Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

6 Cara Jualan Online Di IG, Wajib Dipraktekkan

Cara Jualan Online Di IGInstagram telah menjadi media sosial yang populer saat ini. Dengan mengandalkan basis konten gambar dan didukung oleh berbagai fitur, menjadikan Instagram lebih menarik bagi orang awam atau pebisnis. Bagi pebisnis, Instagram bahkan dapat digunakan sebagai toko online yang menjual berbagai produk dan layanan.

Dengan banyaknya pengguna Instagram, pebisnis dengan toko online mereka memang dapat menjangkau banyak pembeli. Tetapi untuk bisa mendapatkan banyak pelanggan, pebisnis perlu menerapkan pedoman berikut.

Cara Jualan Online Di IG / Instagram

1. Buat akun Instagram khusus untuk toko online Anda

Hal pertama dan harus diperhatikan oleh para pelaku bisnis untuk membuat toko online di Instagram adalah membuat akun Instagram khusus untuk toko online.

Karena khusus, maka dalam akun yang dibuat, itu harus benar-benar ditujukan untuk bisnis, bukan pribadi. Jadi, bahkan jika Anda mengelola akun sendiri, jangan biarkan Anda memposting sesuatu yang pribadi di akun Instagram bisnis. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar memisahkan akun pribadi dan bisnis.

Mengapa demikian? Karena jika akun toko online dicampur dengan posting pribadi, itu akan membuat bisnis terlihat tidak profesional. Jadi pastikan akun Instagram toko online benar-benar untuk Anda gunakan hanya untuk tujuan bisnis.

2. Cari sebanyak mungkin follower tertarget

Setelah membuat akun Instagram khusus untuk bisnis, langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencari sebanyak mungkin pengikut atau pengikut.

Kehadiran pengikut atau follower memang dibutuhkan oleh bisnis untuk meningkatkan kredibilitasnya. Semakin banyak pengikut yang Anda dapatkan, semakin banyak peluang bagi toko online untuk menjangkau pembeli. Anda dapat menjalankannya dalam tiga cara untuk mendapatkan pengikut Anda sendiri.

Pertama, Anda bisa beriklan di Instagram. Kedua, Anda dapat menyajikan kuis di akun populer dengan ketentuan bahwa Anda harus mengikuti akun bisnis Anda. Dan cara ketiga adalah membeli pengikut ke beberapa pihak yang menjualnya. Tetapi pastikan Anda membeli pengikut yang benar-benar nyata atau nyata, bukan pengikut palsu.

3. Rajin memposting konten bisnis

Selanjutnya, panduan untuk membuat toko online di Instagram adalah memposting konten yang terkait dengan bisnis.

Setelah mendapat pengikut, tentu saja pengikut bisnis Anda selalu menunggu posting Anda. Karenanya tekun memposting konten yang terkait dengan bisnis Anda dengan baik. Jangan terlalu sering memposting juga, karena ini bisa membuat pengikut bosan.

Setidaknya dalam sehari ada sekitar 2-3 posting yang cukup bagus untuk bisnis dan pengikut Anda. Tema posting itu sendiri ada di sekitar bisnis Anda seperti promosi produk / layanan, kegiatan bisnis, dan lainnya.

4. Mempercantik Foto Produk Anda

Karena Instagram adalah media sosial berbasis gambar, mau tidak mau Anda harus menghadirkan gambar atau foto terbaik dan paling menarik. Untuk membuat foto lebih baik, pastikan Anda memahami beberapa teknik fotografi dasar seperti pencahayaan, sudut kamera dan banyak lagi.

Jika Anda perlu mengedit, lakukan saja agar hasilnya lebih baik saat diposting. Dengan beberapa fitur pengeditan yang tersedia di Instagram, Anda juga dapat menggunakannya untuk mempercantik foto produk yang akan ditampilkan.

5. Jangan Lupa Menampilkan Copywriting pada Konten

Selanjutnya, panduan untuk membuat toko online yang mumpuni di Instagram adalah menyajikan copywriting ke konten. Jadi tidak hanya memposting foto terbaik, tetapi untuk menarik konsumen untuk membeli, Anda harus membuat copywriting yang baik pada keterangan Instagram.

Copywriting pada keterangannya sangat bermanfaat sehingga pengikut atau pengunjung yang melihat kemudian tertarik dan melakukan pembelian. Jadi jangan hanya membuat teks yang tidak berarti, tetapi membuat teks dengan teknik copywriting yang menjual.

6. Jalin Interaksi yang Baik dengan follower dan Netizens

Panduan untuk membuat toko online yang mumpuni di Instagram adalah membangun interaksi yang baik dengan pengikut dan pengunjung. Jika ada netizen yang menghubungi Anda melalui pesan langsung (dm), maka Anda harus menjawabnya dengan cepat dan baik.

Jika ada juga komentar yang berasal dari netizen dari postingan yang Anda unggah, maka Anda juga harus merespons dengan baik. Dari interaksi yang baik ini, toko online Anda akan dianggap oleh konsumen sebagai tempat yang baik dan profesional.

Itulah tadi beberapa Tips atau Cara jualan online di IG yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini berguna untuk Anda. Semoga sukses!!