Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by whitelisting our website.

6 Aplikasi WFH Terbaik yang Bisa Anda Gunakan Saat Ini

Loading...

Aplikasi WFH – Ditengah maraknya peyebaran Virus Corona di Seluruh Dunia, WFH atau Work From Home adalah sesuatu yang tidak dapat kita hindari karena dengan WFH bisa menurunkan resiko dari tertular virus dan bisa membantu menghentikan penyebaran Virus yang sangat mematikan tersebut.

Bagi orang yang sudah bisa melakukan WFH, hal itu tidak menjadi masalah besar. Tetapi bagi sebagian orang yang belum terbiasa, WFH cukup merepotkan terutama masalah disiplin waktu, penggunaan teknologi yang cukup rumit, dan juga suasana rumah yang kurang mendukung.

Karena pada saat WFH kita tetap harus mengerjakan tugas kantor seperti biasa, melakukan laporan ke atasan, memeriksa pekerjaan staf dan juga berinteraksi dengan rekan kerja dan relasi bisnis. Bedanya adalah semua harus dilakukan secara remote dari rumah. Agar WFH bisa berjalan dengan baik tentu dibutuhkan peralatan dan aplikasi yang bisa mendukung kegiatan tersebut.

Loading...

Peralatan yang paling kita butuhkan untuk melakukan WFH adalah Laptop, ponsel dan juga koneksi internet yang baik. Selain itu juga dibutuhkan software dan aplikasi yang bisa mendukung kegiatan WFH.

Berikut adalah software dan Aplikasi yang bisa digunakan saat WFH

Aplikasi Terbaik Saat WFH

1. Aplikasi WFH untuk Komunikasi.

Komunikasi yang baik merupakan kunci dalam bisnis, Baik sesama rekan ataupun dengan relasi bisnis. Berikut adalah beberapa software dan aplikasinya :

  • Slack
    Bisa berkomunikasi dengan sesama rekan kerja dalam satu wadah, bisa membuat thread dan juga berbagi file.
  • Teams
    Grup Chat dari microsoft, bisa untuk kolaborasi tim dan juga video.
  • Doodle
    Untuk jadwal meeting baik perorangan ataupun tim dengan cepat dan efektif.
  • Workplace by Facebook
    Mirip facebook feed tetapi bisa untuk update, komentar, berbagi file, bisa juga untuk video call.

2. Aplikasi WFH untuk Video Call dan Meeting

Sebenarnya aplikasi diatas juga bisa untuk panggilan video, tetapi ada beberapa aplikasi yang memang dikhususkan untuk video meeting seperti berikut :

  • Zoom
    Bisa digunakan untuk panggilan video, panggilan suara,video meeting dan bisa juga berbagi layar. Sangat direkomendasikan untuk meeting bersama dengan tim. Zoom bisa menampung meeting untuk 100 orang dengan durasi 40 menit secara gratis. Jika ingin lebih, bisa menggunakan ZOOm yang versi berbayar. Versi zoom gratis juga bisa digunakan berkali kali . Tidak ada batasan untuk jumlah meeting yang akan diadakan, tinggal undang teman dan meetung sesukamu.
  • Google Hangout
    Tambahkan Google Hangout pada browser anda, nikmati kemudahan untuk video call, chatting , meeting berkelompok dan lain lain. Jika anda memiliki akun gmail personal bisa menggunakan Google Hangouts bersama 10 orang teman anda untuk meeting dengan video call. Layanan ini juga termasuk chat suara secara simultan dan memungkinkan pengguna lain untuk bisa diundang mengikuti meeting dengan undangan melalui email atau link undangan.
  • Skype
    Skype adalah aplikasi dan software untuk meeting dan video conference paling populer , Skype menyediakan fasilitas video meeting gratis untuk maksimal sampai 50 orang tanpa batasan durasi waktu.
  • Join.me
    Bisa digunakan untuk mengadakan meeting bersama dengan rekan kerja dan relasi.
  • Encrypt.me
    Jika anda membutuhkan privasi saat melakukan panggilan video atau meeting online, bisa menggunakan encrypt.me yang dapat melakukan enkripsi data anda.

