Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

10 Ide Kegiatan Positif Saat WFH Dadakan, Cobain yuk!

Loading...

Kegiatan Positif Saat WFH – Sekarang ini di seluruh dunia sedang digegerkan dengan adanya wabah penyakit Corona yang disebabkabkan oleh Virus Corona Covid-19. Penyebaran Virus Corona sangat cepat dan masif karena bisa ditularkan dengan mudah melalui media benda-benda yang sering disentuh manusia. Satu-satunya cara untuk mencegah penyebaran Virus Corona adalah dengan membatasi kegiatan manusia dengan cara social distancing dan lockdown.

Karena saat ini penyebaran Virus Corona sudah sampai di wilayah Indonesia, Pemerintah menyarankan agar semua orang melakukan semua kegiatan di rumah, Bekerja di rumah, Belajar di rumah bahkan beribadahpun harus dilakukan dirumah.

Kegiatan bekerja dari rumah dikenal dengan istilah WFH atau Work From Home. Karena anjuran pemerintah agar masyarakat melakukan social distancing dan membatasi kegiatan yang banyak orang berkerumun, Saat ini Banyak perusahaan yang sudah memberlakukan WFH bagi karyawan-karyawannya. Untuk sebagian orang yang bekerja di kantor yang modern atau sering bekerja mobile seperti sales, aktifitas WFH tidak menjadi masalah karena sudah biasa dilakukan.

Loading...

Akan tetapi bagi sebagian orang yang tidak biasa melakukan WFH hal ini cukup merepotkan. Bukan hanya karena informasi WFH yang dadakan, tetapi juga karena fasilitas yangada dirumah belum memadai untuk melakukan WFH.

WFH yang sebenarya harus dipersiapkan dengan matang karena memang butuh sarana dan prasarana yang memadai seperti tempat kerja yang khusus, Laptop dan software pendukung, ponsel dan aplikasi pendukung, sistem kerja yang baru dan Jaringan Internet yang cukup baik.

Tapi untuk WFH kali ini sangat spesial dan begitu mendadak dan hampir tanpa persiapan, jadi kegiatan WFH dadakan tersebut bisa dilakukan dengan seadanya. Aktifitas WFH tetap berjalan walaupun produktivitas kerja tidak bisa terukur.

Beberapa Masalah yang terjadi saat WFH dadakan adalah :

– Belum ada sistem kerja yang baku mengakibatkan efektifitasnya sangat rendah.

Tidak adanya sistem kerja membuat orang bingung harus melakukan apa, bagaimana caranya, target kerja juga kurang jelas, karena memang tanpa persiapan yang matang akan banyak terjadi kesalahan dan waktu yang terbuang, akhirnya hanya akan bekerja atau meeting sesuai arahan seketika tanpa adanya rencana kerja yang matang.

– Tidak ada sarana dan prasarana yang memadai.

Loading...

Hal ini mengakibatkan beberapa kegiatan WFH tidak bisa berjalan dengan baik seperti tidak semua orang bisa mengikuti video meeting karena tidak ada fasilitas wifi dirumah atau komputer dirumah yang kurang memadai. Apalagi jika tidak memiliki ruangan khusus untuk WFH, akan banyak sekali gangguan yang bisa membuat tidak fokus dalam melakukan WFH.

– Belum memahami teknologi untuk WFH.

Ini juga merupakan hambatan besar dalam melaksanakan aktifitas WFH, karena memang banyak software dan aplikasi baru yang dibutuhkan seperti aplikasi untu meeting bersama, aplikasi untuk update progress kerja, aplikasi berbagi dokumen dan lain lain. Akhirnya WFH hanya menggunakan satu aplikasi saja yaitu aplikasi sejuta umat alias Whatsapps.

– Masalah dispilin waktu.

Ini juga merupakan masalah yang sering terjadi karena bagi orang yang belum terbiasa bekerja di rumah, sangat sulit untuk mengalokasikan waktu khusus untuk kantor tanpa adanya gangguan internal rumah tangga.

Apalagi dengan sarana dan prasarana yang kurang memadai dan tidak ada sistem kerja membuat WFH dadakan dijalankan dengan seadanya. Keadaan ini yang kadang membuat WFH tidak berjalan dengan semestinya, WFH dengan hanya membalas WA di group kantor, itupun jika ada yang bertanya.

Itulah yang membuat WFH dadakan tidak bisa efektif dan tidak bisa meningkatkan produktivitas. Akhirnya banyak waktu luang terbuang percuma dan hanya digunakan untuk hal-hal yang tidak produktif seperti menonton TV , bermain game dan bermain sosial media FB dan IG. Agar WFH dadakan bisa lebih bermanfaat, kita bisa melakukan beberapa kegiatan positif sambil menunggu meredanya penyebaran virus Corona dan keadaan menjadi normal kembali.

