Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

16 Tips Agar Tetap Produktif Saat Work From Home (WFH)

Tips Agar Tetap Produktif – Akhir-akhir ini istilah WFH atau Work From Home semakin dikenal di Indonesia karena anjuran dari pemerintah untuk melakukan semua aktifitas di rumah. Hal ini merupakan dampak dari wabah penyakit Corona yang semakin hari semakin merajalela. Karena penyebaran virus Corona Covid-19 yang begitu mudah dan sangat masif mengharuskan semua orang untuk melakuan social distancing atau menjauhi keramaian dan tetap tinggal di rumah.

Banyak orang yang belum faham mengenai WFH dan salah dalam mengartikan WFH. Sebagian orang menganggap WFH adalah seperti libur dirumah dan hanya melapor seperlunya kepada atasan tentang progress pekerjaan yang seharusnya dilakukan.

WFH pada dasarnya adalah tetap melakukan semua aktifitas yang biasa dilakukan di kantor, tetapi dikerjakan dari jarak jauh yaitu di rumah. Kita tetap harus memberlakukan jam kerja yang sama, melakukan meeting pagi, membuat laporan progress pekerjaan, melakukan folluw-up pekerjaan bawahan, dan tetap berkomunikasi dengan relasi bisnis.

Bagaimana semua itu bisa dilakukan di rumah ? Yang pasti kita harus memiliki sarana dan prasarana yang bisa mendukung kegiatan WFH. Karena semua aktifitas WPH tersebut akan dilakukan secara online, minimal kita harus memiliki komputer atau laptop, ponsel dan juga koneksi internet yang bagus.

Pasti akan banyak kendala untuk bisa melakukan aktifitas WFH dengan baik. Mulai dari masalah sarana dan prasarana yang kurang memadai, Adanya gangguan dari orang-orang disekitar rumah, Sampai masalah disiplin waktu karena tidak ada Bos yang mengawasi kerja kita.

Meskipun banyak kendala dan tidak ada atasan yang mengawasi, kita harus bisa membuktikan bahwa WFH tetap berjalan dangan baik dan semua pekerjaan kantor dapat selesai sesuai rencana. Berikut adalah beberapa tips agar tetap produktif saat WFH.

Tips Agar Tetap Produktif Saat WFH

1. Siapkan ruang kerja khusus untuk WFH

Siapkan ruangan khusus di kamar atau ruangan lain yang dapat digunakan untuk melakukan aktifitas WFH, Gunakan meja untuk tempat laptop dan gadget beserta aksesorisnya. Pastikan ruangan tersebut nyaman dan jauh dari gangguan anak anak ataupun suara bising. Usahakan jauh dari televisi atau matikan TV saat jam kerja WFH.

2. Gunakan peralatan yang memadai

Karena saat WFH banyak kegiatan meeting online, video Call, berbagi file yang akan banyak memakan kuota internet sebaiknya berlangganan internet atau wifi. Pastikan laptop dan gadget memiliki spesifikasi yang memadai dan pasang aplikasi pendukung untuk kegiatan WFH.

3. Atur Jam kerja WFH

Pada dasarnya jam kerja mengikuti jam kantor, tetapi karena bekerja di rumah, kita bisa lebih fleksibel dalam mengatur jam kerja yang sesuai dengan kemauan kita. Usahakan tetap fokus dalam mengerjakan tugas agar WFH bisa lebih efektif.

4. Update jadwal kerja setiap pagi

Saat WFH dan tidak ada Bos yang mengawasi, tetap kerjakan tugas sesuai jadwal, jangan terganggu dengan hal-hal lain yang bisa membuat tidak fokus. Setiap pagi buatlah sebuah daftar tugas yang harus dikerjakan hari ini beserta targetnya.

5. Gunakan aplikasi untuk manajemen pekerjaan

Sekarang ini banyak sekali aplikasi yang dapat membantu dalam manajemen pekerjaan, Cari di google playstore dengan kata kunci “project management apps” anda akan menemukan beberapa yang berguna seperti : Asana, Basecamp, Trello, Freedcam. Aplikasi tersebut bisa menampilkan progress kerja, target deadline, catatan, pengingat meeting dan lain-lain.

6. Jangan memakai baju tidur atau baju santai

Biasakan untuk menggunakan pakaian yang rapi saat melakukan WFH, karena kadang kita ada meeting online dengan atasan atau relasi bisnis. Menggunakan baju resmi juga bisa membuat kerja lebih serius dan fokus seolah olah sedang berada di kantor. Kalau kita menggunakan baju tidur atau baju santai biasanya akan mempengaruhi ritme kerja dan mengurangi produktivitas.

