Apa itu Vertical Garden dan 10 Manfaatnya

Vertical Garden merupakan cara yang cukup mudah untuk menikmati estetika tanaman di ruang terbatas dengan tanaman yang tumbuh tinggi bersama dengan fasad dan dinding interior, menciptakan pemandangan yang menakjubkan.

Apa itu Vertical Garden?

Apa itu Vertical Garden dan Manfaatnya
Gambar oleh Raffaella Faverzani dari Pixabay

Vertical Garden, juga dikenal sebagai dinding hijau, adalah komposisi tanaman berbeda yang ditempatkan pada struktur vertikal, melekat pada dinding bangunan.

Tanaman biasanya dipilih tergantung pada iklim dan paparan sinar matahari dari dinding di mana mereka ditempatkan, tumbuh pada panel multilayer atau wadah PVC. Dengan cara ini, dimungkinkan untuk memanfaatkan teknik hidroponik sebaik mungkin. Panel-panel ini dimasukkan ke dalam kisi-kisi logam, ditempatkan sedikit terlepas dari dinding bangunan, untuk menjamin ventilasi yang baik dan anti air.

Jenis pertanian ini memungkinkan persediaan air hujan dan pupuk yang konstan, melalui sistem irigasi yang ditempatkan di bagian atas dinding hijau.

Metode padat dan efisien lainnya untuk pertumbuhan tanaman adalah struktur dengan bak di mana setiap baris memiliki sistem irigasi sendiri.

Penempatan berbagai tanaman yang membentuk taman vertikal tentu harus mempertimbangkan kondisi iklim mikro setempat, yang juga bervariasi tergantung pada ketinggian dinding, terutama untuk taman vertikal di luar ruangan.

Selain itu, Anda tidak boleh lupa tentang pentingnya efek estetika, oleh karena itu penempatan berbagai spesies tanaman juga akan bergantung pada warna dan pola yang ingin Anda dapatkan.

Jenis sistem Vertical Garden

Ada berbagai jenis sistem yang perlu dipertimbangkan ketika membangun dinding Vertical Garden. Beberapa memiliki keunggulan dibandingkan yang lain tergantung pada apa tujuan dan harapan Anda.

1. Sistem wadah

Sistem ini menggunakan pot tanah khas yang ditempatkan dalam struktur vertikal. Pot memungkinkan pertukaran tanaman dengan mudah dan kemampuan untuk merubah tanaman tanpa mengganggu tanaman lainnya.

Namun, pot cenderung menjadi sangat panas dan merupakan struktur yang kaku sehingga kurang fleksibel dalam proses desain. Jika tanaman ditanam dalam wadah di rak, pastikan ada ruang yang cukup untuk tanaman tumbuh.

2. Sistem Pocket

woolly pocket vertical garden
Gambar oleh Charleston’s TheDigitel dari flickr

Woolly Pocket adalah sistem taman vertikal yang populer. Memilih sistem taman vertikal kantong memungkinkan pengaturan suhu, tidak seperti pot standar. Akar tanaman lebih sehat di kantong karena mereka menjadi memiliki udara saat mencapai tepi kantong kain. Setelah tanaman tumbuh, sulit untuk merubahnya dan akan mengganggu tanaman lain.

3. Sistem hidroponik

Vertical Garden dengan hidroponik memungkinkan tanaman untuk tumbuh subur dan besar tanpa memakan banyak ruang. Anda dapat menghemat dan membuat sendiri sistem hidroponik vertikal DIY atau membeli yang sudah jadi. Hidroponik memang memerlukan perencanaan khusus. Meskipun menjalankan kebun hidroponik memiliki biaya lebih banyak di awal dan biaya operasional, penghematan ruang dan pertumbuhan tanaman mungkin sepadan.

4. Sistem DIY (Do It Yourself)

vertical garden sistem diy
Gambar oleh Reija Hirvonen dari Pixabay

Anda dapat membangun taman vertikal sendiri dari bahan-bahan umum, seperti palet, jala, dan kabel. Anda dapat membuat unit rak dan menempatkan pot di rak. Anda bisa membuat dinding kantung Anda sendiri. Ini memunculkan begitu banyak ide-ide kreatif dan memiliki nuansa unik lain dengan yang lainnya.

5. Sistem teralis

Tanaman anggur dapat ditanam secara vertikal untuk menghemat banyak ruang dan dapat menghasilkan tanaman yang lebih sehat. Teralis, tangga, dan pagar dapat digunakan kembali untuk  sistem vertical garden teralis.

6. Sistem prefabrikasi

Meskipun sistem ini bisa menjadi mahal, taman vertikal prefabrikasi dirancang untuk efisiensi maksimum dan memiliki tampilan yang ramping dan canggih. Ini bisa lebih mudah dirawat karena rekayasa sistem cetakan sangat ideal untuk pertumbuhan dan kesehatan tanaman dan juga akan terlihat luar biasa di halaman Anda.

