Kerja Dari Rumah, Berikut Ini Keuntungan dan Kerugiannya

Akhir-akhir ini istilah kerja dari rumah atau Work From Home (WFH) sedang menjadi trend di indonesia karena kondisi darurat wabah penyakit Corona yang mengharuskan untuk tetap tinggal di rumah untuk menghindari penyebaran Virus Corona.

Banyak perusahaan yang terpaksa harus menghentikan kegiatannya dan merumahkan karyawannya untuk bekerja dari rumah atau WFH.

Ada banyak keuntungan dan kerugian kerja dari rumah baik dari sisi karyawan ataupun perusahaan. Berikut ini uraiannya

Keuntungan Kerja Dari Rumah

1. Memiliki kantor yang sesuai keinginan

Keuntungan kerja dari rumah atau WFH yang cukup besar adalah kita bisa membuat tempat kerja kita sesuai dengan keinginan kita. Hal ini sngat membantu untuk meningkatkan produktivitas dan semangat kerja.

2. Bisa Atur Jam Kerja Sendiri

Salah satu aspek yang penting dari kerja dari rumah adalah keleluasaan untuk mengatur jam kerja sesuai keinginan kita.

Memiliki jam kerja sendiri yang sesuai dengan mood kita akan meningkatkan produktivitas karena bisa melakukan pekerjaan dengan bebas sesuai keinginan.

Hal ini akan membantu mengurangi stress saat berangkat kerja karena harus memikirkan pakaian yang sesuai dan terjebak kemacetan di jalan saat menuju tempat kerja.

3. Jadwal kerja sesuai keinginan sendiri

Kerja dari rumah bisa memberi keleluasaan kita untuk mengatur rencana kerja sesuai dengan kemampuan kita. Kita juga bisa mengatur kapan harus istirahat dan berapa lama, hal ini juga bisa meningkatkan produktivitas.

Meskipun hanya istirahat 10 menit, tapi karena di area rumah, kita bisa melakukan hal-hal yang cukup menyenangkan seperti menyiram tanaman, memberi makan hewan peliharaan, bermain dengan anakataupun sekedar makan camilan.

4. Lebih Independen

Menjadi diri sendiri merupakan salah satu hal positif dari kerja di rumah. Karena tidak ada rekan kerja di sekitar kita, hal ini akan membuat kita lebih pro-aktif dan mandiri dalam melakukan WFH.

Mungkin awalnya kita agak gaptek dalam memakai aplikasi WFH, kita bisa mencari sendiri di google untuk mengatasinya, hal ini juga bisa meningkatkan keahlian kita.

5. Lebih melek teknologi

Kemajuan teknologi membuat komunikasi menjadi begitu mudah, Hanya dengan menggunakan applikasi tertentu, kita bisa ngobrol dan juga meeting dengan rekan kerja. Hal ini sangat membentu jika sewatu-waktu ada masalah dan membutuhkan sokusi cepat. Memang bekerja dari rumah sangat nyaman dan menyenangkan apalagi didukung dengan teknologi dan aplikasi yang canggih.

6. Lebih fokus saat kerja dari rumah

Bekerja sendiri tentu akan menjadi lebih fokus dalam mengerjakan tugas kantor. Kadang memang sering ada gangguan saat WFH, tetapi karena adanya komitmen, kita cenderung lebih aktif dan fokus saat mengerjakan tugas. WHF dirumah menghilangkan banyak gangguan yang biasa terjadi di kantor seperti ngobrol, banyak istirahat, meeting yang tidak perlu.

7. Tidak ada sentimen politik

Kita tidak bisa memilih Bos di kantor, kadang ada yang baik ada juga yang sering membuat kesal. Kerja di rumah membuat kita tetap fokus pada pekerjaan tidak terpengaruh sentimen politik dari rekan kerja atau atasan.

8. Lingkungan kerja yang nyaman

Kerja di kantor biasanya banyak gangguan karena dikelilingi oleh suara berisik dan gangguan sekitar. Hal ini dapat menurunlan konsentrasi dan memicu stress. Memiliki lingkungan kerja yang nyaman dan dengan udara yang segar bisa didapatkan dengan bekerja di rumah. Hal ini bisa membuat anda lebih aktis dan lebih fokus dengan pekerjaan.

9. Tanggung jawab dan komitmen lebih besar

Kalau di kantor, Kadang memang kita merasa kurang nyaman jika ada bos di sekitar kita dan merasa bebas tanpa Bos di kantor. Akan tetapi saat kerja di rumah, meskipun tidak ada Boss, kita tetap bekerja dengan produktif karena komitmen dan tanggung jawab kita memang jadi lebih besar saat WFH.

