5 Tips Email Marketing Untuk Bisnis Online

Email marketing untuk bisnis online – Salah satu kunci keberhasilan menjalankan bisnis online adalah dengan menjaring email prospek dari target market yang Anda bidik melalui fasilitas mailing list (autoresponder). Ada beberapa pebisnis online yang rupanya sudah melakukan cara ini tapi sayangnya masih belum maksimal.

Bagi anda merasa kurang mendapat hasil yang maksimal dalam melakukan email marketing, Anda tidak perlu berkecil hati dan teruslah mencoba. Berikut ini ada beberapa cara maksimalkan Email Marketing Untuk Bisnis Online dengan layanan opt-in email marketing.

5 Tips Keberhasilan Email Marketing Untuk Bisnis Online

1. Salah satu ciri khas email marketing adalah adanya penggunaan formulir regristrasi secara gratis. Untuk itu, usahakan formulir tersebut letaknya mudah dilihat oleh pengunjung website Anda.

Usahakan untuk menggunakan formulir yang terlihat profesional dan elegan, sehingga pengunjung website bisa dengan mudah menangkap pesan penawaran menarik dari Anda.

2. Salah satu alasan mengapa pengunjung enggan memberikan email mereka adalah ketakutan akan disalahgunakan.

Untuk itu, sebagai pengelola website, Anda harus memastikan dan menggaransi bahwa email yang mereka berikan tidak akan Anda salah gunakan di kemudian hari.

3. Selanjutnya, Anda juga harus menjelaskan keuntungan-keuntungan apa saja yang akan mereka dapat setelah berlangganan website Anda melalui formulir opt in newsletter yang anda tawarkan tersebut.

Walaupun nantinya email edukasi yang Anda kirim sudah di setting terlebih dahulu pengirimannya, bukan berarti Anda membiarkan layanan tersebut bekerja sendiri. Aturlah sedemikian rupa agar pelanggan merasakan manfaatnya karena terus berinteraksi dengan Anda.

Contohnya, atur balasan dan jawab email dari mereka, setelah mereka berlangganan sehingga mereka mereka dihargai dan Anda terlihat sangat senang dan antusias atas partisipasi mereka.

Baca Juga : Keuntungan MenggunakanEmail Marketing

4. Jangan gunakan bahasa yang berbelit-belit dan tidak jelas termasuk bahasa alay yang akhirnya justru membuat pelanggan Anda tidak nyaman dan menyesal telah memberikan email mereka.

5. Hindari juga memberikan informasi yang bohong atau tidak benar karena pastinya pelanggan Anda akan kecewa. Ini tentunya akan berdampak pada penjualan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sekali Anda memberikan informasi bohong maka percayalah kredibilitas Anda akan jatuh.

Bisa dipastikan bahwa tidak akan pelanggan Anda yang akan membeli produk Anda tersebut. Karena itu agar pelanggan merasa nyaman dan dihargai, ada baiknya untuk meminta izin terlebih dahulu saat akan menyimpan email mereka di data base Anda. Kunci keberhasilan menjalankan strategi marketing dengan email marketing adalah ketelatenan dan profesionalitas.

Jika Anda menerapkan beberapa tips Email Marketing Untuk Bisnis Online di atas, kemungkinan besar Anda akan sukses mengembangkan bisnis online Anda terutama dengan layanan opt-in email marketing. Selamat mempraktekkan tips tersebut di atas dan rasakan hasilnya pada bisnis online Anda.