6 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah & Cara Buat Masker Aloe Vera

Seiring berjalannya waktu, manfaat lidah buaya untuk wajah sudah semakin tren. Jika dulu aloe vera lebih dikenal manfaatnya untuk rambut. Kini, banyak sekali yang memakai gel lidah buaya untuk dioleskan di wajah sebagai masker.

Selain itu, makin banyak ditemukan penggunaan aloe vera sebagai bahan dasar pembuatan produk kecantikan dan minuman.

Bahkan, ada juga suplemen lidah buaya yang disinyalir bisa memberikan rasa bugar pada tubuh orang yang sedang diet. Baik itu menurunkan berat badan maupun menaikkan berat badan.

Bagaimana dengan Anda?

Apakah Anda sudah pernah mencoba merasakan khasiat lidah buaya? Atau malah sudah mencoba manfaat aloe vera untuk wajah dengan membuat masker lidah buaya sendiri di rumah?

Selama ini, fungsi lidah buaya apa saja yang sudah Anda rasakan?

Dalam artikel ini, kami akan memberikan rangkuman mengenai manfaat lidah buaya untuk kulit. Siapa tahu ada beberapa di antaranya yang belum Anda coba.

Rugi sekali kalau misalnya sering pakai lidah buaya tapi hanya tahu satu dua manfaatnya saja.

Ini dia 6 khasiat dan manfaat lidah buaya untuk wajah

Nama latin lidah buaya atau nama ilmiahnya adalah Aloe vera. Merupakan tumbuhan kaktus dan bisa tumbuh di daerah kering. Di India dan Afrika sendiri, bunga lidah buaya ini sudah dimanfaatkan secara maksimal sejak beberapa abad lalu.

Jika diringkas, manfaat aloe vera adalah untuk rambut, kulit, wajah, dan kesehatan tubuh. Dalam kaitannya dengan manfaat lidah buaya untuk kulit, seringnya, lidah buaya digunakan untuk merawat kulit yang luka dan memberikan nutrisi pada kulit.

Penggunaannya terbilang mudah, cukup dengan mengambil lidah buaya. Kemudian diiris, lalu gelnya dioleskan ke bagian yang luka.

Berikut ini adalah manfaat dan gambar lidah buaya untuk wajah dan beberapa bagian kulit lainnya:

Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah

  1. Mengobati kulit dari sengatan sinar matahari

    Cuaca yang panas kadang membuat kulit terasa terbakar. Jika ini terjadi, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk mengobatinya.

    Lidah buaya melakukan penyembuhan pada tingkat kulit epitel, yaitu lapisan sel yang menutupi tubuh yang fungsinya sebagai pelindung pada kulit dan membantu melembapkannya.

    Karena lidah buaya memiliki kualitas antioksidan dan nutrisi yang baik, kulit yang tersengat matahari pun lebih cepat sembuh.

  2. Masker lidah buaya yang melembapkan, aman buat kulit berminyak

    Masker lidah buaya bermanfaat untuk melembapkan kulit tanpa efek rasa berminyak atau lengket.

    Kenyataan ini sangat baik untuk Anda yang memiliki kulit berminyak. Jika ada yang bertanya, masker yang cocok untuk kulit berminyak. Jawabannya adalah masker aloe vera ini.

    Jika Anda sering menggunakan makeup atau riasan dengan bahan dasar mineral, lidah buaya ini berfungsi sebagai pelembab. Sangat bagus diaplikasikan sebelum riasan agar terhindar dari kulit kering.

    Tak hanya untuk wanita, manfaat lidah buaya untuk wajah juga bisa dirasakan oleh pria lho. Yakni dengan menggunakan lidah buaya sebagai gel setelah bercukur. Sifat penyembuhan dalam lidah buaya dapat mengobati luka-luka kecil yang mungkin terjadi saat mencukur. Juga bisa menenangkan kulit, lho!

  3. Manfaat lidah buaya untuk kulit berjerawat

    Hal ini berkaitan dengan hormon dalam gel lidah buaya, yaitu giberelin dan auksin. Kedua hormon ini memberikan manfaat penyembuhan luka dan antiinflamasi sehingga bisa meredakan peradangan pada kulit.

    Giberelin dalam lidah buaya berfungsi untuk merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Hal ini memungkinkan kulit lebih cepat sembuh secara alami dengan jaringan parut yang bisa diminimalkan.

    Lidah buaya memiliki sifat yang dapat menenangkan kulit, meredakan rasa gatal, meredakan kulit yang melepuh, dan mengurangi peradangan yang biasanya terjadi pada jerawat.

    Khasiat lidah buaya dalam pengobatan ayurvedic di antaranya adalah untuk mengatasi masalah eksim, jerawat, dan psoriasis.

