7 Tips dan Kegunaan IGTV Untuk Bisnis

Kegunaan IGTV – Akhir-akhir ini, semakin banyak perusahaan besar juga menggunakan IGTV sebagai sarana promosi dengan berbagai konten. Beberapa bahkan mengunggah ulang konten di YouTube mereka untuk mendapatkan audiens dari Instagram.

Ada beberapa alasan mengapa platform ini dianggap cukup efektif. Yang pertama adalah sebagai pengganti saluran YouTube. Harus diakui bahwa membangun saluran YouTube membutuhkan waktu lama. Sementara itu, jika Anda sudah memiliki banyak pengikut di Instagram, Anda akan lebih mudah jika Anda menghidupkan saluran di IGTV.

Selain alasan ini, sebagai bisnis online, Anda juga dapat mengunggah lebih banyak jenis konten dengan durasi lebih dari satu menit. Tidak perlu khawatir karena format videonya vertikal. Jadikan video seperti biasa, tetapi putar video secara vertikal sehingga pemirsa dapat menonton video Anda tanpa terganggu.

Kegunaan IGTV untuk pemasaran digital

IGTV memiliki peluang bagus bagi Anda yang terlibat dalam pemasaran digital, di mana bisnis Anda memiliki strategi pemasaran yang lebih informal dan dapat melihat pertumbuhan pengikut atau basis penggemar. Mampu mengetahui statistik ini secara langsung akan memberikan keuntungan yang berbeda untuk bisnis Anda.

IGTV juga merupakan alat pemasaran digital yang cocok jika perusahaan memiliki target konsumen atau pengikut yang berada dalam kisaran usia antara 18 hingga 34 tahun, karena lebih dari setengah pengguna Instagram aktif berada dalam kisaran usia tersebut. Orang-orang dalam kelompok usia ini memiliki kekuatan pengambilan keputusan yang menentukan dalam hal membeli.

Selain beberapa ulasan di atas, kami juga menyajikan kepada Anda cara menggunakan fitur yang fitur-fiturnya terletak di sebelah ikon pesan ini di Instagram dan tips tentang memulai saluran IGTV. Lihatlah diskusi di bawah ini.

IGTV Untuk Apa dan Bagiamana Membuatnya

IGTV dapat diakses di halaman Instagram utama, di atas fitur Instagram Stories, dekat dengan ikon pesan Instagram. Fitur ini memang mensimulasikan pengalaman menonton TV harian. Di mana saat menonton video di IGTV,

Anda dapat mengubah saluran atau saluran yang tersedia tetapi dalam bentuk ramah seluler. Anda dapat membuat saluran IGTV di aplikasi Instagram atau aplikasi IGTV. Jika perusahaan atau merek Anda tidak terdaftar sebagai bisnis di Instagram, Anda dapat mengaturnya dengan menekan logo roda gigi di halaman fitur IGTV.

Ketika proses pendaftaran selesai, mulailah mengunggah konten video Anda. Sebagai pengingat, secara umum video yang dapat diunggah akun saluran IGTV hanya 10 menit, tetapi untuk akun yang telah diverifikasi dapat mengunggah video dengan durasi hingga 1 jam.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mendukung pemasaran digital Anda di IGTV:

  1. Dengan membuat sampul video atau gambar mini semenarik mungkin, video Anda akan lebih menarik dan banyak ditonton kemudian muncul di fitur jelajahi Instagram.
  2. Buat konten berkala, seperti serial televisi, ini akan membuat pemirsa atau pengikut lebih bersemangat menunggu konten Anda berikutnya. Buat video vertikal dengan rasio 9:16, karena rasio aspek ini adalah yang paling umum sehingga dapat dilihat secara penuh di layar perangkat seluler.
  3. Manfaat fitur sosial utama di Instagram, seperti suka dan komentar. Anda dapat menanggapi konsumen dan pengikut Anda dengan cara yang lebih pribadi seperti menanggapi komentar mereka atau menghargai suka mereka.
  4. Gunakan opsi wawasan pada video IGTV Anda. Opsi ini akan memberikan informasi tentang berapa banyak pemirsa yang terlibat oleh konten Anda melalui suka, tampilan dan komentar serta berapa banyak pengguna menolak atau tidak peduli dengan konten Anda. Ini sangat berguna untuk menganalisis konten sebagai bagian dari pemasaran digital Anda.
  5. Hindari suara di awal konten yang terlalu berisik karena dapat mengganggu audiens, yang pada akhirnya memperburuk wawasan video IGTV Anda.
  6. Pertimbangkan untuk menyediakan subtitle pada konten yang Anda tampilkan. Terutama jika ada pembicaraan dalam konten, dialog yang penting untuk video Anda, sehingga pemirsa dapat “menyerap” video IGTV Anda dengan lebih baik.
  7. Judul konten yang tidak lebih dari 20-25 karakter. Karena jika judul konten lebih panjang dari jumlah itu, judul akan terpotong atau disembunyikan.

Itulah tadi informasi tentang kegunaan IGTV untuk bisnis. Semoga bermanfaat dan salam sukses.