5 Manfaat Lulur Kopi dan Masker untuk Kecantikan Wajah & Badan

Saat ini kopi menjadi salah satu bahan yang cukup tren dipakai dalam produk kecantikan, seperti lulur dan masker. Adalah kopi hitam, bahan alami yang digunakan sebagai bahan dasar dalam beberapa produk kecantikan lokal.

Jika biasanya dikenal sebagai minuman yang bisa membuat mata melek dan mampu menahan rasa kantuk, kini aroma kopi dan kandungan di dalamnya bisa difungsikan untuk merawat kulit wajah dan badan.

Cara mendapatkan manfaat lulur kopi adalah dengan membuat sendiri lulurnya atau bisa juga dibuat jadi masker kopi.

Ada banyak sekali manfaat yang terkandung dalam kopi karena memang kandungannya sangat keren. Namun, agar manfaatnya makin maksimal dan variatif, Anda bisa mencampurkan bubuk kopi hitam dengan bahan lain seperti madu dan telur dalam pembuatan masker badan / lulur dan masker wajah.

Anda juga bisa mencampurkan kopi dengan rempah, herbal, atau bahan alami lainnya. Nah, sekarang agak lebih jelas tentang manfaat kopi untuk wajah, silakan simak ulasan ini.

Manfaat Lulur Kopi dan Masker untuk Kecantikan Wajah yang Alami

Bubuk Kopi untuk Kecantikan

Berikut adalah beberapa khasiat kopi hitam sebagai masker dan lulur untuk tubuh dan wajah:

1. Manfaat kopi untuk kecantikan karena mengandung antioksidan tinggi

Salah satu kandungan kopi yang paling terkenal adalah kafein. Kafein ini ternyata bisa bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh.

Dengan kandungan antioksidan ini, manfaat kopi untuk kulit adalah sebagai agen anti aging (menahan penuaan dini), mencegah paparan radikal bebas, dan mencegah kerusakan yang terjadi di sel.

2. Manfaat masker kopi untuk wajah buat mengangkat sel kulit mati

Bagi sebagian wanita yang sering beraktivitas di luar ruangan, ada tantangan tersendiri untuk mereka. Yaitu paparan sinar matahari yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam.
Belum lagi polusi udara yang penuh dengan debu bisa masuk ke kulit dan membuat kulit tampak kotor. Bayangkan jika kotoran ini masuk ke pori-pori kulit dan menyebabkan masalah kulit lain.

Maka dari itu, diperlukan perawatan untuk menghilangkan kotoran dan kekusaman di wajah. Salah satunya adalah dengan scrubbing kulit menggunakan lulur kopi sehingga sel kulit mati bisa terangkat.

Lulur dan masker kopi tidak hanya bisa digunakan oleh wanita. Pria yang juga sering kerja di lapangan butuh lebih banyak merawat diri supaya kulitnya sehat dan terhindar dari jerawat.

Sebagaimana kita tahu, jerawat bisa timbul akibat tersumbatnya pori-pori yang sering didapatkan saat beraktivitas di luar ruangan. Debu-debu yang masuk ke pori-porilah yang menyebabkan itu.

Manfaat masker kopi selain bisa mengangkat sel kulit mati juga bisa menyegarkan wajah, lho!

3. Manfaat kopi untuk wajah agar terhindar dari penuaan dini

Sudah sempat disinggung di atas bahwa kopi bisa bertindak sebagai agen anti aging karena mengandung antioksidan dalam jumlah yang sangat tinggi. Inilah salah satu manfaat kopi untuk wajah yang bisa Anda rasakan.

Secara lebih spesifik, kopi bisa menghilangkan bintik-bintik hitam yang biasanya susah sekali untuk dihilangkan. Kopi juga bisa menyamarkan keriput yang ada di wajah.

Anda bisa memakai masker kopi sebagai tindakan untuk mencegah terjadinya penuaan dini yang merupakan momok bagi semua perempuan di dunia.

Untuk merasakan manfaat masker kopi untuk wajah ini, Anda bisa membuat masker dari kopi, madu, dan telur. Campurkan ketiganya hingga membentuk pasta.

Selanjutnya aplikasikan di wajah. Maka wajah akan kembali terlihat segar. Dan dengan pemakaian rutin, Anda bisa merasakan manfaat masker kopi dan madu ini. Yakni memudarnya bintik hitam dan kerutan.

4. Melancarkan aliran darah

Manfaat Lulur Kopi untuk Melancarkan Peredaran darah

Varises adalah masalah yang cukup mengganggu. Dan banyak dialami oleh wanita.