10. Bebas memilih software yang paling kita suka

Saat bekerja di kantor, kita diharuskan menggunakan software tertentu untuk mengerjakan tugas-tugas kita, dan dilarang menggunakan software lain. Salah satu keuntungan kerja dari rumah adalah kita bebas memilih softawre dan aplikasi yang ingin kita gunakan untuk mengerjakan semua tugas kita.

11. Selalu ada waktu

Salah satu keuntungan dari kerja di rumah adalah kita bisa atur waktu sendiri, jika ada keperluan mendadak tidak perlu repot meminta izin, kita bisa langsung lakukan dan langsung mengganti waktu kerja yang kita pakai tadi.

12. Meningkatkan quality time bersama keluarga

Jika ada janji dengan anak atau pasangan, Kita tidak perlu khawatir lagi untuk terlambat atau tergesa-gesa menyelesaikan tugas kantor. Semua bisa diatur waktunya dengan mudah. kerja di rumah juga bisa meningkatkan quality time bersama keluarga.

13. Kita adalah Bosnya

Dengan kerja dari rumah, tidak ada lagi orang yang selalu cerewet menyuruh melakukan ini itu, tidak ada Bos yang selalu menanyakan target kapan selesai, kita bisa mengatur semuanya sesuai dengan keinginan dan kemampuan kita. Saat WFH, kita adalah Bosnya.

Selain memiliki banyak keuntungan, ternyata SFH juga memiliki beberapa kerugian.

Berikut Kerugian Kerja Dari Rumah

1. Masalah keamanan data

Salah satu masalah yang dihadapi saat kerja di rumah adalah keamanan data, kita tidak bisa menjamin bahwa data yang kita kirim ke kantor melalui jaringan internet rumah apakah benar-benar aman atau tidak. Hal inilah yang kadang menjadi alasan perusahaan tidak mengizinkan WFH.

2. Meningkatnya biaya komunikasi

Pada saat kerja di rumah kita sering sekali melakukan video call, video meeting dan upload dokumen yang menghabiskan banyak data Internet. Kadang hal ini menyebabkan meningkatnya biaya telekomunikasi. Salah satu yang menjadi pertimbangan perusahaan sebelum memutuskan untuk WFH.

3. Masalah Komunikasi

Karena tidak semua orang memiliki jaringan internet yang memadai, hal ini bisa menghambat komunikasi dengan sesama rekan kerja dan membuat pekerjaan tertunda.

4. Menurunkan koordinasi dengan rekan kerja

Jika terlalu sering kerja dari rumah, kita jadi jarang berkomunikasi dengan rekan kerja, hal ini akan membuat jarak dan menurunkan kualitas hubungan dengan rekan kerja. Koordinasi dengan sesama rekan kerja mungkin jadi agak berkurang.

5. Tidak semua pekerjaan cocok untuk WFH

Tidak semua pekerjaan bisa dikerjakan di rumah, Ada beberapa pekerjaan yang memang membutuhkan kehadiran orang di kantor, harus benar-benar dipilih mana yang cocok dan mana yang tidak cocok untuk WFH.

6. Jenjang karir agak lambat

Karena kita selalu bekerja dari rumah dan jarang bertemu dengan atasan. Agak susah juga bagi atasan untuk menilai kinerja kerja kita yang sesungguhnya. Hal ini dapat mempengaruhi jenjang karir kita, mungkin akan butuh waktu lebih lama untuk bisa meningkat.

7. Disiplin Waktu

Saat kerja di rumah tidak semua orang bisa dengan tegas memisahkan antara waktu untuk kantor dan waktu untuk keluarga. Hal inilah yang kadang menjadi maslah dalam melakukan WFH.

8. Bisa Kurang Update

Kalau kita bekerja di kantor biasanya selalu dapat informasi terbaru dari rekan kerja atau atasan dan juga banyak momen momen yang bisa dilakukanbersama rekan kerja. Tetapi karena kita kerja di rumah dan kita jarang bertemu dengan rekan kerja, hal ini bisa mengakibatkan kita kurang update.

9. Banyak Halangan

Bekerja di rumah memang memiliki banyak tantangan dan halangan. Ada saja hal-hal yang mengganggu aktifitas kerja di rumah. Kadang harus menerima tamu, anak yang minta ditemani sampai masalah cucian bisa mengganggu konsentrasi kita. Kita harus tetap fokus dan tegas kalau mau jadi yang terbaik.

10. Jadi Agak Malas

Karena bekerja sendiri di rumah memang nyaman dan selalu banyak makanan. Hal ini kadang membuat kita menjadi agak malas bergerak alias mager, hati-hati karena bisa menyebabkan obesitas. Kita harus tetap melakukan aktifitas olahraga luar ruangan agar tetap aktif dan bugar.

 

Demikianlah artikel mengenai Keuntungan dan Kerugian kerja dari rumah, semua kembali ke orang yang menjalankan WFH tersebut, kalau mau disiplin dan komitmen pasti akan berhasil.