Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

7 Contoh Usaha Kecil-kecilan dengan Keuntungan Menggiurkan

Contoh usaha kecil-kecilan – Perkembangan zaman yang semakin pesat, membuat perkembangan teknologi juga meningkat. Hal ini ternyata berdampak dalam beberapa bidang kehidupan, salah satunya adalah tersedia lapangan pekerjaan yang semakin menurun.

Fenomena ini terjadi karena jumlah penduduk yang semakin meningkat, tetapi banyak pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh manusia mulai digantikan oleh teknologi canggih.

Gelar sarjanapun tidak menjamin kesuksesan dalam mencari pekerjaan. Nah, daripada menganggur sebaiknya mencoba contoh usaha kecil-kecilan berikut ini.

7 Contoh Usaha Kecil-kecilan

1. Pertamini atau Pom Mini

Buat Anda yang bertempat tinggal di daerah yang jarang ditemui SPBU, maka usaha yang satu ini bisa dicoba. Dengan modal 4-5 juta Anda sudah bisa memiliki usaha pertamini.

Jika berminat membuat usaha ini, maka ada beberapa alat yang perlu disiapkan yakni tabung takaran kaca (5 liter), selang 4 meter, nozzle SPBU, besi sekur penahan tabung kanan dan kiri, pipa penyedot ke dalam drum, 1 drum, box dan neon box.

Selain peralatan diatas Anda juga perlu mengurus izin ke SPBU terdekat untuk mengecer bensin.

2. Buka warung di depan rumah

Membuka warung merupakan salah satu contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda coba. Jika Anda bertempat tinggal di daerah yang strategis untuk membuka usaha ini, maka tidak ada salahnya untuk mencoba.

Usaha ini cocok sekali bagi ibu rumah tangga, karena bisa di lakukan di rumah. Warung yang bisa Anda buka, misalnya warung kopi dan warung yang khusus menjual gorengan, warung nasi bahkan warung sembako.

Usaha seperti ini tidak membuat Anda kuwalahan dan tidak menyita banyak waktu.

3. Bisnis pulsa

Bisnis pulsa merupakan contoh usaha kecil-kecilan yang tak pernah mati, sebab semua orang pasti membutuhkannya.

Untuk memulai bisnis ini Anda tidak perlu membuka konter pulsa dan Anda harus gencar melakukan promosi, beritahu semua teman bahwa Anda menjual pulsa.

Satu hal yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis ini adalah mengatur keuangan. Anda harus belajar memisahkan uang pribadi dan uang bisnis, agar usaha yang dilakukan dapat bertahan lama.

Baca juga : Alasan seseorang memulai usaha

4. Usaha online shop

Usaha Kecil-kecilan yang untung besar
Gambar oleh talha khalil dari Pixabay

Di zaman yang serba modern ini, semua hal bisa dilakukan dengan instan salah satunya adalah shoping. Tidak dapat dipungkiri usaha online shop sangat marak akhir-akhir ini.

Hanya bermodal telepon genggam dan kuota Anda bisa memulai bisnis ini. Untuk memulai usaha ini Anda bisa menjadi reseller dari beberapa produk. Reseller sendiri merupakan orang yang menjual kembali produk dari pihak supplier ke konsumen.

Keuntungan dari menjadi reseller adalah Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Kamu hanya perlu melakukan promosi untuk menjual barang tersebut.

5. Katering rumahan

Bagi Anda yang memiliki hoby memasak, maka ini saatnya menjadikan hoby sebagai penghasil rupiah.

Seiring waktu semakin banyak orang yang melakukan kegiatan dengan melibatkan banyak orang, seperti rapat. Maka, hidup di zaman yang praktis ini membuat sebagian orang malas membuat konsumsi sendiri.

Nah, inilah kesempatan Anda untuk memulai usaha katering rumahan. Hal yang harus diperhatikan dalam membuka usaha ini adalah menu yang Anda sajikan dan harga yang bersaing.

Baca juga : Usaha makanan ringan dengan modal kecil

6. Usaha fotokopi dan print

Jika Anda bertempat tinggal di sekitar sekolah, perkantoran dan universitas cobalah memulai bisnis usaha fotokopi dan print.

Untuk memulai usaha ini Anda hanya perlu menyediakan printer dan mesin fotokopi yang harganya murah.

Agar pelanggan banyak yang datang ke tempat usaha fotokopi dan print jangan mematok harga yang mahal dan sediakan pula alat tulis kantor.

7. Aksesoris wanita

Sebagaimana yang Anda ketahui kelemahan wanita adalah menghabiskan uang untuk berbelanja.

Maka menjual aksesoris wanita adalah contoh usaha kecil-kecilan yang bisa kamu lakukan, Untuk memulai usaha ini Anda bisa menjadi reseller dari supplier atau bahkan membuatnya sendiri.

Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang besar, hanya perlu kesabaran untuk menggelutinya.

 

Nah, itu dia 7 contoh usaha kecil-kecilan yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Sebesar apapun perusahaan Anda bekerja, Anda adalah karyawan, tetapi sekecil apapun bisnis yang Anda rintis, Anda adalah bosnya.