Berikut adalah 10 Ide Kegiatan Positif Saat WFH Dadakan dengan memanfaatkan waktu luang.

Ide Kegiatan Positif Saat WFH

1. Mencoba bisnis online tanpa modal

Jika kita mempunyai waktu luang saat WFH dadakan, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu luang untuk melakukan usaha online melalui internet ataupun sosial media. Banyak bisnis online yang bisa dilakukan tanpa modal yang besar, misalnya dengan menjadi reseller atau dropshipper produk orang lain.

Yang perlu kita lakukan adalah mempromosikan produk orang ke sosial media seperti facebook dan Instagram, Jika ada yang membeli kita bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan.

Baca Juga : Jenis Jenis Bisnis Online

2. Menulis artikel dan Membuat Blog

Bagi yang hobi menulis, coba manfaatkan waktu luang anda untuk menulis artikel dan membuat blog. Kita bisa menggunakan fasilitas gratis dari google yaitu Blogger untuk membuat blogspot. Jika kita sudah mempunyai akun google atau gmail, kita bisa membuat blog gratis di blogger.com dengan nama domain dengan extensi blogspot.com.

Tulislah artikel tentang hobi anda atau hal-hal yang anda sukai, jika banyak orang menyukai tulisan anda dan blog anda memiliki banyak pengunjung, bisa juga menghasilkan uang. Caranya adalah dengan mendaftar program google adsense.

3. Membuat Vlog di Youtube

Jika anda hobi membuat vlog atau merekam hal hal menarik di sekitar anda, manfaatkan waktu luang anda untuk lebih serius membuat Vlog dan upload ke youtube. JIka video anda banyak yang lihat dan subscriber anda banyak, youtube bisa juga menghasilkan uang dan anda bisa menjadi Youtuber terkenal. Tapi ingat, sesuai anjuran #dirumahaja jadi Anda bisa membuat vlog kegiatan di rumah selama WFH.

4. Menjual Foto di shutterstock

Bagi yang hobi fotografi bisa memanfaatkan waktu luang dengan memperdalam ilmu fotografi dan hunting foto ke tempat-tempat menarik di sekitar rumah. Jika foto anda berkualitas coba upload foto tersebut di situs shutterstock. Foto yang bagus bisa juga menghasilkan uang.

5. Menjual design logo di 99design

Jika anda jago design dan bisa membuat logo bisa mencoba peruntungan dengan mengikuti lomba design logo di internet ataupun langsung menjual logo di situs situs yang menerima vektor seperti shutterstock.

6. Menjadi Virtual Assistant atau VA

Sekarang banyak perusahaan di amerika dan eropa yang mencari virtual assistant untuk mengerjakan tugas tugas sederhana seperti data entri, membalas email, mengatur jadwal meeting atau mengerjakan tugas customer service. Yang dibutuhkan hanyalah sedikit kemampuan bahasa inggris, jika anda tertarik untuk menjadi VA bisa daftar di situs freelancer atau upworks.

7. Menjual jasa di internet

Jika anda memiki kemampuan IT ataupun mengerti mengenai website, anda bisa menjual jasa sesuai dengan kemampuan anda disitus situs seperti Fiverr, Freelancer ,dan Upworks. Banyak jasa-jasa yang dibutuhkan baik yang sederhana seperti membuat presentasi, atau yang agak sulit seperti membuat program tertentu.

8. Memperdalam Hobi

Jika anda mempunyai hobi tertentu, cobalah menggali lebih dalam hobi anda tersebut. Suatu saat hobi tersebut bisa dijadikan bisnis yang bisa menghasilkan banyak uang.

9. Memperdalam Ilmu Agama

Kalau biasanya kita terlalu sibuk dengan urusan pekerjaan yang sangat menyita waktu, sampai-sampai tidak ada waktu untuk hal-hal yang bersifat rohani. Sekarang saatnya untuk memperdalam ilmu agama.

10. Lebih dekat dengan keluarga

Banyak orang yang karena kesibukannya yang luar biasa, sampai-sampai jarang ada quality time dengan anak istri. Coba luangkan waktu untuk lebih dekat dengan anak. Kita bisa membantu mengerjakan PR atau bermain bersama dengan anak.

Demikianlah informasi tentang 10 Ide Kegiatan Positif Saat WFH Dadakan, semoga dapat memberikan manfaat untuk anda.

Loading...