  4. Manfaat lidah buaya untuk mengurangi tampilan selulit

    Selulit diakibatkan oleh penurunan atau pertambahan berat badan secara drastis dan cepat. Wanita pasca melahirkan biasanya juga mengalami hal ini di daerah-daerah yang cukup berlemak.

    Masker atau lulur lidah buaya bisa mengobati masalah ini, menyembuhkan luka, dan memudarkan bekasnya.

  5. Manfaat aloe vera untuk wajah sebagai agen anti-aging

    Manfaat masker lidah buaya
    Garis halus dan menurunnya elastisitas kulit adalah sesuatu yang selalu ingin dihindari sama perempuan mana pun. Setiap kali bercermin dan melihat ada lipatan garis halus di wajah, entah kenapa rasanya akan mengubah mood.

    Tenang. Anda bisa menggunakan manfaat lidah buaya untuk wajah sebagai solusi masalah ini.

    Kenapa? Khasiat lidah buaya disinyalir bisa meredakan garis halus, meratakan warna kulit, menghidrasi kulit, dan menjaga kekencangan kulit.

    Hal ini karena lidah buaya mengandung vitamin C, vitamin E, dan betakaroten yang berperan sebagai antioksidan.

    Selain manfaat lidah buaya untuk kulit di atas, ada kegunaan lidah buaya sebagai obat yang tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:
    • Menjaga kesehatan pencernaan
    • Obat alami penyakit pada gusi dan gigi
    • Merawat kesehatan dengan kandungan nutrisi terbaik

  6. Manfaat masker lidah buaya untuk mencerahkan dan membuat warna alami bibir

    Aloe vera memiliki manfaat untuk mencerahkan dan membuat bibir merona secara alami. Tumbuhan multifungsi ini juga bisa membuat bibir lembab, tidak kering apalagi pecah-pecah.

    Campurkan gel lidah buaya dengan vitamin E kemudian oleskan ke bibir untuk mendapatkan manfaat ini.

Cara membuat masker lidah buaya / cara membuat masker aloe vera sesuai masalah kulit

Cara membuat masker aloe vera

Manfaat aloe vera untuk wajah bisa dirasakan dengan cara menggunakan aloe vera untuk wajah. Yakni memakai masker aloe vera yang cocok untuk semua jenis kulit. Berikut adalah resepnya sesuai dengan jenis kulit Anda:

  1. Manfaat masker lidah buaya dan cara membuatnya untuk kulit sensitif

    Untuk membuat masker ini Anda butuh:
    Yogurt 2 sdm, lidah buaya 4 sdm, dan perasan mentimun 6 sdm.

    Campurkan semua bahan hingga terbentuk pasta dan oleskan ke wajah sebagai cara menggunakan aloe vera untuk wajah. Biarkan kering, lalu cuci bersih pakai air dingin. Kemudian keringkan pakai handuk.

    Manfaat masker lidah buaya dan timun serta yogurt di atas adalah untuk melembapkan, membersihkan, dan menenangkan kulit.

  2. Masker aloe vera untuk kulit berminyak dan berjerawat

    Cara membuat masker lidah buaya ini adalah dengan menyiapkan bahan:

    ½ sdm gel lidah buaya, ½ sdm madu, dan 1 sdm bubuk rumput laut.

    Caranya adalah dengan mencampurkan semua bahan hingga membentuk pasta. Pasta inilah yang dipakai sebagai masker di wajah.

    Biarkan masker 20 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

  3. Manfaat aloe vera untuk wajah berkulit kering

    Siapkan kuning telur 1, yogurt 1 sdm, gel lidah buaya yang sudah diperas 1 sdm, minyak bunga matahari secukupnya.

    Campurkan semua bahan hingga rata. Oleskan di wajah secara merata, lalu biarkan selama sekitar seperempat jam atau 15 menit. Sambil menunggu, siapkan air hangat yang bisa dipakai untuk membilas.

    Manfaat masker lidah buaya ini adalah untuk mencegah penuaan dan melembabkan kulit kering.

  4. Manfaat aloe vera untuk wajah: memutihkan dan mencerahkan

    Siapkan madu 1 sdm, gel lidah buaya, susu 1 sdt, beberapa tetes air mawar, dan kunyit sekitar 2,5 cm.

    Campurkan semua bahan dalam satu wadah. Siapkan pengaduk kemudian aduklah semua bahan agar tercampur sempurna. Kalau sudah menjadi pasta, pakaikan ke wajah sebagai masker aloe vera. Diamkan selama 20 menit dan bilaslah menggunakan air hangat suam-suam kuku atau air dingin juga boleh.

Ada banyak manfaat lidah buaya untuk wajah yang bisa Anda nikmati dengan membuat masker. Lebih murah dan fleksibel karena bisa dilakukan kapanpun di waktu luang saat berada di rumah.