3. Aplikasi WFH untuk manajemen pekerjaan

Salah satu yang harus diperhatikan dalam melakukan WFH adalah pembagian tugas dan target pekerjaan. Targetnya apa, siapa yang melakukan, kapan harus selesai semua harus jelas. Beberapa aplikasi berikut dapat membantu :

  • Trello
    Aplikasi Trello bisa membuat sebuah template untuk beberapa proyek pekerjaan, saling berkomentar, berbagi file dan juga berkolaborasi.
  • Asiana
    Bisa membuat visualisasi project, membuat tim lebih fokus, mencapai target bersama dengan palform manajemen pekerjaan ini.
  • Basecamp
    Aplikasi yang bagus untuk kerja timwork, bisa membuat ruang kerja untuk tim, bisa melakukan kontrol terhadap sebuah pekerjaan, semua dalam satu paket.
  • Notion
    Sebuah aplikasi yang bisa membuat rencana kerja, bekerja sama, membuat catatan, membuat dokumen dan mengororganisir semua pekerjaan.
  • ProofHub
    Sebuah software untuk manajemen project yang lengkap, yang memungkinkan tim anda untuk membuat rencana, bekerja sama, dan mengontrol sebuah project agar bisa selesai tepat waktu. Dengan ProofHub and bisa membuat catatan, menyimpan dokumen, mengorganisir rencana kerja dan lain lain.

4. Aplikasi WFH untuk penyimpanan dokumen bersama.

Tempat Penyimpanan dokumen yang bisa dipakai bersama merupakan hal yang penting untuk WFH. Berikut beberapa aplikasi penyimpanan dukumen bersama :

Loading...
  • Google Drive, Google Docs, dan G-Suite
    Google membuat kita mudah berkolaborasi dengan rekan kerja, bisa membuat file, berbagi dokumen, dan menyimpan banyak file utnuk dipakai bersama.
  • Dropbox
    Aplikasi yang sangat populer dalam hal menyimpan dan berbagi dokumen.
  • Box
    Jasa cloud yang aman untuk menyimpan dokumen rahasia. Box juga bisa digunakan untuk kolaborasi tim dan meningkatkan alur kerja.

5. Aplikasi WFH untuk manajemen waktu

Banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk kerja tim dan juga meningkat kan alur kerja, tapi semuanya sia-sia jika dibiarkan tanpa manajemen waktu. Berikut adalah aplikasi manajemen waktu yang bisa dipakai saat WFH.

  • RescueTime
    Bisa mengetahui berapa lama anda menghabiskan waktu untuk online, jadi kita bisa mengatur waktu kita agar lebih efektif. Kita juga bisa melihatwajtu yang digunakan rekan kerja kita atau tim yang lain.
  • TeamDoctor
    Bisa melihat produktivitas waktu anda dan tim anda. Ada semacam pengingat tugas, laporan, dan yang lainnya agar tim kita tetap bekerja sesuai rencana yang telah ditentukan.
  • Toggl
    Sebuah aplikasi sederhana yang bisa melacak berapa lama kita memakai berbagai aplikasi tertentu.
  • Timezone.io
    Aplikasi ini berguna jika kita bekerja dengan tim dari berbagai negara yang memiliki zona waktu berbeda. Kita bisa mengetahui kondisi waktu setiap anggota tim sehingga bisa mengatur jam meeting yang sesuai untuk semua orang.

6. Aplikasi WPH untuk membuat rencana kerja dan update progress kerja

WFH bukan hanya tentang meeting dan berbagi dokumen. Kita juga butuh untuk selalu bisa mengawasi progres kerja tim. Berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat rencana kerja dan memonitor progress kerja:

  • Todoist
    Bisa digunakan untuk membuat rencana dan target pekerjaan dalam sebuah daftar yg bisa di atur, Aplikasi ini juga memiliki fitur sinkronisasi dengan perangkat lain.
  • IDonethis
    Ada fitur pengecekan harian , update status dan laporan progress kerja, bisa juga melakukan sinkronisasi dengan perangkat semua tim kerja kita.
  • Evernote
    Memiliki fitur membuat catatan, membuat rencana kerja, mengorganisir pekerjaan, membuat daftar dan catatan. Aplikasi ini bisa memantau semua progress kerja dengan mudah.
  • Taskade
    Memiliki fitur membuat jadwal kerja yang dapat di bagikan ke sesama pengguna. Juga ada fitur kalender yang dapat memudahkan dalam membuat rencana kerja sebuah project, bisa di edit kapan saja, bisa chat dan video meeting juga.

Demikian informasi tentang Aplikasi WFH yang bisa anda gunakan untuk tetap bekerja salama anda di rumah. Tetap jaga kesehatan dan semangat.

Loading...