Varises sendiri terjadi akibat tidak lancarnya peredaran darah sehingga muncul urat. Gejala awalnya, urat-urat berwarna merah kecil terlihat dari permukaan kulit. Namun seiring berjalannya waktu jika terus dibiarkan, urat ini akan membesar dan terlihat tidak bagus.

Untuk itu, Anda harus menemukan bahan yang bisa melancarkan peredaran darah. Salah satunya adalah dari manfaat masker kopi untuk wajah dan lulurnya.

Anda bisa mencoba membuat lulur kopi dengan jumlah yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Balurkan lulur yang sudah Anda buat langsung ke bagian yang ada varisesnya.

Anda juga boleh membalurkan ke kulit sekitarnya, agar kulit tersebut mendapatkan manfaat lulur kopi yang sangat baik.

5. Mengurangi dan menghilangkan selulit

Lulur kopi merupakan salah satu solusi jitu untuk menghilangkan stretchmark, lho!

Sebagaimana kita tahu, selulit merupakan salah satu musuh buat para wanita. Sebab selulit membuat tampilan kulit menjadi tak rata dan aneh.

Biasanya selulit muncul di bagian tubuh yang berlemak contohnya paha, betis, lengan, dll. Faktor pemicu selulit sangat banyak. Di antaranya adalah perubahan berat badan yang signifikan dan pasca melahirkan.

Yang membuat kopi bermanfaat untuk menghilangkan selulit adalah sifat diuretiknya. Sifat diuretik ini secara umum bisa menyebabkan dehidrasi pada tubuh.

Nah, ketika lulur berbahan bubuk kopi diaplikasikan di kulit yang ada stretchmark nya, kopi akan menyusutkan sel lemak yang ada di sekitar selulit tersebut.

Semakin lama selulit yang menyusut akan tersamarkan dan hilang.

Untuk merasakan manfaat lulur kopi ini Anda harus rajin dan tak bosan untuk merawat kulit khususnya di bagian selulit. Tidak bisa seperti sulapan yang langsung instan sembuh atau hilang.

Bagaimana? Apa Anda tertarik untuk mencoba membuat dan merasakan manfaat masker kopi homemade? Membuat sendiri di rumah akan membuat khasiat kopi hitam Anda rasakan secara langsung. Tanpa tambahan bahan kimia dan jelas aman untuk kulit.

Jika Anda berminat, berikut adalah tips tambahan dan cara membuat lulur kopi atau maskernya sendiri di rumah.

Tips dan cara membuat lulur kopi / masker kopi

Cara Membuat Masker Kopi dan Lulur Kopi

Berikut adalah beberapa cara atau langkah untuk membuat lulur dan masker kopi agar Anda bisa merasakan manfaat kopi untuk kecantikan kulit:

Siapkan dulu bahannya:

  • 1 sdt kopi
  • 1 tetes madu murni

Berikut cara membuat masker dengan manfaat kopi untuk wajah:

  • Campurkan kedua bahan di atas hingga rata.
  • Balurkan ke wajah kemudian biarkan beberapa saat.
  • Jika sudah, bilaslah menggunakan air yang bersih.

Bahan masker manfaat kopi untuk wajah:

  • ¼ cangkir bubuk kopi hitam
  • 1 butir telur
  • Air

Cara membuat masker kopi untuk wajah:

  • Taruh kopi dalam sebuah wadah
  • Kocok telur hingga berbusa
  • Campurkan kopi dengan telur dan air
  • Aduk rata sampai menjadi pasta
  • Jika sudah, Anda bisa menggunakan masker ini untuk dibalurkan di wajah.
  • Tunggu sampai kering sambil beristirahat atau beraktivitas seperlunya.
  • Bilas dengan air sampai bersih.

Selanjutnya, jika Anda ingin membuat lulur kopi, maka siapkan bahan berikut ini:

  • 2 cangkir kopi
  • ½ cangkir garam kasar (garam grosok)
  • 2/3 cangkir minyak. Boleh pakai minyak zaitun.

Berikut adalah cara membuat lulur kopi untuk merasakan manfaat kopi untuk kecantikan:

  • Dalam wadah masukkan bubuk kopi hitam
  • Masukkan juga garam kasar lalu aduk sampai rata
  • Masukkan minyak sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk
  • Aduk sampai rata dan terbentuk pasta
  • Setelah jadi, Anda bisa menggunakan pasta tersebut sebagai lulur untuk tubuh
  • Gunakan sambil menggosok kulit / ditekan-tekan
  • Tunggu sampai kering (diamkan)
  • Jika sudah, silakan dibilas menggunakan air mengalir

Itulah khasiat dan manfaat lulur kopi untuk kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

nine + 1 =