rupiah perbulannya.

Bukankah menyenangkan jika hobymu bisa menghasilkan uang? Nah buat kamu yang ingin memulai bisnis di bidang kuliner harus paham bagaimana cara memulai usaha kuliner.

Jika kamu tidak memerhatikan hal tersebut, maka akan sulit mempertahankan usahamu di tengah-tengah persaingan yang ketat.

Loading...

Lakukan 7 Cara Memulai Usaha Kuliner ini Agar Usahamu Sukses!

Usaha di bidang kuliner terkenal sebagai usaha yang selalu berkembang dan gak ada matinya. Keuntungan yang menggiurkan membuat banyak orang tertarik menggeluti bidang ini. Usaha kuliner dari bidang kecil seperti warung di pinggir jalan hingga restoran elit menjadi persaingan ketat dalam usaha ini.

Tetapi, buat kamu yang baru ingin memulai usaha di bidang kuliner jangan khawatir dengan persaingan tersebut, karena dengan mengetahui cara memulai usaha kuliner, maka usahamu akan mampu bersaing dengan usaha kuliner lainnya. Berikut akan dijelaskan bagaimana cara untuk memulai usaha di bidang kuliner.

1. Siapkan modal usaha

Setiap usaha pasti memerlukan modal. Mengetahui modal awal yang kamu miliki sangat penting. Hal ini bertujuan untuk mengetahui jenis kuliner apa yang akan menjadi usahamu. Tetapi, jangan khawatir ketika modal yang kamu miliki ternyata tidak cukup, karena banyak jasa penyedia pinjaman tunai tanpa jaminan. Dalam melakukan hal ini kamu harus memastikan bahwa layanan tersebut terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan ya.

2. Ciptakan Kuliner yang Unik

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa masyarakat Indonesia sangat menyukai keterbaharuan. Maka faktor pembeda atau uniqe selling harus ada di dalam kuliner yang akan kamu jalankan. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan survei terhadap menu yang sedang viral, kemudian kreasikan menu tersebut menjadi menu baru yang belum pernah ada.

Loading...

3. Lakukan strategi pemasaran

Strategi pemasaran sangat penting untuk memulai bisnis apapun, apalagi kuliner. Di zaman yang modern dan serba instan ini cara memulai usaha kuliner menjadi sangat mudah. Kamu hanya perlu memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi dan tidak ada salahnya memberikan diskon di hari pertama usahamu dimulai.

4. Beli bahan baku di tempat yang sama

Dalam membuka usaha di bidang kuliner tentunya kamu akan sering membeli bahan baku. Nah, untuk mencegah perubahan rasa di makanan yang kamu jual maka sebaiknya membeli bahan baku baku di tempat yang sama. Tidak hanya itu, dengan berlangganan di tempat yang sama tentunya kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Pilih lokasi yang tepat

lokasi yang tepat untuk usaha kuliner
Gambar oleh Wian Juanico dari Pixabay

Memilih lokasi yang strategis merupakan cara memulai usaha kuliner yang penting yang harus kamu perhatikan dalam memulai bisnis dalam bidang kuliner. Lokasi yang tepat dapat memengaruhi kelancaran usaha kamu. Misalnya kamu membuka kuliner cafe yang berisi menu kopi-kopi kekinian di desa, maka usahamu akan mati karena lokasi tersebut bukan pemasaran yang tepa. Usaha kuliner tersebut lebih tepat jika diletakkan di tengah-tengah perkotaan yang banyak dihuni anak muda.

6. Ciptakan brand yang unik

Menciptakan nama yang unik dan mudah ingat sangat penting untuk memulai usaha di bidang kuliner. Terdapat tiga tipe umum brand yang sering digunakan. Pertama deskriptif yakni menjelaskan secara langsung makanan apa yang dijual. Kedua, sugestif atau analogi yakni mengibaratkan sesuatu. Ketiga tidak berhubungan yakni brand yang tidak ada kaitannya dengan makanan yang dijual.

7. Jangan takut mencoba

Cara memulai usaha kuliner yang terpenting adalah jangan takut untuk mencoba. Lawanlah rasa takut dan jadikan rasa itu menjadi pemacu semangat untuk mengembangkan usahamu. Teruslah berusaha hingga usahamu sukses, jika gagal berusaha lagi. Jika terjatuh kamu hanya perlu bangkit lagi dan jangan pernah berhenti.

Itulah tujuh cara memulai usaha kuliner yang bisa kamu lakukan. Jangan kebanyakan mikir dalam memulai usaha, lakukanlah yang terbaik dan jangan pernah ragu-ragu. Dan jangan lupa ikuti tujuh langkah di atas ya.

Loading...