Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

7 Peluang Usaha Sampingan Karyawan dengan Modal Minim

Modal kecil bukanlah alasan untuk memulai sebuah usaha. Membuka usaha bisa dilakukan oleh siapapun, bahkan seorang karyawan yang memiliki pekerjaanpun bisa merintisnya. Seorang karyawan memang tidak tidak larang oleh perusahaan untuk mencari penghasilan tambahan selain dari pekerjaan wajibnya.

Namun, tidak sedikit karyawan bingung usaha apa yang harus dirintisnya padahal banyak sekali peluang usaha sampingan karyawan yang bisa dilakukan. Dengan keuletan dan kesabaran serta tidak mengganggu produktivitas Anda sebagai karyawan, maka peluang usaha ini dapat menjadi tambahan penghasilan pokok Anda.

7 Peluang Usaha Sampingan Karyawan dengan Modal Minim

1. Merintis usaha jual pulsa

Peluang usaha sampingan karyawan yang banyak dilakukan oleh orang adalah menjual pulsa. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa orang tidak dapat lepas dari telepon genggam dan tentunya mereka membutuhkan pulsa. Untuk merintis usaha ini Anda tidak perlu membuka konter pulsa, tetapi cukup isi saldo pulsa di telepon genggam Anda dan beritahu semua teman bahwa Anda menjual pulsa.

2. Membuat blog

Memulai sebuah blog sangat mudah, Anda bisa mencari cara membuat blog di internet. Setelah memiliki blog mulailah menulis konten, menemukan pembaca dan mendekati pembaca, sehingga pembaca suka mampir ke blog Anda. Untuk menghasilkan uang dari blog diperlukan kesabaran dan keuletan, sebab Anda harus menciptakan banyak konten yang dibaca pembaca sasaran Anda. Sumber pendapatan dari blog bisa diperoleh dari iklan, afiliasi, jasa atau pelayanan yang Anda berikan kepada pembaca dan masih banyak sumber pendapatan yang lain.

3. Jual motor bekas

Jual motor bekas bisa menjadi peluang usaha sampingan karyawan. Selain tidak akan mengganggu waktu Anda bekerja di kantor dan akan sangat mudah memperoleh konsumen yakni teman-teman kantor Anda. Untuk memulai usaha ini Anda tidak memerlukan modal yang besar, bahkan Anda bisa memulainya dengan modal nol rupiah jika Anda jadi makelar.

4. Membuka warung kopi

Bisnis kuliner sederhana kedai kopi
Image by OpenClipart-Vectors from Pixabay

Jika Anda bertempat tinggal di sekitar kampus atau kawasan industri maka usaha ini patut Anda coba. Dengan modal awal sekitar 10 juta Anda bisa memulai bisnis ini. Uang ini bisa Anda alokasikan membeli sejumlah peralatan penunjang, seperti gelas, sendok, kursi, meja, kopi, dan bahan makanan lainnya yang ingin Anda jual. Tidak hanya itu, jika Anda ingin menyewa tempat untuk memulai bisnis ini, dengan modal tersebut sudah cukup.

5. Jasa pengetikan

Sebagian karyawan tentu Anda sudah biasa duduk di depan komputer dan mengetik banyak pekerjaan. Nah, kali ini pekerjaan tersebut bisa Anda lakukan di luar kantor yakni menjadikan sebagai usaha sampingan Anda. Memulai usaha ini sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan promo kepada konsumen sasaran Anda. Biasanya, jasa pengetikan ini sangat diminati oleh siswa dan mahasiswa. Perihal tarif Anda bisa mematok harga Rp. 3000 setiap lembarnya.

6. Menjual kue

Menjual kue merupakan peluang usaha sampingan karyawan yang cukup menjanjikan. Anda bisa menjual kue tersebut ke teman-teman kantor secara langsung, atau bahkan menjualnya secara online. Jika, keterampilan Anda dalam memasak rendah, maka manfaatkanlah internet untuk mencari resep-resep kue kekinian. Dengan modal yang minim Anda dapat meraup untung yang tinggi dari usaha ini.

7. Jasa penerjemahan

Bagi Anda yang memiliki keahlian dalam bidang bahasa, maka ini saatnya memanfaatkan keahlian tersebut untuk mendulang rupiah. Keuntungan usaha ini Anda bisa melakukannya kapan saja. Untuk tarif sendiri jasa penerjemahan ini terhitung sangat menguntungkan untuk dijadikan peluang usaha sampingan karyawan. Anda bisa mematok harga Rp.50.000; untuk jasa penerjemahan kilat dan Rp. 40.000; untuk jasa penerjemahan biasa. Dan jangan lupa, promosikan juga jasa penerjamahan yang sedang dirintis. Anda bisa mempromosikan usaha ini dengan memanfaatkan media sosial.

Nah, itu dia 7 peluang usaha sampingan karyawan. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk mencoba salah satunya? Jangan kebanyakan mikir untuk memulai bisnis Anda. Semua bisnis besar dimulai dari bisnis kecil terlebih dahulu. Segera buat rancangan bisnis Anda dan kelola bisnis tersebut dengan baik, jangan mudah menyerah dalam membangun sebuah bisnis. Kerjakan sekarang juga!