7. Jangan bekerja di ruang tamu

Bekerja di ruang tamu dimana banyak aktifitas lain dari anak kita atau suara TV dapat mengganggu konsentrasi kerja. Hal ini dapat merusak produktivitas. Usahakan bekerja di area yang tenang dengan tambahan suara musik mungkin dapat menjaga konsentrasi kerja.

8. Jalankan rutinitas pagi

Salah satu hal yang menyenangkan saat WFH adalah kita tidak harus terburu-buru untuk berangkat ke kantor, tidak ada waktu yang terbuang karena kemacetan. Kita bisa melakukan aktifitas pagi dengan lebih santai. Bangun pagi seperti biasa, menikmati sarapan dan minum secangkir kopi, seolah-olah anda akan pergi ke kantor. Cobalah untuk jogging di sekitar rumah atau sekedar mencari udara segar, hal ini dapat mambuat hari anda lebih menyenangkan.

9. Pasang Alarm

Tetap pasang alarm seperti biasa, meskipun anda tidak harus bergegas menuju kantor. Hal ini untuk mencegah agar anda tidak tidur terlalu malam dan mengganggu pola tidur anda. Jangan lupa juga untuk pasang alarm untuk istirahat makan siang, meskipun di tumah kita bisa makan atau ngemil kapan saja, menjaga itme kerja dan istirahat adalah hal yang penting.

10. Lakukan istirahat dan stretchinng

Bekerja terus menerus untuk jangka waktu yang lama tidak baik untuk kesehatan, Anda bisa melakukan istirahat sejenak untuk sekedar meluruskan badan dan juga stretching. Hal ini berguna untuk menjaga postur tubuh dan bisa meningkatkan produktivitas.

11. Makan makanan yang sehat dan bergizi

Inilah salah satu keuntungan WFH, kita bisa menikmati makanan atau cemilan yang lebih sehat ketimbang makan fastfood seperti yang biasa kita lakukan di kantor. Makan lebih banyak buah-buahan yang tersedia di kulkas akan menambah semangat kerja saat WFH.

12. Buat sistem reward

Jika anda sudah selesai melakukan tugas penting, berilah sedikit rewards untuk diri anda. Caranya bisa dengan memberi 5 menit waktu bebas seperti sekedar mempir ke tetangga, bermain dengan anak,mengurus binatang peliharaan, atau sekedar makan cemilan atau buah-buahan. Hal ini juga bisa meningkatkan produktifitas saat WFH.

13. Singkirkan sosial media

Sosial media adalah ancaman besar buat anda, karena jika sudah membuka sosmed akan mengakibatkan lupa waktu dan mengurangi fokus dalam bekerja. Biasakan untuk selalu menonaktifkan semua sosial media di ponsel anda.

14. Dengarkan musik

Mendengarkan musik kesukaan kita saat WFH dapat meningkatkan mood dalam bekerja. Karena kita sedang berada di rumah tidaklah masalah untuk mendengarkan musik apapun, asalkan volume suara tidak terlalu keras, hal ini juga bisa meningkatkan produktivitas saat WFH.

15. Gunakan Video Chat

Bekerja di rumah sendirian bisa membuat kita merasa kesepian terutama jika kita masih belum memiliki pasangan. Gunakan fasilitas Video chat untuk ngobrol dengan rekan kerja ataupun meeting bersama relasi Karena manusia adalah mahluk sosial yang butuh bersosialisai, jagan jadikan WFH sebagai alasan untuk tidak bergaul dengan orang lain.

Beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk Video call adalah Skype, Whatsapps, Google Hangouts, Facetime. Kadang seru juga melakukan video conference dengan rekan-rekan kita seharian penuh sambil WFH, membuat kita seolah-olah ada di kantor.

16. Lakukan Meeting dengan tim Kerja

Melakukan meeting secara teratur dengan tim kerja sangat penting agar progress kerja bisa diketahui bersama. Bisa membahas tentang hasil kerja, pencapaian target , atau masalah yang dihadapi saat WFH. Meeting bersama secara teratur merupakan salah satu cara tips agar tetap produktif saat WFH.

Demikian beberapa tips agar tetap produktif saat Work From Home. Sekarang ini WFH memang belum menjadi hal yang lumrah di Indonesia, tapi dalam beberapa tahun kedepan WFH akan menjadi hal yang biasa dilakukan, terutama oleh kaum milenial.

Leave a Comment

four × two =