Manfaat Vertical Garden atau Dinding Hijau

1. Tanaman Vertical Garden menghasilkan Oksigen

Tanaman di Vertical Garden membuat perubahan signifikan dengan meningkatkan kualitas udara di dalam ruang hidup seperti rumah, kantor, sekolah, rumah sakit, dll. Dinding Hijau / Vertical Garden menampung minimal 60-95 tanaman per meter persegi, jumlah yang cukup banyak di ruang kecil. Tumbuhan mengubah Karbon dioksida (CO2) menjadi Oksigen (O2) pada siang hari. Selanjutnya, beberapa tanaman dalam ruangan juga menghasilkan Oksigen di malam hari.

2. Tanaman Vertical Garden dapat memurnikan udara

Tumbuhan juga memurnikan udara dengan menyaring polutan & racun dari udara yaitu formaldehyde, xylene, benzene, toluene, dan trichlorethylene. Polutan berasal dari luar, terutama dari lalu lintas dan racun yang berasal dari bahan kimia, cat, perekat, dan pelapis di dalam rumah. Polutan menyebabkan sakit kepala, alergi, masalah pernapasan, kegelisahan, kelelahan, kurang tidur, dan agresi, dll.

3. Tanaman Vertical Garden dapat dengan Meningkatkan kinerja

Alam memungkinkan semua manusia untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dengan cara yang berbeda dan salah satunya adalah penghijauan. Vertical Garden di ruang kerja membuat perbedaan besar dengan memproduksi oksigen segar yang membantu karyawan merasa lebih segar dan aktif. Oksigen rendah atau kualitas udara buruk di ruang kerja selalu membuat Anda lelah atau mengantuk sehingga produktivitas karyawan berkurang hingga 50%.

4. Menurunkan suhu ruangan

Dalam cuaca panas, Anda tidak dapat menyentuh dinding beton di luar karena sangat panas. Sementara itu, Anda dapat menyentuh tanaman dalam cuaca yang sama karena tanaman mempertahankan suhu pada 32ºC. Tanaman menyerap 50% sinar matahari dan 30% memantulkannnya karena itu, suhu lebih dingin di musim panas di dekat area yang lebih hijau. Demikian pula, tanaman mengurangi suhu dalam ruangan karena efek pendinginannya. Dan dapat mengurangi 30-35% dari biaya pendingin udara.

5. Mengurangi tingkat kebisingan

Vertical Gardens atau Green Walls berfungsi seperti penghalang suara yang mengurangi kebisingan sekitar 40-45% dari fasad biasa. Karena efek 3D tanaman, mereka menyerap suara ekstra di dalam dan di luar bangunan. Tembok Hijau mengurangi hingga 8dB kebisingan yang membuat lingkungan lebih tenang.

6. Dapat mengurangi stress

Dinding Hijau membantu mengurangi stres fisik dan mental. Tumbuhan menghasilkan oksigen segar dan memurnikan udara yang mengurangi masalah seperti masalah pernapasan, tekanan darah, ketegangan otot, dll. Dengan melihat tanaman selama beberapa menit, dapat menjadi rileks mengurangi tekanan mental.

7. Meningkatkan produktivitas

Karena lingkungan hijau mengurangi tekanan fisik, lingkungan hijau juga meningkatkan produktivitas manusia. Orang yang bekerja di lingkungan hijau sehat memiliki suasana hati yang lebih baik yang membantu mereka menjadi lebih aktif dan inovatif. Lingkungan kerja yang hijau dan sehat meningkatkan produktivitas 15-20%.

8. Memiki Manfaat Sosial

Bekerja atau hidup di lingkungan hijau membawa kebersamaan sosial dalam diri orang. Diketahui bahwa “penghijauan skala kecil” khususnya memiliki efek positif pada kohesi sosial di lingkungan. Daerah-daerah dengan lebih banyak tanaman hijau menderita lebih sedikit hambatan dari agresi, kekerasan, dan vandalisme.

9. Tanaman Vertical Garden menambah nilai pada perusahaan

Keberlanjutan bukan lagi slogan tetapi kebutuhan global saat ini. Dinding hijau hidup dengan bahan berkelanjutan lainnya yang digunakan dalam bangunan mengurangi biaya energi yang secara langsung meningkatkan nilai properti. Ada banyak contoh di mana bangunan kantor menjadi simbol lingkungan dan sosial bagi karyawannya.

10. Tanaman Vertical Garden menawarkan lingkungan penyembuhan

Penghijauan mendorong pemulihan yang lebih cepat bagi pasien, sehingga tinggal di rumah sakit lebih singkat. Toleransi seseorang terhadap rasa sakit lebih tinggi di lingkungan hijau. Ini juga dikenal sebagai “lingkungan penyembuhan”.

Demikianlah informasi tentang Apa itu Vertical Garden dan 10 Manfaatnya, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.